13 Cara Menurunkan Demam Pada Anak Tanpa Obat-obatan

13 Cara Menurunkan Demam Pada Anak Tanpa Obat-obatan
Cara Menurunkan Demam Pada Anak
Gamatips.com – Setiap anak tentu pernah mengalami demam, namun demam pada setiap anak pastinya berbeda-beda. Tapi pada dasarnya demam yang terjadi pada anak ini menandakan kalau tubuhnya sedang berusaha keras untuk melawan infeksi yang sedang terjadi di dalam tubuh.


Jika sikecil bunda sedang demam, sebaiknya bunda tidak perlu khawatir karena tidak semua demam itu harus diobati ke dokter. Ini karena ada beberapa jenis demam yang bisa bunda atasi dengan melakukan pengobatan di rumah.

Pada umumnya seorang anak bisa dikatakan demam apabila suhu tubuh si kecil sudah mencapai diangka 37° C lebih. Oleh sebab itu, bila bunda mencurigai anak sedang demam maka sebaiknya pastikan terlebih dahulu suhu tubuhnya dengan memakai alat pengukur suhu badan.

Dalam beberapa kasus suhu tubuh anak yang sedang demam sering naik turun dan biasanya akan lebih rendah pada saat pagi hari dan akan tinggi lagi pada malam hari. Bahkan ada beberapa kejadian kalau pada saat malam hari ketika suhu tubuh mulai naik, tubuh si kecil akan menggigil. Hal ini dapat membuat si kecil tidur dengan tidak nyenyak pada malam hari dan akan membuat kita sebagai orang tua sangat khawatir.

Selain bunda bisa memakai obat penurun panas untuk se kecil, bunda juga bisa melakukan cara berikut untuk mengatasi anak demam di malam hari:

Cara Menurunkan Demam Pada Anak Tanpa Obat

1. Dengan menggunakan pakaian yang tipis

Cara pertama untuk membantu menurunkan gejala panas pada anak adalah dengan memakaikan pakaian ke anak dan usahakan pakaian tersebut memiliki bahan yang tipis serta nyaman dikenakan. Karena jika anak mengalami demam dan bunda memakaikannya baju yang tebal maka akan dapat mencegah panas dalam tubuh buah hati anda tidak akan keluar, dan memicu demam anak akan naik lebih tinggi. Oleh karena itu bunda, saat anak mengalami panas maka cobalah untuk memakaikannya baju yang tipis agar panas dari dalam tubuh sang buah hati bisa keluar dengan mudah. Dan niscaya dapat membantu mengurangi demam yang muncul.

2. Jaga suhu kamar agar lebih nyaman

Saat anak mengalami demam, maka seringkali akan menjadi rewel dan susah untuk ditenangkan. Oleh karena itu cara yang berikutnya yang bisa bunda coba lakukan agar demamanak anda menurun adalah dengan membuat suhu yang ada pada kamar anak anda menjadi senyaman mungkin. Hal ini dilakukan agar dapat membantu mengeluarkan panas pada tubuh anak anda. Usahakanlah untuk mengatur suhu kamar agar tidak terlalu panas ataupun tidak terlalu dingin ya. Lalu biarkanlah anak mendapatkan waktu istirahat yang cukup serta berikanlah obat yang dapat memulihkan kondisi tubuhnya agar sehat kembali.

3. Perbanyak minum air hangat

Selain mengkonsumsi obat demam yang sudah dianjurkan oleh dokter, bunda juga bisa mencoba cara yng satu ini, yaitu dengan membuat anak anda meminum air putih yang hangat. Karena jika kita memberikan air hangat dapat membantu tubuhnya untuk lebih cepat mengeluarkan panas yang ada dalam tubuhnya. Karena demam menyebabkan anak kehilangan banyak cairan dari biasanya. Dengan meminum air putih hangat ini dapat mencegah terjadinya dehidrasi ( Kekurangan Cairan Pada Tubuh). Selain meminum kita juga bisa mendapatkan cairan dengan cara memakan ataupun meminum hal lain, seperti sup, susu hangat, dan sebagainya.

Namun kita tidak boleh sembarangan memberikan minuman saat anak demam seperti minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi, maupun minuman bersoda. Dengan banyaknya anak meminum air putih hangat.

Sebaiknya hindari anak dari minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi, maupun minuman bersoda. Minuman ini  membuat anak lebih sering buang air kecil, sehingga dikhawatirkan anak akan kehilangan banyak cairan.

4. Perbanyak makan dari biasanya

Selain minum air yang banyak cara lain agar demam dapat menurun yaitu dengan banyak makan. Karena tubuh yang lemah sangatlah membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya. Jadi, dengan mencukupi asupan makanan dapat sangat membantu demam anak lebih cepat sembuh. Karena semakin tinggi demam pada anak, maka semakin besar pula asupan serta gizi yang dibutuhkan.

Namun terkadang saat demam maka nafsu makan pada anak akan berkurang, apalagi jika demam itu muncul pada saat malam hari. Nah,bunda harus mencoba secara perlahan membujuk sang buah hati agar mau makan  dan ingat untuk memberikan makanan yang mudah dicerna seperti bubur, roti, ataupun biskuit. Memang dengan rewelnya anak saat makan bisa membuat kesembuhannya melambat. Tetapi saat memberikannya makan jangan terlalu dipaksakan, cobalah secara sedikit demi sedikit sampai ia mengantuk dan ingin tidur.

5. Berikan vitamin C secara rutin

Cara berikutnya ialah dengan cara memberikan asupan vitamin C. Karena vitamin C memiliki sifat anti radang yang dapat membantu proses penyembuhan radang. Sebab faktor radang juga menjadi salah satu penyebab demam pada anak muncul.

Manfaat vitamin C yang lain yaitu dapat meningkatkan proses kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh.Maka dari itu bunda, berikanlah vitamin C secara rutin ke buah hati. Namun harus diingat juga agar sesuai dosis dan usia ya bunda. Serta harus sesuai dengan anjuran dokter juga.
13 Cara Menurunkan Demam Pada Anak Tanpa Obat-obatan
Cara Menurunkan Demam Pada Anak

6. Pijat anak dengan lembut

Tentunya pijatan dari seorang ibu akan membuat efek yang sangat nyaman dan menenangkan untuk seorang anak dan ini juga akan membuat si kecil dapat tidur dengan nyenyak. Bunda juga bisa memberikan minyak gosok ke bagian badan si kecil sambil di pijat dengan lembut. Minyak yang bisa bunda gunakan seperti minyak telon atau minyak kayu putih. Oleskan pada tubuh agar pori-porinya terbuka sehingga panas dalam tubuhnya lebih mudah keluar. Selain dapat membantu mengurangi demam, melalukan pijatan pada bayi juga bisa memperlancar peredaran  darah. Jika peredaran darah pada tubuh lancar maka pengangkutan zat makanan dan oksigen  keseluruhan tubuh akan menjadi lebih baik.

7. Pakai ramuan dari bawang merah

Cara tradisional yang bisa bunda lakukan untuk meredakan panas yaitu dengan menggunakan bawang merah yang dicampurkan minyak kelapa asli secukupnya. Potong kasar bawang merah ya bunda. Lalu balurkan ke seluruh tubuh anak, dan setelah itu  letakkan ampasnya di dahi anak untuk mengompres.

Penggunaan bawang merah sangatlah bagus untuk dicoba bunda. Karena bawang merah memiliki kandungan minyak atsiri dan kandungan bahan yang lainnya, yang bisa membantu meredakan demam.

Namun pada saat penggunaannya harap berhati 2 ya, jangan sampai terkena mata. Serta dalam masa penggunaanya  jangan terlalu banyak  karena terkadang kulit anak bersifat sensitif.

8. Berikan obat parasetamol atau ibuprofen

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan dua jenis obat yang memang direkomendasikan oleh dokter. Obat ini memanglah terkenal sangat ampun untuk meredakan demam pada anak.  Pada umumnya obat ibuprofen lebih cenderung disukai karena dapat menurunkan demam anak lebih cepat dibandingkan bunda menggunkan parasetamol anak.

Mengapa parasetamol kurang disukai?Itu dikarenakan pada efek yang dimiliki parasetamol dalam menurunkan panas agak lambat dari ibuprofen.

Serta  dalam masa penggunaanya sesuaikan dengan dosis obat ini dengan usia anak anda. Juga jangan menggunakan 2 obat sekaligus.

Dan juga perlu bunda ketahui  dalam menggunakan ibuprofen tidaklah  cocok untuk anak berusia di bawah enam bulan. Hal itu disebabkan karena ibuprofen memiliki efek samping yang lebih kuat dan berbahaya untuk kelompok usia anak yang lebih muda. Walaupun Ibuprofen memang dapat menurunkan panas lebih cepat.  Nah jika bunda ingin menggunakan kedua obat ini jangan lupa sesuai saran dokter ya.

9. Kompres dengan air hangat

Hal yang sering, bahkan umum dilakukan jika anak terserang demam yaitu mengompres anak dengan air hangat. Hal ini sudah sejak dulu dipraktekan secara turun-temurun. Walaupun dengan mengompres dahi anak dengan air hangat tidak dapat menghilangkan demam sepenuhnya, karena hanya  dapat menurunkan panas anak sementara saja. Namun cara ini patut bunda coba untuk membantu demam pada sang buah hati tercinta turun.

Jika bunda ingin mengompres dahi anak harus sabar ya, hal itu karena ada beberapa anak yang mungkin merasa tidak nyaman bahkan rewel saat dikompres dahinya.  Lakukan secara perlahan dan buat anak merasa nyaman saat dikompres. Niscaya dengan metode ini demam pada anak anda bisa hilang dan anak anda bisa sehat kembali.

10. Seka tubuh anak menggunakan air hangat

Cara yang selanjutnya yang bisa bunda lakukan dan bisa coba bunda praktekan ialah dengan menyeka tubuh buah hati anda menggunakan air hangat  dengan suhu kurang lebih 29,4-32,2° C. Karena dengan menyeka tubuh dengan air hangat juga bisa membantu mengatasi demam pada anak.

Bunda bisa menggunakan handuk kecil ataupun waslap untuk menyeka tubuh anak anda yang sedang demam. Karena air hangat ini akan membantu mendinginkan tubuh dan membuat suhu pada tubuh anak akan sedikit menurun. Lakukan selama 30-45 menit. Dan jangan menggunakan air dingin, hal itu justru akan membuat anak anda menggigil dan membuat suhu tubuh anak akan nauk untuk mentolerir kedingingan.

11. Mandi dengan air hangat

Jika anak sedang mengalami demam, namun anak harus tetap mandi atau di lap. Nah, untuk itu gunakanlah air hangat untuk memandikannya atau melapnya. Dengan memandikan anak menggunakan air hangat dapat membantu mengatasi demam pada anak. Karena air hangat yang mengenai kulit anak ketika mandi akan membuat suhu  tubuh mendingin, serta membuat demam menurun.

Bila anda menggunakan air dingin untuk anak mandi, justru ini dapat membuat anak menggigil dan membuat suhu tubuh anak naik untuk mentolerir kedinginan yang dirasakan anak.

12. Bantu mengeluarkan panas pada tubuh anak

Untuk membantu mengeluarkan panas pada tubuh anak dapat dilakukan dengan cara memakaikan pakaian ke anak yang menutupi seluruh badannya. Pakaian yang digunakan tidak mesti berbahan tebal, cukup dengan pakaian yang agak tipis namun harus tertutup. Serta jangan lupa menyelimuti buah hati bunda.

Karena dengan memakaikan pakaian yang terlalu tebal akan dapat membuat panas pada tubuh akan susah keluar, serta menyebabkan anak menjadi tidak nyaman dan juga akan rewel. Hal ini juga akan menyebabkan  demam anak akan menjadi lebih tinggi.

Selain itu anda juga dapat membantu menurunkan demam pada anak dengan membuat suhu kamar anak senyaman mungkin. Buatlah suhu ruangan tidak terlalu panas ataupun dingin.  Lalu buatlah anak agar dapat banyak beristirahat sehingga kondisi tubuhnya bisa cepat pulih kembali.

13. Minum teh herbal

Cara berikutnya bisa dilakukan dengan meminum teh herbal, misalnya seperti  teh herbal lemon balm, teh jahe, yarrow, elderflower ataupun teh  chamomile. Karena dengan meminum teh herbal dapat dipercaya bisa mengatasi demam pada anak maupun orang dewasa. Efek yang diberikan dari meminum teh herbal adalah dapat menenangkan dan juga dapat memicu tubuh untuk mengeluarkan keringat.

Dengan keluarnya keringat inilah yang akan membantu menurunkan suhu demam pada tubuh anak. Jika ingin rasanya lebih enak dan disukai oleh anak bisa tambahkan madu sebagai pemanis.

Jika demam pada putra putri ana tidak kunjung turun dalam kurun waktu satu minggu lebih, ataupun panas  dalam tubuhnya sangat tinggi, maka alangkah baiknya bunda segera membawa sang buah hati diperiksa ke dokter anak. Untuk menghindari terjadinya kejang (step) ataupun gejala tifus, dan demam berdarah.

Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel