15 Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala Pada Ibu Hamil


15 Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala Pada Ibu Hamil Tanpa Obat-obatan
Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala Pada Ibu Hamil
Gamatips.com – Terjadinya perubahan pada hormon ternyata dapat memicu munculnya sakit kepala saat hamil, entah itu sakit kepala tegang ataupun sakit kepala migrain. Namun pada saat hamil, sangat tidak di sarankan sekali untuk mengkonsumsi obat-obatan dalam meredakan sakit kepala. Karena beberapa jenis obat-obatan itu mempunyai efek samping yang berbahaya bagi kesehatan janin, namun ada cara alami untuk mengatasi sakit kepala pada ibu hamil yang bisa di lakukan dirumah.


Sakit kepala yang umum terjadi pada ibu hamil akan bertambah buruk ketika beberapa minggu pertama kehamilan, meski begitu kondisi tersbut tidak berpengaruh pada kesehatan janin. Dalam beberapa khasus, sakit kepala yang terjadi biasanya akan sembuh atau hilang dengan sendirinya ketika kehamilan sudah beranjak ke 6 bulan.

Sampai saat ini belum bisa di ketahui secara pasti apa yang jadi penyebab ibu hamil mengalami masalah sakit kepala. Namun ada dugaan yang kuat kalau kondisi tersebut terjadi karena adanya peningkatan produksi darah atau aliran darah pada awal masa kehamilan.

Selain itu, kemungkinan lain yang menjadi penyebab ibu hamil sakit kepala adalah penghentian konsumsi kafein ke dalam tubuh, tidak cukup tidur, stres, depresi, dehidrasi, lelah, alergi dan gangguan sinus. Sakit kepala akan terjadi bertambah buruk untuk mereka yang sudah pernah mengalami sakit kepala ketika sebelum hamil.

Apa Penyebab Sakit Kepala Pada Ibu Hamil?

Pada saat masa kehamilan, sakit kepala ini bisa terjadi karena pengaruh hormon seperti pada saat menjelang akan menstruasi dan menopause. Kondisi ini bisa saja akan bertambah buruk lagi ketika sudah memasuki beberapa minggu pertama kehamilan, namun normalnya kondisi tersebut akan berangsur-angsur membaik dan bahkan hilang dengan sendirinya ketika umur kandungan sudah mencapai 6 bulan ke atas.

Banyak dokter yang beranggapan kalau pengaruh dari hormon tersebutlah yang menjadi penyebab utama ibu hamil mengalami sakit kepala. Ini juga dikarenakan hormon progesteron yang menjadi pendukung kehamilan mempunyai efek yang sangat besar dalam sirkulasi darah khususnya pada kehamilan minggu pertama.

Selain itu ada juga penyebab ibu hamil mengalami sakit kepala lainnya seperti kelelahan, kurang tidur, dehidrasi, stres, depresi dan juga alergi.

Cara Mencegah Sakit Kepala Pada Ibu Hamil

Seperti yang sudah di jelaskan di atas tadi kalau ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi sembarang obat tanpa resep dokter, ini karena dapat berdampak buruk bagi tumbuh kembang janin yang sedang di kandung. Tapi bunda tidak peru khawatir, berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah ib hamil sakit kepala:

1. Pencegahan pertama yaitu dengan cara yang cukup simpel, yaitu dengan rajin, rutin dan memperbanyak  dalam mengkonsumsi air putih

2. Cara pencegahan yang kedua yang patut anda coba yaitu dengan mengkonsumsi  makanan dengan porsi sedikit. Namun tidak mengurangi nilai gizi yang dapat diserap tubuh anda.

3. Cara Ketiga adalah dengan cara jangan terlalu banyak pikiran serta hindari dan kelola stres dengan baik. Jika bisa istirahat tubuh dan pikiran dengan melakukan refreshing

4. Pencegahan yang kelima  bisa anda lakukan dengan cara rutin melakukan aktivitas fisik, seperti jalan kaki, aerobik, atau olahraga yang bisa merelaksasi tubuh. Bahkan anda bisa mencoba memilih yoga sebagai cara untuk menenangkan pikiran.

5. Cara pencegahan yang kelima yang bisa anda lakukan dan anda coba yaitu dengan mencukupi porsi tidur, dan tidur pada waktu yang teratur setiap hari.

6. Cara yang terakhir yaitu yang keenam, anda bisa mencoba untuk menghindari pemicu sakit kepala, seperti makanan yang mengandung MSG dan pemanis buatan, ikan asap, makanan yang dipermentasi, bebauan yang menyengat, asap rokok, suara bising, cahaya silau, serta cuaca panas atau dingin berlebihan.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Pada Ibu Hamil Tanpa Obat-obatan

Setelah di atas tadi kita sudah tahu bagaimana cara untuk mencegah agar ibu hamil tidak mengalami sakit kepala, maka untuk langkah selanjutnya kita juga mesti tahu bagaimana cara untuk mengatasi sakit kepala pada ibu hamil. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Kompres dengan air hangat

Jika anda sedang mengalami sakit kepala dan ingin mengurangi rasa sakit yang terasa tanpa harus mengkonsumsi obat, anda bisa mencoba cara yang satu ini. Pertama –tama ambilah air secukupnya bisa menggunakan air dingin maupun air hangat, lalu siapkan kompres untuk diletakkan di dahi atau kening . Untuk sakit kepala sebelah (migrain) bisa pakai kompres air dingin agar lebih efektif.

2. Istirahat yang cukup

Bila rasa sakit kepala yang  sedang anda alami sekarang  sangat menggangu. Cobalah untuk merileksasikan tubuh anda dengan cara berbaring di tempat tidur dengan kondisi ruangan gelap dan tidak berisik. Lalu pejamkan mata  anda. Istirahatlah yang cukup serta jangan melakukan kegiatan yang terlalu berat. Serta jangan terlalu banyak pikiran dan jangan lupa untuk mencukupi asupan gizi bagi tubuh.

3. Lakukan pemijatan

Cara ini bisa anda lakukan untuk mengurangi rasa pusing yang anda alami yaitu dengan cara memijat lembut bagian kepala yang sakit, atau meminta tolong orang lain untuk memijat pundak dan leher anda untuk mengatasi ketegangan. Jika memiliki waktu luang, Anda dapat mengunjungi tempat pijat profesional agar bisa mendapatkan pijat relaksasi pada seluruh tubuh. Namun, lebih baik jika anda berkonsultasi ke dokter dan jangan lupa jika ingin melakukan pemijatan untuk  memberitahu terapis pijat bahwa Anda sedang hamil.

4. Hirup aromaterapi

Pada masa kehamilan memang sering kali akan timbul rasa pusing bahkan sampai mual. Untuk mengurangi rasa pusing itu anda bisa mencoba untuk menghirup aromaterapi . Karena dengan menghirup aroma terapi bia membuat  napas lega serta sakit kepala berkurang. Anda bisa mencoba berbagai macam varian aroma terapi yang ada. Baik itu bau  lavender atau peppermint oil. Bahkan kita bisa juga menggosokkan minyak aromaterapi di area kening, untuk lebih meringankan sakit kepala yang muncul.

5. Mandi dengan air hangat

Cara berikutnya yang bisa anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit kepala yang sedang anda rasakan saat ini yaitu dengan cara mandi dengan air hangat yang dicampur dengan garam Epsom selama 15 menit. Karena selain bisa bantu redakan sakit kepala juga dapat membuat  otot-otot tubuh bisa lebih rileks bila terkena basuhan atau bilasan air hangat ini.

6. Pakailah bra yang nyaman

Pada masa kehamilan ukuran payudara biasanya menjadi semakin besar, hal itu menyebabkan ukuran ligament pada payudara berubah juga. Jika anda salah memilih ukuran bra yang akan anda gunakan hal itu bisa menyebabkan ketegangan di otot leher dan punggung. Jadi sedari awal kehamilan penting memilih dan mengenakan bra yang benar-benar nyaman agar terhindar dari risiko pusing atau sakit kepala.

7. Minum-minuman herbal

Pada masa-masa kehamilan rasa pusing yang datang terkadang sangatlah mengganggu. Untuk meringankan rasa pusing anda bisa mencoba untuk meminum  minuman herbal seperti teh herbal atau air jahe hangat bisa diminum untuk meredakan sakit kepala. Air jahe hangat menjadi salah satu minuman yang paling direkomendasikan karena kandungan jahe yang bisa bantu merileksasikan tubuh dan mengatasi ketegangan otot tubuh.  Sebelum mencoba minuman herbal ini alangkah baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter
15 Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala Pada Ibu Hamil Tanpa Obat-obatan
Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala Pada Ibu Hamil

Gejala Sakit Kepala yang Perlu Diwaspadai Oleh Ibu Hamil

Sakit kepala yang terjadi pada masa awal kehamilan merupakan hal yang normal, namun sebaiknya lebih waspada jika kondisi ini terjadi di akhir kehamilan.

Sakit kepala yang terjadi di akhir masa kehamilan bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami hipertensi dalam kehamilan. Jika tidak ditangani, kondisi ini beresiko berkembang menjadi preeklamsia, yaitu suatu keadaan yang bisa mengganggu perkembangan bayi dalam kandungan dan proses persalinan.

Jangan segan untuk segera konsultasi ke dokter jika sakit kepala saat hamil belum mereda atau bertambah parah.

Gejala Sakit Kepala yang Perlu Diwaspadai Oleh Ibu Hamil

Pada umumnya, ibu hamil yang mengalami sakit kepala pada masa awal kehamilan adalah sebuah hal yang normal, meski begitu ada baiknya bunda juga harus lebih waspada lagi apabila kondisi tersebut terjadi pada akhir masa kehamilan.

Karena dalam sebuah penelitian menyebutkan kalau sakit kepala yang terjadi pada akhir masa kehamilan dapat menjadi sebuah pertanda kalau bunda sedang mengalami masalah hipertensi pada kehamilan. Apabila kondisi tersebut tidak segera untuk di atasi maka hal ini bisa berdampak lebih parah lagi seperti preeklamsia. Preeklamsia ini adalah sebuah keadaan yang dapat mengganggu perkembangan bayi yang masih ada di dalam kandungan.

Maka dari itulah, jika bunda merasa sakit kepala yang dialami terjadi pada akhir masa kehamilan maka segeralah bunda periksakan ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Selamat mencoba!

Baca Juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel