13 Manfaat Apel Merah Untuk Ibu Hamil

13 Manfaat Apel Merah Untuk Ibu Hamil
Manfaat Apel Merah Untuk Ibu Hamil
Gamatips.com – Tentu bagi ibu hamil wajib untuk memenuhi asupan makanan bergizi setiap hari. Selain makanan, ibu hamil juga wajib untuk mengkonsumsi buah-buahan. Hal ini karena buah-buahan itu mempunyai kandungan nutrisi seperti vitamin dan juga mineral yang baik untuk kesehatan tubuh ibu hamil dan janin. Salah satu buah-buahan yang wajib ibu hamil konsumsi adalah buah apel merah.


Kenapa apel merah? Ini karena buah apel merah mempunyai banyak kandungan nutrisi dari buah-buahan lainnya. Di mana dalam apel merah ini terdapat kandungan seperti serat, mineral dan juga kandungan vitamin yang cukup lengkap. Maka dari itu buah apel merah ini sangat cocok sekali untuk di konsumsi bagi ibu hamil.

Kandungan Buah Apel Merah

Manfaat apel merah bagi ibu hamil tentu tidak lepas dari beragam kandungan yang ada di dalamnya. Dalam sebuah penelitian juga menyebutkan kalau ternyata buah apel merah mempunyai kandungan vitamin dan serat yang lebih tinggi dari pada buah apel hijau. Berikut beberapa kandungan lainnya yang ada di dalam apel merah:
  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Air
  • Protein
  • Gula
  • Serat
  • Lemak
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin D
  • Vitamin E
  • Vitamin B1 (Thiamine)
  • Vitamin B2 (Riboflavin)
  • Vitamin B3 (Niacin)
  • Vitamin B5 (Panthothenic acid)
  • Vitamin B6 (Pyridoxine)
  • Vitamin B9 (Folat)
  • Vitamin B12
  • Cholin
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Potassium
  • Sodium
  • Seng
 Bagaimana, cukup banyak bukan kandungan yang ada di dalam buah apel merah! Maka dari itulah ibu hamil wajib untuk menambahkan buah tersebut ke dalam menu makannya setiap hari.

Manfaat Apel Merah

Apa manfaat apel merah untuk ibu hamil? Tentu manfaat yang akan dirasakan ini tidak lepas dari kandungan yang ada di dalam buah apel merah tersebut. Namun agar manfaat yang kita dapatkan lebih maksimal, bunda wajib untuk mengkonsumsinya secara rutin. Berikut beberapa manfaat yang akan bunda rasakan:

1. Bermanfaat untuk mengurangi rasa mual

Saat masa kehamilan sering kali ibu hamil mengalami rasa mual. Munculnya rasa mual ini disebabkan karena meningkatnya asam lambung yang berlebih sehingga memicu rasa mual ataupun muntah terjadi.

Rasa mual yang muncul bisa anda kurangi dengan mengkonsumsi apel merah. Mengapa? Hal ini disebabkan karena nutrisi serta rasa asam yang terdapat di dalam apel memiliki fungsi yang dapat membantu menurunkan kadar asam lambung yang muncul dan mengurangi rasa mual dan muntah yang dirasakan oleh ibu hamil.

2. Bermanfaat untuk mengatasi masalah sembelit

Berbagai hal sering sekali terjadi pada masa kehamilan, salah satunya yang sangat sering terjadi yaitu munculnya sembelit maupun diare pada masa kehamilan.  Jika bunda sedang mengalami hal ini maka kami sarankan agar mengkonsumsi apel merah secara rutin.

Karena apel merah sangatlah bermanfaat bagi ibu hamil. Manfaat yang bisa didapatkan pada saat mengkonsumsi apel merah secara rutin yaitu dapat membantu mengatasi masalah sembelit dan diare pada ibu hamil. Hal itu disebabkan karena apel merah mengandung banyak serat. Kandungan serat ini sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh anda pada masa kehamilan.

3. Bermanfaat dalam mengurangi masalah hipertensi

Bagi bunda yang mengalami masalah hipertensi  pada masa kehamilan alangkah baiknya untuk mencoba mengkonsumsi buah apel merah secara rutin setiap harinya.
Karena dengan mengkonsumsi apel merah sangatlah bermanfaat untuk membantu mengurangi resiko tekanan darah tinggi (hipertensi) ini muncul.

Hal ini dikarenakan  dalam buah apel merah mengandung kandungan nutrisi yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh ibu hamil. Oleh karena itu, bunda dianjurkan untuk mengkonsumsi apel merah agar terhindar dari penyakit hipertensi pada masa kehamilan.

4. Bermanfaat untuk mengurangi morning sickness

Pada masa awal kehamilan, seorang ibu hamil tidak akan luput dari masalah morning sickness seperti mual dan muntah. Munculnya morning sickness ini terkadang sangatlah mengganggu kenyamanan ibu hamil.

Nah, untuk mengatasi morning sickness ini salah satunya yaitu dengan cara mengkonsumsi buah apel merah. Rasa mual dan muntah yang muncul akan berkurang dengan mengkonsumsi apel merah ini, karena rasa yang menyegarkan dan rasa asam yang dimiliki apel. Sehingga morning sickness yang bunda alami akan berkurang dan kondisi bunda berangsur-angsur membaik.

5. Merupakan sumber antioksidan alami

Siapa yang tidak tahu apel merah, buah yang satu ini tidak hanya mengandung banyak vitamin namun juga memiliki banyak serat. Buah apel merah juga  memiliki kandungan antioksidan alami yang baik bagi tubuh.

Manfaat buah apel merah yang merupakan sumber antioksidan alami ini sangatlah baik bagi tubuh bunda. Jadi pada masa kehamilan yang sedang bunda lalui saat ini konsumsilah buah apel merah secara rutin tiap harinya, Karena dengan bunda rajin mengkonsumsi apel merah secara rutin setiap harinya , maka racun – racun dalam tubuh akan dibasmi bahkan berkurang. Dan juga  apel merah akan mengurangi radikal bebas yang berada di luar tubuh bunda.

Baca Juga :

6. Bermanfaat untuk mengurangi resiko stroke

Manfaat apel merah yang berikutnya bagi ibu hamil yaitu dapat membantu mengurangi resiko terserang penyakit stroke. Hal ini disebabkan karena dalam buah apel merah terkandung senyawa quercetin serta kandungan potasium/ kalium dan juga pectin yang dapat mencegah penyakit stroke. Jadi dengan bunda mengkonsumsi buah apel merah pada masa kehamilan secara rutin setiap akhirnya, maka akan terhindar dari terserang resiko stroke.

7. Bermanfaat untuk mencegah anemia

Jika pada masa kehamilan bunda mengalami masalah anemia dan ingin mengurangi anemia yang sedang bunda alami saat ini, maka cobalah untuk mengkonsumsi apel merah. Karena  apel merah  mengandung zat besi yang dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah dan dapat membantu mencegah anemia muncul. Alangkah baiknya juga agar bunda memperhatikan selalu kesehatan bunda pada masa kehamilan dan Jika bunda mengalami anemia pada masa kehamilan usahakanlah untuk tidak  mengabaikannya karena takutnya nanti akan menyebabkan persalinan prematur dan juga berat lahir pada bayi anda rendah

8. Bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Menjaga sistem kekebalan tubuh pada masa kehamilan memang wajib untuk dilakukan wanita pada masa kehamilan. Karena jika kekebalan tubuh turun bukan hanya sang ibu yang terkena dampak. Namun janin yang sedang dikandungpun akan terkena dampak negatifnya. Jadi untuk mencegah hal itu terjadi jagalah selalu kekebalan tubuh bunda baik itu dengan mengkonsumsi obat pemberian dokter. Selain menggunakan obat juga bunda bisa menjaga kekebalan tubuh bunda dengan mengkonsumsi apel merah secara rutin. Hal ini disebabkan pada apel merah terdapat banyak vitamin C yang bisa menjaga daya tahan tubuh anda. Dan jika bunda mengkonsumsinya secara teratur maka vitamin C tersebut bisa membantu membangun resistensi dan menangkal infeksi dan penyakit.
13 Manfaat Apel Merah Untuk Ibu Hamil
Manfaat Apel Merah Untuk Ibu Hamil

9. Bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah

Kandungan fitonutrien dalam apel merah sangatlah bermanfaat untuk membantu mengatur gula darah dalam tubuh. Karena pada masa kehamilan bunda harus tetap menjaga agar kadar gula darah bunda tetap normal. Dalam kandungan fitonutrien ini dipercaya membantu mencegah adanya lonjakan gula darah dengan cara merangsang sel-sel pada pankreas untuk membuat insulin. Selanjutnya akan menghambat enzim yang terlibat dalam pemecahan karbohidrat menjadi gula sederhana, serta mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah. Walau buah apel merah yang bunda konsumsi dapat menjaga kadar gula darah bunda, bunda juga disarankan agar berhati-hati dalam mengkonsumsi apel dalam bentuk kemasan. Karena takutnya akan membuat kadar gula naik dan menyebabkan anda menderita diabetes.

10. Bermanfaat untuk mengatasi radikal bebas

Radikal bebas bisa ditemui di mana saja, bisa dari luar ataupun dalam tubuh manusia. Nah bahaya radikal bebas pada masa kehamilan bisa menimbulkan dampak buruk bagi sang ibu maupun janin. Karena radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan oksidatif sel, DNA dan kemampuan fungsi tubuh.  Jadi agar terhindar dari bahaya radikal bebas yang menghantui,bunda bisa mencoba untuk menangkalnya denga rutin mengkonsumsi apel merah.

Sebab kandungan dalam apel merah yaitu kandungan  flavonoid dan fitokimia. Kedua kandungan ini merupakan antioksidan yang kuat dalam apel untuk memerangi radikal bebas yang muncul dalam tubuh.Maka dari itu apel merah sangat bermanfaat untuk mengatasi radikal bebas dan patut bunda coba untuk mengkonsumsinya.

11. Bermanfaat untuk menjaga kesehatan saraf

Apel merah juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan saraf pada tubuh. Karena kandungan Antioksidan quercetin yang terkandung di dalam apel dapat membantu mengurangi matinya sel saraf oleh oksidasi dan peradangan neuron (sel saraf) pada tubuh.  Jika bunda ingin tetap menjaga kesehatan saraf anda maka cobalah untuk mengkonsumsi apel merah secara rutin. Selain itu apel merah juga memiliki efek perlindungan yang sekaligus dapat mengurangi resiko terkena gangguan neurodegenerative.

12. Bermanfaat untuk menurunkan resiko asma

Tidak diragukan lagi manfaat dari buah apel ini, berbagai manfaat sudah kita bahas. Berikut manfaat buah apel yang berikutnya yang akan kita bahas. Manfaat buah apel merah kali ini yaitu untuk membantu menurunkan resiko asma pada masa kehamilan.

Pada sebuah penelitian ditemukan bahwa jika kita secara rutin mengkonsumsi buah apel merah maka dapat mengurangi resiko  janin terserang penyakit asma.  Hal ini disebabkan karena pada buah apel terkandung antioksidan yang dapat menjaga  saluran pernapasan janin agar tetap bersih.

13. Bermanfaat untuk mengembalikan energi

Seringkali pada masa kehamilan bunda akan mengalami kelelahan serta merasakan tubuh mudah lemas. Hal itu sangatlah umum terjadi pada ibu hamil. Maka untuk mengatasi  hal tersebut terjadi terus -  menerus. Maka disarankan untuk tetap mengkonsumsi karbohidrat kompleks.

Untuk mendapatkan karbohidrat kompleks ini bunda bisa temukan pada buah apel merah. Karbohidrat kompleks ini dapat memberikan suplai energi bagi ibu hamil. Jadi usahakanlah agar bunda dapat mengkonsumsi satu buah apel setiap hari untuk dapat mengembalikan semangat seperti sediakala.

Maski buah apel merah memiliki banyak sekali manfaat bagi ibu hamil, namun bumil juga harus tetap mengkonsumsi buah dan makanan sehat lainnya. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar janin yang bunda kandung tetap sehat sampai iya lahir kedunia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel