12 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan yang Jarang Di Ketahui


Gamatips.com – Seperti yang sudah kita ketahui kalau buah manggis ini adalah salah satu dari beberapa jenis buah yang hidup di daerah tropis. Buah yang satu ini ternyata tidak hanya mempunyai cita rasa yang manis dan lezat saja tapi ternyata buah manggis juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Namun manfaat buah manggis ini tidak hanya bisa kita rasakan dari daging buahnya saja, tapi juga dari kulit buahnya juga. Selain itu, manfaat ini juga tentu tidak lepas dari kandungan yang ada dalam buah manggis yang sangat lengkap.
12 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan yang Jarang Di Ketahui
Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Kandungan Buah Menggis

Tanaman buah manggis ini juga sering di sebut sebagai tanaman buah dewa. Ini karena buah manggis itu mempunyai banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Namun tidak hanya itu saja, kandungan dalam buah manggis juga mempunyai manfaat bagi ibu hamil dan janin serta merawat kecantikan kulit secara alami.

Lalu apa saja kandungan nutrisi yang ada dalam buah manggis? Berikut penjelasan mengeni kandungan yang terdapat dalam buah manggis:
  • Zat Besi
  • Vitamin A
  • Protein
  • Vitamin B1
  • Vitamin C
  • Lemak
  • Fosfor
  • Energi
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Potasium
  • Tiamin
  • Niacin
  • Asam folat

Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Buah manggis atau dalam bahasa latinya itu disebut garcinia mangostaa ini mempunyai sebuah sofat anti-inflamasi yang sangat bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Bio Med Central Akses ini menyimpulkan kalau manfaat buah manggis ini mampu untuk menurunkan tingkat protein C-reaktif dalam tubuh.

Maka dari inilah, buah yang satu ini sering di katakan sebagai buahnya dewa. Nah, berikut ini ada beberapa manfaat yang akan kamu rasakan jika mengkonsumsi buah tersebut secara rutin:

1. Manfaat buah manggis untuk daya tahan tubuh

Untuk menjaga daya tubuh agar tetap terjaga dan tetap bagus selain mengkonsumsi suplemen bisa juga dengan mengkonsumsi buah – buahan. Salah satu buah yang sangat bagus untuk membantu menjaga daya tahan tubuh yaitu buah manggis. Buah manggis memiliki kandungan serat alami, vitamin C, mineral dan juga kandungan xanthones yang memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan senyawa dalam buah manggis yang bersifat antibakteri juga diyakini dapat membantu melawan infeksi yang ingin menyerang daya tahan tubuh anda. Sehingga dengan anda rutin mengkonsumsi buah manggis niscaya kesehatan serta daya tahan tubuh akan terjaga.

Baca Juga : 15 Manfaat Apel Merah Untuk Kesehatan yang Sudah Teruji

2. Manfaat buah manggis untuk gula darah

Buah manggis selain memiliki rasa yang enak tetapi memiliki berbagai macam manfaat. Salain satu manfaat buah manggis yang bisa kamu dapatkan yaitu buah ini dapat membantu mengendalikan kadar gula darah anda. Sebab dalam buah manggis terkandung serat yang mampu menstabilkan kadar gula darah. Selain kandungan serat yang terdapat dalam manggis, terdapat juga kandungan xanthones yang diklaim juga  bisa membantu menstabilkan kadar gula darah pada tubuh anda.

Walaupun hal itu masih dalam penelitian lebih lanjut. Namun tidak ada salahnya kita mengkonsumsi buah manggis untuk membantu menjaga gula darah dalam tubuh anda terjaga.

3. Manfaat buah manggis untuk mencegah radang sendi

Penyakit radang sendi memang seringkali membuat tidak nyaman dan menimbulkan rasa sakit bagi penderitanya. Selain penyakit radang sendi ini bisa disembuhkan dengan obat ternyata bisa juga dicegah dengan buah manggis. Hal ini disebabkan karena dalam buah manggis terdapat kandungan vitamin C yang di yakini mampu mengatasi radang sendi.

Buah manggis juga mengandung zat antiradang, zat ini bisa membantu meredakan nyeri sendi yang muncul. Meskipun hal ini masih diteliti lebih lanjut oleh beberapa peneliti perihal manfaat buah manggis untuk  mencegah radang sendi pada tubuh, tidak salahnya anda mencoba mengkonsumsi buah yang memiliki banyak manfaat ini.

4. Manfaat buah manggis untuk penyakit kanker

Sudah banyak peneliti yang meneliti buah manggis ini. Ditemukan bahwa buah manggis ini memiliki berbagai macam khasiat yang tak diragukan lagi. Salah satunya yaitu manfaat buah manggis untuk penyakit kanker. Hal ini disebabkan karena dalam buah manggis terdapat kandungan zat xanthones yang bersifat antioksidan serta antiinflamasi.

Kandungan ini dipercaya mampu melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker. Sel kanker ini biasa ditemukan pada bagian tubuh seperti payudara, perut serta paru-paru. Maka niscaya dengan mengkonsumsi buah manggis secara rutin akan membantu anda  merasakan khasiat dari buah manggis ini.

5. Manfaat buah manggis untuk menurunkan berat badan

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa orang yang mengkonsumsi jus buah manggis sebanyak dua kali sehari  secara rutin  cenderung  memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang lebih rendah. Hal ini dikarenakan buah manggis mengandung zat antiperadangan yang sangat berperan untuk meningkatkan metabolism lemak. Oleh karena itu buah manggis bisa mencegah kenaikan berat badan.
 
Walaupun buah manggis di klaim mampu membantu menurunkan berat badan,  bukan berarti dengan terus –menerus mengkonsumsi buah manggis berat badan anda langsung turun drastis. Karena jika anda ingin berat badan anda turun anda juga harus menyeimbanginya dengan rutin berolahraga serta mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang serta melakukan diet yang sehat.

6. Manfaat buah manggis untuk mencegah penuaan dini

Manfaat buah manggis yang berikutnya bisa kamu rasakan yaitu buah ini bisa mencegah penuaan dini. Hal ini disebabkan karena zat antioksidan yang terkandung di dalam buah manggis sangatlah baik untuk menghambat penuaan dini terjadi. Zat ini mampu memperbaiki sel-sel jaringan dalam tubuh yang rusak dan dapat menggantinya dengan yang baru.

Jika anda dengan rajin mengkonsumsi buah ini niscaya anda akan tampak lebih awet muda dan penuaan dini yang terjadi pada tubuh anda berkurang sedikit demi sedikit. Selain buah manggis ada juga buah lain yang banyak mengandung zat antioksidan yaitu mahkota dewa.

7. Manfaat buah manggis untuk mempercepat penyembuhan luka

Kandungan sifat anti-bakteri dan anti-radang  yang terdapat dalam buah manggis sangatlah bermanfaat sebagai minuman obat , yang dapat membantu untuk mempercepat penyembuhan luka. Kali ini bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat namun daun serta kulit pohon manggis pun juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Karena daun serta kulit pohon manggis ini bisa diramu menjadi ramuan obat yang berkhasiat. Campurkan daun serta kulit pohon manggis dengan ramuan obat yang lain dan diterapkan pada luka agar mendapatkan pemulihan luka yang lebih cepat. Atau juga bisa merebus daun serta kulit pohon manggis, lalu minum rebusan airnya tersebut.

8. Manfaat buah manggis untuk mengobati masalah menstruasi

Buat anda yang sering kali pada masa menstruasi mengalami masalah seperti munculnya rasa kram pada masa pms. Rasa nyeri yang sering kali muncul pada awal menstruasi memang sangat sering menyiksa dan mengganggu aktivitas yang sedang anda jalani. Nah, Buat kamu –kamu yang sedang mengalami masalah pada masa menstruasi bisa mencoba mengkonsumsi buah manggis. Mengapa? Karena dengan mengkonsumsi buah manggis

Ladies, kalian bisa coba buah manggis untuk mengatasi menstruasi kalian, karena akar manggis dapat membantu mengatur siklus menstruasi. Manfaat manggis juga meringankan gejala yang sering terjadi sebelum menstruasi dan membuat sulit bagi wanita untuk melakukan rutinitas mereka.

9. Manfaat buah manggis untuk mencegah penyakit Alzheimer

Salah satu manfaat utama yang bisa kamu dapatkan dari mengkonsumsi buah manggis untuk  kesehatan yaitu efektivitasnya dalam mencegah penyakit Alzheimer.Bisa diketahui bahwa Alzheimer merupakan suatu penyakit yang menyebabkan penderitanya mengalami masalah kebingungan dan kesulitan dalam mengingat sesuatu.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Borobudur dikatakan bahwa  buah manggis mengandung Xanthone yang tidak dimiliki oleh buah-buah yang lainnya. Yang di mana kandungan Xanthone  yang ada pada buah manggis  bisa membantu mencegah munculnya penyakit Alzheimer.

10. Manfaat buah manggis untuk mencegah diare

Selain buah manggisnya yang bermanfaat, kulit buah manggis juga memiliki manfaat. Buah dan kulit manggis ini sangatlah efektif dalam membantu mencegah munculnya gangguan lambung, juga diare dan disentri.  Bahkan manggis ini bisa kamu jadikan sebagai obat tradisonal yang dapat membantu menyembuhkan diare yang kamu alami saat ini.

Anda bisa menemukan olahan kulit buah manggis yang sudah banyak dijual diberbagai apotik baik itu dalam bentuk kapsul ataupun dalam bentuk serbuk. Bagi yang sedang mengalami disentri bisa konsumsi bubuk kering dari kulit buah manggis niscaya disentri yang anda alami bisa sembuh.

11. Manfaat buah manggis untuk penyakit asma

Dalam sebuah penelitian  ditemukan bahwa buah manggis juga dapat membantu meringankan penyakit asma.Dan jika anda ingin mendapatkan  hasil yang maksimal dari si buah manggis ini adalah dengan cara mengkonsumsi  buah manggis ini secara banyak dan rutin. Namun sebelum menjadikan buah manggis sebagai obat utama untuk mencegah asma, alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kepercayaan anda. Dan jadikan buah manggis sebagai pendamping obat yang telah diberikan dokter.

12. Manfaat buah manggis untuk mencegah penyakit asam urat

Manfaat manggis yang berikutnya yaitu buah manggis bisa membantu untuk mencegah penyakit asam urat. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan nutrisi dalam buah manggis. Tetapi walaupun anda ingin menjadikan buah manggis sebagai alternatif pencegah asam urat muncul, anda juga disarankan untuk menjaga asupan makanan serta menjaga pola makan secara baik, serta jangan lupa untuk rutin berolahraga.

Meski buah manggis mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh manusia serta memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap, namun perlu kalian ingat, jangan hanya mengandalkan buah manggis saja untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan yang mungkin sedang kalian sendiri alami. Karena kalian juga wajib untuk memeriksakan masalah tersebut ke dokter, karena dokterlah yang lebih tahu tentang bagaimana cara untuk mengatasi masalah kesehatan yang mungkin sedang kamu alami sendiri.
12 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan yang Jarang Di Ketahui
Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Cara Mengolah Kulit Manggis yang Benar

Mungkin dulu kita hanya bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan cara mengkonsumsi buah manggis secara rutin. Tapi di jaman yang sudah moderen ini kita tidak perlu repot-repot lagi untuk mengolah kulit maupun buah manggis untuk di jadikan sebagai obat. Karena saat ini sudah banyak sekali obat dari ekstrak buah manggis yang di jual secara bebas di setiap apotik.

Namun selain kita bisa menggunakan obat tersebut, kamu juga bisa mengolah kulit manggis sendiri di rumah. Cara dalam mengolahnya juga tidak terlalu sulit untuk di lakukan di rumah. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa potong kulit manggis dan merebusnya dengan air sampai mendidih. Setelah itu, saring dan dinginkan air rebusan kulit manggis tersebut. Konsumsi secara rutin air rebusan tadi sebanyak 2 kali dalam sehari, yakni pagi dan malam hari.

Efek Samping Mengkonsumsi Manggis

Memang dalam buah manggis itu terdapat kandungan antioksidan yang sangat ampuh dalam melawan radikal bebas yang bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Tapi tahukah kamu? Selain bermanfaat, kandungan dalam manggis juga ternyata memiliki efek samping yang merugikan bagi kesehatan tubuh kita. Meski tidak terlalu parah, namun jika di biarkan saja, efek samping tersebut bisa membahayakan nyawa kalian.

Nah, berikut ini ada beberapa dampak buruk dari mengkonsumsi buah manggis secara berlebihan atau terlalu sering bagi kesehatan:

1. Efek samping pertama yang bisa terjadi akibat mengkonsumsi buah manggis yaitu timbulnya alergi pada tubuh. Sebagian orang yang mengalami alergi biasanya seperti munculnya sakit kepala, muncul gatal-gatal dan menyebabkan kulit kemerahan, serta mengakibatkan munculnya nyeri sendi.

2. Efek samping yang kedua mungkin akan mempengaruhi orang – orang yang memiliki riwayat penyakit lambung yang sensitif dan baru pertama kali makan manggis, Efek yang muncul bisa berupa  pergerakan usus menjadi longgar dari biasa. Dan bahkan efek yang muncul bisa berupa  konstipasi jika memakan manggis terlalu banyak.

3. Efek samping mengkonsumsi buah manggis bisa saja muncul pada saat anda sedang menjalani kemoterapi. Jika anda sedang pada masa kemoterapi, dan ingin memakan buah manggis sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahlinya. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena manggis memiliki kandungan yang mampu melawan radikal bebas pada tubuh  dan hal itu bisa mengganggu proses penyusutan tumor pada tubuh.

4. Bagi anda yang telah di diagnosa sedang  menderita Polycythemia Rubra Vera (keadaan dimana seseorang memiliki jumlah sel darah merah yang berlebih) Disarankan agar tidak terlalu sering mengkonsumsi buah manggis. Karena buah manggis bisa memberikan efek negatif pada tubuh. Hal ini disebabkan karena manggis malah memperbanyak jumlah sel darah merah dan itu memicu ketidaknormalan  produksi sumsum pada tulang.

5. Bila anda saat ini sedang menderita diabetes dan di diagnosa menderita komplikasi gastroparesis . Disarankan sekali untuk mengurangi atau bahkan jangan mengkonsumsi buah manggis secara berlebihan. Karena hal ini bisa menimbulkan efek samping yang buruk bagi kesehatan tubuh anda. Dan jika anda ingin tahu apakah anda boleh mengkonsumsi buah manggisatau tidak, alangkah  lebih baik untuk menanyakan langsung ke dokter. Sebab efek yang bisa ditimbulkan dari buah manggis bagi penderita diabetes dan di diagnosa menderita komplikasi gastroparesis  akan mengakibatkan konstipasi.

6. Walaupun tidak banyak yang bisa membuktikan jika mengkonsumsi buah manggis bisa mempengaruhi kesehatan seseorang yang sedang mengkonsumsi obat tertentu dan saat masih harus menjalani pengobatan. Alangkah baiknya jika menghindari dan juga tidak makan serta meminum produk yang berkaitan dengan manggis terlebih dahulu.

Baca Juga : 11 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil yang Sudah Terbukti

Setiap makanan tentu mempunyai manfaat tersendiri bagi kesehatan, namun di balik itu, makanan juga bisa memberikan efek samping yang buruk bagi kesehatan jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan. Oleh sebab itu, dalam mengkonsumsi makanan maupun buah-buahan jenis apapun itu, kita mesti bijak dan tahu berapa batas aman dalam mengkonsumsinya.

Itu saja informasi yang bisa admin rangkumkan kali ini, semoga dengan informasi di atas mengenai manfaat buah manggis untuk kesehatan bisa memberikan manfaat bagi kalian semuanya. Ingat, bijaklah dalam memilih dan mengkonsumsi jenis makanan dan buah-buahan ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel