Inilah 10 Manfaat Pare Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Gamatips.com – Pare adalah salah satu dari beberapa jenis sayuran yang dapat kita jumpai di negara tropis seperti di Indonesia. Selain itu, sayuran yang satu ini mempunyai rasa yang sangat pahit di bandingkan dengan sayuran lainnya. Namun di balik rasanya yang pahit inilah, pare bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.
10 Manfaat Pare Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui
Manfaat Pare Untuk Kesehatan
Tidak sedikit dari orang yang suka dengan sayuran yang satu ini, namun tidak sedikit juga yang membencinya. Tapi pada dasarnya, rasa pahit dari pare ini bisa dihilangkan dengan sedikit cara yang sederhana. Di mana ketika ingin mengolahnya untuk di jadikan sebagai masakan, usahakan untuk merebusnya terlebih dahulu dan peras sampai air yang ada di dalam pare hilang. Setelah itu, baru diolah untuk di jadikan sebagai bahan masakan.

Kandungan Nutrisi Pare

Dalam sebuah penelitian yang di lakukan terhadap sayur pare memperoleh hasil yang sangat mengejutkan, di mana sayur pare mempunyai beberapa kandungan nutrisi yang sangat berguna dan di butuhkan oleh tubuh manusia.

Selain itu, di ketahui juga kalau kandungan yang ada di dalam pare ternyata lebih lengkap di bandingkan jenis sayuran yang lainnya. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak table di bawah ini:

Kandungan dalam 100 gram pare segar

Jenis KandunganJumlah Kandungan
Energi17 Kcal
Karbohidrat3.70 g
Protein1.00 g
Lemak0,17 g
Kolesterol0 mg
Serat2,80 g
Folat72 mcg
Niacin0,400 mg
Asam pantotenat0,212 mg
Pyridoxine0,043 mg
Riboflavin0,040 mg
Thiamin0,040 mg
Vitamin A471 IU
Vitamin C84 mg
Sodium5 mg
Kalium296 mg
Kalsium19 mg
Tembaga0,034 mg
Besi0,43 mg
Magnesium17 mg
Manggan0,089 mg
Seng0,80 mg
Lutein-zeaxanthin170 mcg
Informasi di atas itu admin kutip khusus dari USDA National Nutrient data base, jadi informasi nutrisi tersebut lebih akurat.

Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Sayur pare memang tidak sepopuler sayur lainnya seperti sawi putih, meski begitu pare tetap adalah sayuran yang mengandung nutrisi paling lengkap. Tapi tidak semua orang juga boleh mengkonsumsi sayuran berikut ini, karena ada beberapa kondisi yang tidak memungkinkan untuk mengkonsumsi sayur pare.

Cara mengolah pare untuk kesehatan juga terbilang mudah, karena ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Mulai dari mengolahnya sebagai bahan masakan atau kamu juga bisa makan pare dalam keadaan mentah. Perlu kalian ingat juga kalau dalam mengkonsumsi pare dalam keadaan mentah atau air rebusan pare, usahakan untuk memilih pare yang masih segar dan tidak ada lubang pada bagian kulitnya.

Hal ini untuk mencegah masalah-masalah yang mungkin tidak kita inginkan untuk terjadi, karena terkadang pare yang sudah tidak segar dan busuk itu malah akan berdampak buruk bagi kesehatan. Jadi perhatikan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi pare untuk kesehatan ya!.
Berikut ini ada beberapa manfaat pare bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsinya secara rutin:

1. Manfaat pare untuk diabetes

Walaupun pare memiliki rasa yang pahit dan terkadang banyak orang yang tidak suka mengkonsumsinya namun dapat anda ketahui pare juga memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh anda. Salah satunya yaitu untuk masalah diabetes. Hal ini disebabkan terdapatnya kandungan Phytonutrient dan Polipeptida-P pada pare dapat berperan sebagai insulin yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh anda.

Zat – zat ini juga membentuk Charantin yang dapat meningkatkan penyerapan glukosa dan sintesis glikogen yang ada di dalam sel-sel hati, jaringan lemak serta otot. Jadi dengan anda membiasakan diri mengkonsumsi pare niscaya anda akan terhindar dari diabetes. Dan juga pare yang pahit dianggap sangat ampuh untuk membantu mengurangi kadar gula dalam darah  untuk anda penderita diabetes tipe 2.

Baca Juga : 17 Manfaat Minyak Argan Yang Sudah Teruji

2. Manfaat pare untuk mengatasi sembelit

Sering terjadinya sembelit memang menimbulkan rasa tak nyaman dan juga terkadang dapat menggangu aktivitas. Namun bila anda ingin terhindar dari sembelit tidak salahnya untuk mencoba untuk mengkonsumsi pare. Sebab manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi pare yang berikutnya yaitu pare pahit dapat membantu dan mengurangi  gangguan pada pencernaan dan masalah sembelit.

Kandungan yang terdapat dalam pare pahit ini dapat merangsang terjadinya gerak peristaltik dan membantu pencernaan makanan dalam usus hingga dikeluarkan dari dalam tubuh. Dan dengan mengkonsumsi pare ini, semoga masalah sembelit anda dapat teratasi.

3. Manfaat pare untuk jantung

Tidak banyak orang yang tahu kalau kandungan yang ada di dalam pare itu mempunyai khasiat yang baik dalam menjaga kesehatan jantung kita. Hal ini karena kandungan yang ada di dalam sayur pare ini mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat berlebih di dalam tubuh kita. Karena kolesterol jahat tersebut biasanya memicu terjadinya penyumbatan pada arteri yang bisa membuat seseorang itu mengalami penyakit jantung.

Selain bisa diolah menjadi bahan dalam masakan, namun manfaat pare mentah ternyata lebih baik untuk menjaga kesehatan jantung manusia. Namun sebelum itu perhatikan terlebih dahulu sayur pare yang akan kamu konsumsi ya!.

4. Manfaat pare untuk mengatasi infeksi pada kulit

Selain berguna  untuk menjaga kesehatan di dalam tubuh,  pare ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit  anda. Jadi dengan anda mengkonsumsi  pare secara teratur setiap harinya bisa membantu anda terhindar  dari infeksi kulit seperti kurap, panu, gatal-gatal, eksim, psoriasis  dan iritasi pada kulit anda. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara dimasak menjadi berbagai menu masakan ataupun juga bisa membuat pare sebagai jus dan langsung diminum, ataupun bisa dengan cara menghaluskan pare dan langsung mengoleskannya pada kulit yang terinfeksi.

5. Manfaat pare untuk meredakan masalah asma

Bagi anda yang memiliki riwayat asma bisa mencoba untuk mengkonsumsi pare. Mengapa? Hal ini disebabkan karena pare memiliki manfaat yang dapat mengurangi gejala-gejala penyakit pernapasan selain asma muncul seperti demam dan bronkitis. Karena  dalam pare terkandung antihistamin, antivirus dan anti-inflamasi yang dapat menjaga kesehatan pernapasan anda. Jadi  manfaat dari pare ini menjadikan pare sebagai makanan tambahan yang sangat ideal untuk anda konsumsi  secara teratur agar anda terhindar dari penyakit asma ini muncul kembali.

6. Manfaat pare dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Terkandungnya zat antioksidan pada buah pare yang berlimpah serta terkandungnya vitamin C juga membuat pare ini sangat  bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh anda. Kandungan antioksidan pada pare berperan sebagai pembentuk pertahanan terhadap benda asing yang akan menggangu serta ingin merusak kesehatan dalam tubuh anda.

Antioksidan ini juga dapat membantu menyerang zat radikal bebas yang masuk dalam tubuh serta membantu menghilangkan senyawa berbahaya lainnya yang terkadang memacu timbulnya berbagai macam penyakit. Jadi anda janganlah ragu mengkonsumsi pare dan rasakanlah manfaat yang terkandung dalam buah pare ini.
10 Manfaat Sayur Pare Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui
Manfaat Sayur Pare Untuk Kesehatan

7. Manfaat pare untuk mata

Jika anda merasa kesehatan mata anda sedang berkurang ataupun terganggu  dan anda ingin tetap menjaga kesehatan mata anda. Oleh karena itu janganlah ragu untuk mencoba dengan cara mengkonsumsi buah pare. Karena terdapatnya kandungan  flavonoid seperti beta karoten, alpa-karoten, zeaxanthin dan lutein bisa membantu meningkatkan penglihatan mata anda terutama pada malam hari, selain itu juga dapat membantu memperlambat degenerasi mocula pada mata anda.

Selain itu kandungan senyawa pada pare ini  juga dapat berperan dalam melawan efek penuaan, serta membantu menghilangkan radikal bebas dan juga spesies oksigen reaktif yang bisa menyebabkan banyak komplikasi penyakit yang muncul dalam tubuh.

Baca Juga : 13 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami dan Benar Tanpa Obat-obatan

8. Manfaat pare untuk tulang

Manfaat berikutnya yang bisa anda dapatkan dari buah pare yaitu untuk menjaga kesehatan tulang dalam tubuh anda. Pada pare ini terkandung vitamin K yang berfungsi sebagai penutrisi yang sangat penting yang membantu mengatur pembekuan darah normal.  Selain itu kandungan vitamin K pada pare juga dapat membantu menyebarkan kalsium ke seluruh tubuh, yang bisa membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko mengalami kerapuhan tulang ataupun patah tulang.

9. Manfaat pare untuk lambung

Selain manfaat yang di atas tadi, sayur pare juga ternyata mempunyai manfaat dalam menjaga kesehatan lambung kita. Selain itu beberapa kandungan yang ada di dalam sayur pare ini mampu untuk mencegah meningkatnya kadar asam lambung.

10. Manfaat pare untuk mengatasi HIV

Ternyata kandungan yang terdapat dalam buah pare juga memiliki manfaat untuk mengatasi HIV. Hal itu ditemukan dalam sebuah penelitian, yang  ditemukan bahwa komposisi fitokimia yang terdapat pada pare bisa membantu menghambat aktivitas virus human immunodefiency muncul. Serta dikatakan juga bahwa pare dapat memberikan efek tambahan dalam kombinasi dengan pengobatan AIDS.

Dalam penelitian tersebut dinyatakan dalam pare juga terkandung zat antivirus yang dapat membantu mengobati  pasien yang menderita herpes simplek virus -1 atau yang biasa disebut HSV-1, serta dapat mencegah terjadinya penyebaran plak herpetik pada orang lain .

Sayur pare memang mempunyai banyak kandungan nutrisi yang bagus bagi kesehatan, tapi perlu kamu ketahui kalau manfaat sayur pare bagi kesehatan masing-masing orang itu akan berbeda-beda serta tergantung dari kondisi tubuh orang tersebut. Dalam mengkonsumsi sayur pare ini juga tidak bisa hanya sekali konsumsi sudah bisa memperoleh hasil yang baik bagi kesehatan, karena manfaat dari pare itu bisa kamu peroleh jika mengkonsumsinya secara rutin.

Mungkin itu saja informasi yang bisa admin hadirkan untuk kalian semuanya tentang ragam manfaat pare untuk kesehatan tubuh manusia, semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk kalian semuanya. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel