Berikut 10 Manfaat Masker Kunyit Untuk Kulit Wajah


Gamatips.com – Kunyit merupakan salah satu repah-rempah yang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja namun kunyit juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Hal ini karena beberapa kandungan yang ada di dalam kunyit itu sangat di butuhkan oleh kulit kita.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menggunakan masker kunyit, salah satunya itu untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit wajah. Namun sebelum kita beranjak ke pembahasan manfaat kunyit sebagai masker kulit, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu kandungan apa saja yang terdapat dalam kunyit
Berikut 10 Manfaat Masker Kunyit Untuk Kulit Wajah
Manfaat Masker Kunyit Untuk Kulit

Kandungan Nutrisi Kunyit

Seperti yang sudah kita semua ketahui kalau kunyit merupakan salah satu dari berbagai macam rempah-rempah yang ada di Indonesia. Selain di gunakan sebagai bumbu dapur, kunyit juga di percaya mempunyai khasiat untuk merawat kecantikan kulit. Hal ini karena kandungan nutrisi yang cukup lengkap ada di dalam kunyit.

Kunyit atau dalam bahasa ilmiahnya di sebut kurkuminoid ini mempunyai kandungan yang sangat lengkap seperti kalsium, fosfor, zat besi, vitamin, protein, pati, karbohidrat, turmeron, tumeon, zngiberen, felander, sabinen, borneol dan juga sineil.

Nah, dari beberapa kandungan tersebut sangatlah di butuhkan oleh tubuh kita untuk menjaga serta merawat kesehatan kulit dan menghindarkan kulit dari berbagai macam masalah seperti kulit kusam, keriput dan plek-plek hitam. Untuk lebih jelas, kamu dapat menyimak informasinya di bawah ini.

Manfaat Masker Kunyit Untuk Kulit

Mungkin dari kalian masih ada yang mempertanyakan apa saja manfaat masker kunyit untuk kulit? Nah, agar kalian tidak semakin bingung atau semakin penasaran dengan manfaat apa saja yang dapat kita rasakan dari pemakaian masker kunyit untuk kulit wajah berikut ulasannya:

1. Manfaat masker kunyit untuk mencerahkan kulit

Wanita memang identik dengan kecantikan. Berbagai carapun dilakukan agar bisa tampil cantik, baik itu perawatan yang dilakukan dengan cara non alami ataupun dengan alami. Terutama pada bagian wajah, Jika anda mempunyai jenis kulit yang kusam dan ingin mencoba untuk mencerahkan kulit menggunakan cara alami. Anda bisa mencoba menggunakan masker kunyit. Karena dengan penggunaan masker kunyit secara rutin maka dapat membantu untuk mencerahkan kulit wajah anda.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan yang terdapat pada kunyit. Kandungan antioksidan ini mampu melawan radikal bebas yang ada pada wajah, yang merupakan salah satu penyebab yang membuat wajah selalu  tampak kusam.

2. Manfaat masker kunyit untuk mengurangi kerutan pada wajah

Manfaat berikutnya yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan masker kunyit secara rutin yaitu bisa membantu mengurangi kerutan pada wajah. Munculnya kerutan pada wajah memang momok yang sangat ditakuti para wanita. Oleh karena itu dengan menggunakan masker kunyit ini niscaya kerutan pada wajah anda akan terhindar dari kerutan.

Ini disebabkan karena pada kunyit terdapat kandungan aktif  yang diyakini mampu membantu memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan pada wajah. Termasuk dapat membantu mengurangi munculnya garis-garis ataupun kerutan pada wajah yang membandel. Kunyit  ini juga sangat diyakini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh yang sangat efektif , sehingga dapat membuat dan menjaga elastisitas kulit serta  membuat kulit akan tetap terlihat kencang.

Baca Juga : 17 Manfaat Lada Untuk Kesehatan Tubuh Yang Sudah Teruji

3. Manfaat masker kunyit untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kulit

Berbagai macam manfaat dari masker kunyit bisa didapatkan dari masker kunyit bagi kecantikan. Yang berikutnya  jika anda menggunakan masker kunyit secara rutin bisa  membantu mengatasi munculnya noda gelap pada wajah  yang diakibatkan oleh hiperpigmentasi. Diketahui dalam sebuah penelitian  dikatakan bahwa dengan anda mengoleskan kunyit  ke kulit selama kurang lebih 4 minggu , maka hiperpigmentasi kulit  dapat berkurang sebanyak 14 %. Jadi jika anda ingin mengatasi hiperpigmentasi pada kulit sebaiknya mencoba untuk menggunakan masker kunyit ini.

4. Manfaat masker kunyit untuk menyamarkan bekas jerawat

Selain bisa membantu mengurangi kerutan pada wajah dan membantu mengurangi kekusaman pada wajah dan kulit, masker kunyit juga mampu menyamarkan bekas jerawat  pada wajah. Tak hanya itu masker kunyit ini juga mampu mencegah dan mengatasi jerawat yang muncul. Masker ini juga diyakini dapat mengurangi kemungkinan terkenanya  kanker kulit.

Maka dari itu jika anda ingin jerawat pada wajah bisa berkurang atau menghilang dari wajah dan juga anda ingin menyamarkan bekas jerawat,  maka imbangilah pengunaan masker kunyit ini dengan gaya hidup yang sehat serta olahraga yang rutin.Serta jangan lupa untuk mencuci  wajah saat sudah selesai melakukan aktivitas  agar jerawat tak muncul kembali.

5. Manfaat masker kunyit untuk mencegah keriput

Jika anda ingin mencegah keriput pada wajah muncul. Maka cobalah untuk rutin melakukan perawatan wajah  dengan masker kunyit. Jika anda secara rutin melakukannya anda akan terhindar dari keriput (penuaan dini). Hal ini disebabkan karena masker kunyit bisa membuat tekstur pada wajah anda akan tetap terjaga.Masker kunyit ini juga membantu menyehatkan pori – pori wajah sehingga keriput tidak muncul. Dengan menggunakan masker kunyit secara rutin 2 kali dalam seminggu, niscaya keriput pada wajah enggan muncul.

6. Manfaat masker kunyit untuk mengangkat sel-sel kulit mati

Dapat kita temui beberapa wanita yang sangat menyukai  berbagai macam produk kosmetik pada wajahnya, Penggunaan kosmetik yang secara berlebihan ini sering kali menimbulkan munculnya kulit mati pada wajah. Ataupun bisa disebabkan karena malasnya melakukan perawatan pada wajah juga pemicu kulit mati pada wajah muncul.

Nah, berbagai cara anda bisa lakukan untuk mengangkat sel kulit mati ini pada wajah anda, baik itu menggunakan produk yang bisa mengangkat sel kulit mati yang banyak dijual di toko kecantikan, atapun bisa menggunakan masker kunyit. Karena masker kunyit sangat ampuh untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Terbukti  dengan pemakaian  kunyit dari zaman dahulu bisa membantu mengangkat sel kulit mati, bahkan kunyit juga tidak akan meninggalkan bekas yang berarti pada wajah. Dengan menggunakan masker kunyit ini aman digunakan karena alami dan tidak menimbulkan resiko yang berbahaya.

7. Manfaat masker kunyit untuk menyamarkan kantung mata

Buat anda yang sering mengalami  masalah dengan kantung mata yang menghitam seperti mata panda, dan bingung mencari cara untuk menghilangkannya. Cobalah untuk menggunakan masker kunyit, Kunyit terbukti sebagai agen anti-inflamasi dan pencerah kulit, jadi sangat cocok untuk mengurangi kekhawatiran semacam ini. Walaupun ada berbagai macam produk yang di kalim dapat mengurangi munculnya mata panda yang dijual diberbagai tempat.

Masker kunyit ini patut anda pilih sebagai salah satu alternatif  untuk mengcegah kantung mata anda semakin parah. Menyamarkan kantung mata menggunakan masker kunyit ini sangat bisa membantu karena kunyit juga  dapat  merangsang sirkulasi, yang dapat membantu mengurangi bengkak dan kehitaman di bawah mata yang disebabkan oleh sirkulasi yang buruk. Cukup oleskan masker ini pada bagian kantung mata, diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Maka niscaya masalah kantung mata anda bisa teratasi.

8. Manfaat masker kunyit untuk mengatasi kulit kering

Manfaat selanjutnya dari penggunaan masker kunyit yang bisa kamu dapatkan berikutnya yaitu bisa membantu mengatasi kulit kering yang anda alami saat ini. Hal ini dikarenakan kunyit bisa membantu melembabkan dan merevitalisasi kulit yang kering. Dan juga kunyit juga bisa membuat kulit sehat dan lembut, dan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan lebih lanjut.

Jadi gunakanlah secara rutin masker kunyit niscaya masalah kulit kering anda bisa teratasi dan kulit anda bisa sehat dan lembab kembali. Selain itu jika anda ingin mencoba cara alami, bisa  konsumsi  kunyit dalam bentuk teh ataupun juga bisa menambahkan kunyit pada menu makan Anda, dan semoga cara ini dapat membantu Anda mendapat lebih banyak manfaat kunyit untuk wajah.

9. Manfaat masker kunyit untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV

Menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan oleh American Academy of Dermatology (AAD), dikatakan bahwa krim pelembab yang mengandung kunyit didalamnya mempunyai kemampuan yang bisa membantu memperbaiki garis-garis  halus serta binti-bintik cokelat pada kulit yang biasanya muncul akibat paparan sinar matahari yang berlebihan.Dalam kunyit ada kandungan yang dapat mencegah hilangnya elastisitas kulit akibat paparan UVB dalam waktu jangka panjang.

Jadi dengan anda menggunakan masker kunyit ini secara rutin noda hitam yang muncul pada wajah akibat paparan sinar matahari yang berlebih akan berkurang bahkan menghilang. Berikut  cara membuat masker alami yang bisa anda coba di rumah, campurkan setengah sendok teh bubuk kunyit dengan satu sendok makan madu hingga menjadi pasta. Oleskan pada  wajah, dan biarkan selama kurang lebih 10 menit dan bilas menggunakan  air hangat.

10. Manfaat masker kunyit untuk membersihkan jerawat

Munculnya jerawat yang membandel pada wajah memang sangat tak mengenakan, karena selain menimbulkan rasa gatal juga dapat membuat rasa percaya diri berkurang. Karena efek jerawat yang muncul penampilan jadi kurang maksimal dan juga wajah terlihat tidak mulus. Nah, buat anda yang sedang mengalami masalah jerawat  yang membandel, anda bisa mencoba menggunakan masker kunyit ini sebagai solusinya. Hal ini dikarenakan karena pada kunyit terkandung antioksidan yang bisa membantu mengatasi  masalah jerawat pada wajah anda.

Masker kunyit ini juga bisa mengatasi produksi minyak yang berlebihan pada wajah. Karena penyebab jerawat yang muncul pada wajah biasanya disebabkan karena produksi minyak yang berlebih. Gunakanlah masker minimal seminggu 2 kali dan jangan lupa untuk tetap rutin mencuci muka dan menjaga kebersihan pada tubuh anda. Dijamin dengan anda rutin merawat diri semua masalah pada wajah anda bisa terhindar dan kepercayaan diri anda bisa tetap terjaga.
Berikut 10 Manfaat Masker Kunyit Untuk Kulit Wajah
Manfaat Masker Kunyit Untuk Kulit

Cara Membuat Masker Kunyit

Dalam membuat masker kunyit untuk wajah tidaklah terlalu sulit dan cenderung mudah untuk kita lakukan sendiri di rumah. Namun bagi kalian yang mungkin tidak ingin repot bias membeli masker yang sudah jadi di toko kencantikan terdekat di kota kalian.

Sedangkan jika kamu ingin merasakan bagaimana cara membuat masker kunyit maka kamu bisa mengikuti langkap-langak sebagai berikut:
  1. Pertama-tama kamu siapkan terlebih dahulu beberapa potong kunyit yang sudah di cuci dan di keringkan terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya giling sampai halus semua kunyit tersebut sampai menjadi serbuk.
  3. Berikutnya kita siapkan sebuah wadah dan tuang serbuk kunyit kedalamnya dengan di tambahkan 1 sendok teh cuka apel, 1 sendok teh madu alami.
  4. Aduk terlebih dahulu bahan terseut sampai rata, baru kamu tambahkan lagi 1 sendok teh susu dan 1 sendok teh yoghurt. Aduk kembali sampai rata.
  5. Selesai dan masker kunyit siap untk di gunakan.

Baca Juga: Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan Yang Sudah Teruji

Cara Menggunakan Masker Kunyit

Setelah kita sudah selesai membuat masker kunyit di rumah, maka selanjutnya kita akan menggunakan masker tersebut untuk merawat kulit wajah secara alami. Namun sebelum kita mulai, ada baiknya kamu pastikan terlebih dahulu apakah kulit wajah kamu sensitif terhadap bahan-bahan masker tersebut atau tidak.

Selain ke dokter, cara mengetahui kulit sensitif terhadap kunyit bisa juga di lakukan di rumah. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengoleskan sedikit masker kunyit kebagian kulit tangan bagian bawah dan tunggu sampai 15 atau 20 menit. Jika kulit berubah menjadi kemerahan maka itu artinya kulit kamu sensitif terhadap kunyit, tapi jika tidak berarti kamu aman untuk memakai masker berbahan kunyit.

Cara memakai masker dari kunyit juga sangat mudah sekali untuk kamu lakukan di ruah. Namun sebelum memakai masker dari kunyit tersebut, sebaiknya cuci terlebih dahulu kulit wajah kamu dengan air biasa sampai bersih. Setelah itu baru kamu aplikasikan masker tersebut ke seluruh bagian kulit wajah sampai merata. Tunggu sampai 15 menit saja, baru bilas kembali dengan air sampai bersih.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, kamu dapat memakai masker yang terbuat dari kunyit ini secara rutin, yakni 3 kali dalam seminggu. Namun penggunaan ini untuk kamu yang mempunyai kulit norma dan sedangkan untuk kamu yang mempunyai kulit kering sebaiknya memakai masker tersebut sebanyak 1 sampai 2 kali dalam seminggu.

Selain itu bagi kamu yang masih ragu atau tidak yakin dengan kondisi kulit kalian sendiri, maka kamu bisa mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter kulit untuk memperoleh informasi yang lebih jelas mengenai bahaya atau tidaknya kunyit terhadap kulit kalian.

Mungkin itu saja informasi yang bisa kami hadirkan untuk kalian mengenai manfaat masker kunyit untuk kulit wajah, semoga dengan informasi di atas bisa memberikan manfaat dan mengetahui untuk kalian semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel