8 Bahaya Makan Jeroan Bagi Kesehatan

8 Bahaya Makan Jeroan Bagi Kesehatan
Bahaya Makan Jeroan Bagi Kesehatan
Gamatips.com – Apakah kamu adalah salah satu orang yang senang makan jeroan? Jika iya, sebaiknya mulai dari sekarang kamu batasi mengkonsumsi jeroan. Karena mengkonsumsi jeroan dapat memicu berbagai masalah bagi kesehatan tubuh kita, sebab dalam jeroan terdapat sebuah kandungan racun yang bisa memicu komplikasi.


Di Indonesia tentu ada banyak sekali jenis jeroan yang sering di olah oleh masyarakat seperti jeroan ayam dan jeroan sapi. Jeroan yang diolah dengan baik memang menjadi sebuah masakan yang enak dan lezat, namun tanpa kita sadari jeroan ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Kandungan Dalam Jeroan

Seperti yang sudah pernah di jelaskan, jeroan kambing atau jeroan ayam tidak selamanya berdampak buruk bagi kesehatan. Hal ini karena mengkonsumsi jeroan dengan jumlah yang benar tentu memiliki efek yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Ini karena di dalam jeroan itu terdapat berbagai macam kandungan nutrisi yang cukup lengkap dan baik bagi kesehatan seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, K, B, zat besi, magnesium, selenium dan juga zink. Kandungan vitamin dan mineral itulah yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita dari berbagai masalah kesehatan.

Tapi perlu kamu ingat, manfaat makan jeroan ini bisa kamu peroleh jika kamu mengkonsumsinya dengan tepat. Tapi jika kamu mengkonsumsinya dengan intensitas berlebih maka jeroan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Jadi konsumsilah jeroan dengan bijak untuk bisa memperoleh manfaatnya bagi kesehatan.

Manfaat Makan Jeroan

Seperti yang sudah di jelaskan diatas, kalau mengkonsumsi jeroan tidak selamanya buruk bagi kesehatan tapi juga ada dampak baik untuk tubuh kita. Namun manfaat makan jeroan bagi kesehaan ini bisa kamu peroleh jika kamu mengkonsumsinya dengan benar. Berikut ada beberapa manfaat dari mengkonsumsi jeroan dengan benar:

1. Kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin B12

Tentu tubuh manusia memerlukan asupan vitamin yang cukup setiap hari seperti vitamin A dan juga vitamin B12. Kedua kandungan tersebut bisa kamu dapatkan di dalam jeroan ayam dan sapi. Di mana di dalam 6 ons jeroa ayam terdapat kandungan vitamin A sebanyak 2.08 mikrogram dan vitain B12 sebanyak 4,8 mikrogram.

Dimana kandungan vitamin A yang ada didalam jeroan ini mempunyai manfaat yang baik dalam membatu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta dapat membantu pertumbuhan sel darah putih dan mencegah penurunan sel darah putih dalam tubuh. Sedangkan untuk kandungan vitamin B12 ini ternyata dapat membantu didalam proses pengembangan sel darah merah yang baru dan menjaga kesehatan sistem saraf di dalam tubuh kita.

2. Kandungan zat besi dan mineral yang baik bagi kesehatan

Selain kaya akan kandungan vitamin, di dalam jeroan ayam juga terdapat kadungan zat besi dan seng yang cukup tinggi. Dimana di dalam 3.5 ons jeroan ayam terdapat 3.19 miligram kandungan zat besi dan 4.42 miligram kandungan seng. Jika kita lihat kebutuhan tubuh masing-masing orang, untuk tubuh perempuan biasanya membutuhkan asupan zat besi sebanyak 18 mg dan seng sebanyak 8 mg sedangkan untuk pria biasanya membutuhkan asupan zat besi sekitar 8 mg dan seng sebanyak 11 mg setiap harinya.

Jadi mengkonsumsi jeroan dengan benar dan teratur dapat memenuhi kebutuhan zat besi sekitar 10% dan seng sekitar 22%. Selain itu memenuhi kebutuhan zat besi dan seng dapa memberikan manfaat yang baik dalam menjaga sistem kekebalan didalam tubuh kita.

3. Kandungan protein yang berlimpah

Mengkonsumsi satu porsi jeroan ayam dapat memenuhi sekitar 25% kebutuhan protein harian tubuh seseorang, namun kebutuhan protein tubuh kamu mungkin lebih tinggi atau bisa juga lebih rendah. Protein di dalam tubuh mempunyai fungsi untuk membentuk dan memperbaiki sel-sel di dalam tubuh seperti otot dan jaringan tubuh lainnya.

Jadi jika kamu bosan dengan makanan lain untuk memenuhi kebutuhan protein, kamu bisa memilih untuk mengkonsumsi jeroan. Karena dalam jeroan mengandung protein yang cukup tinggi yakni 3,5 ons jeroan ayam mengandung protein sekitar 30.39 mg.
8 Bahaya Makan Jeroan Bagi Kesehatan
Bahaya Makan Jeroan Bagi Kesehatan

Bahaya Makan Jeroan Bagi Kesehatan

Walaupun mengkonsumsi jeroan itu dapat bermanfaat bagi kesehatan, tapi jika kamu mengkonsumsinya secara berlebih justru dapat memicu masalah kesehatan. Hal ini karena dalam jeroan juga terdapat sebuah kandungan senyawa yang cukup berbahaya apabila di konsumsi dengan jumlah yag besar.

Mengkonsumsi jeroan secara berlebih tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan melainkan juga berbahaya bagi ibu hamil. Oleh sebab itulah, hindari mengkonsumsi jeroan secara berlebihan atau terlalu sering. Berikut dapat buruk makan jeroan secara berlebihan:

1. Terkandung racun yang berbahaya

Seperti yang sudah di jelaskan diatas kalau di dalam jeroan itu terdapat kandungan nutrisi yang cukup lengkap, tapi tahukah kamu kalau di dalam jeroan juga mempunyai kandungan senyawa yang berbahaya bagi tubuh?

Jeroan sapi dan jeroan kambing maupun jeroan ayam terdapat kandungan zat yang berbahaya seperti merkuri, timah, arsenik, kromium, kadmium dan selenium. Jadi senyawa itulah yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita apabila kamu mengkonsumsinya dengan jumlah banyak atau terlalu sering.

2. Mengandung banyak kotoran

Di dalam jeroan, seperti jeroan ayam biasanya terdapat berbagai jenis parasit yang hidup dan masuk melalui makanan selama hewan itu hidup. Kita sebagai manusia juga tidak akan pernah tahu bagaimana proses hewan tersebut makan setiap harinya dan tidak ada seorangpun yang tahu apakah hewan tersebut bersih dari parasit.

Jadi selain mengkonsumsi jeroan terlalu sering ternyata mengolah jeroan yang tidak bagus juga dapat memicu berbagai masalah pada kesehatan tubuh kita. Tubuh kita bisa saja mengalami infeksi yang di sebabkan oleh parasit yang ada di dalam jeroan yang kita konsumsi.

3. Tingginya kadar kolesterol

Bagi kamu yang mengalami atau sedang menderita kolesterol tinggi dan penyakit jantung maka sebaiknya hindari untuk mengkonsumsi jeroan, sebab di dalam jeroan itu terdapat kandungan lemak yang sangat tinggi dan tentunya sangat tidak baik bagi tubuh kamu.

Sebab kandungan lemak jenuh yang ada di dalam jeroan ini dapat memicu naiknya kolesterol di dalam darah dan dapat memicu penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.

4. Memicu penyakit asam urat

Bagi siapa saja yang sering mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan purin akan lebih rentan untuk terkena penyakit asam urat. Oleh sebab itulah kamu wajib untuk membatasi asupan makanan yang memiliki kandungan purin cukup tinggi seperti jeroan.

Nah, kadar asam urat yang tinggi inilah yang lambat laun akan membentuk kristal padat di dalam sendi dan pada akhirnya akan menimbulkan efek peradangan dan nyeri pada sendi-sendi di dalam tubuh. Jadi bagi kamu yang sedang menderita asam urat atau memiliki riwayat asam urat sebaiknya untuk tidak memngkonsumsi jeroan.

5. Kandungan vitamin A yang sangat tinggi

Dalam sebuah studi, batas seseorang itu mengkonsumsi vitamin A setiap hari adalah 10.000 IU. Sementara kandungan vitamin A dalam jeroan itu sangatlah tinggi, oleh sebab itu kita wajib untuk membatasi asupan jeroan ke dalam tubuh.

Jika tubuh kita mengalami kelebihan asupan vitamin A maka akan berdampak buruk pada kesehatan seperti rasa mual, muntah, kepala terasa sakit, diare dan jika terjadi terlalu lama dapat memicu kerusakan hati.

Baca Juga :

Tips Mengkonsumsi Jeroan

Sebelum kamu mengkonsumsi jeroan, sebaiknya kamu ketahui terlebih dalu kondisi dari tubuh kamu sendiri. Untuk kamu yang mempunyai penyakit jantung, kolesterol dan asam urat sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi jeroan sama sekali karena dapat memperburuk kondisi kesehatan kamu.

Nah, untuk alternatif lain dalam mengkonsumsi jeroan, kamu masih bisa mengkonsumsi daging sapi, daging ayam atau daging lainnya yang bebas kandungan lemak. Selain itu imbangi juga dengan pola makan yang bergizi seimbang serta olahraga yang cukup. Hal ini tentunya untuk mencegah masalah-masalah kesehatan yang sudah di jelaskan diatas.

Mungkin itu saja sedikit informasi yang bisa admin rangkumkan untuk kalian mengenai bahaya makan jeroan bagi kesehatan tubuh, semoga ulasan diatas bisa bermanfaat untuk kalian semuanya. Ingat selalu jaga kesehatan dengan rajin berolahraga dan rutin mengkonsumsi makanan bergizi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel