15 Cara Membersihkan Karang Gigi di Rumah Dengan Bahan Alami

15 Cara Membersihkan Karang Gigi di Rumah Dengan Bahan Alami
Cara Membersihkan Karang Gigi di Rumah
Gamatips.com – Pada dasarnya terbentuk karang gigi akan membuat penampilan dari gigi menjadi tidak bersih. Selain itu masalah gigi yang tidak bersih ini sering membuat orang-orang lebih tidak percaya diri dengan penampilannya dan ini juga membuat kebanyakan orang lebih malas untuk tersenyum di depan orang lain.


Dalam kedokteran karang gigi itu di sebut dengan kalkulus yang berbeda dengan plak gigi. Untuk plak gigi ini biasanya di sebut dengan nama jigong, dimana jigong ini adalah sebuah lapisan tipis, lengket serta tidak berwarna yang menempel pada permukaan gigi. Oleh sebab itulah karang gigi dan plak gigi itu berbeda serta cara untuk mengatasinya juga ikut berbeda.

Apa Itu Karang Gigi?

Karang gigi atau biasanya di sebut dengan nama Detal Calculus merupakan salah satu masalah gigi yang pada umumnya terjadi pada semua orang. Karang gigi sendiri terbentuk karena adanya penumpukan plak yang di hasilkan dari endapan sisa-sisa makanan yang memiliki kandungan bakteri. Semakin hari jika plak gigi yang menempel itu tidak di bersihkan maka akan berubah menjadi karang gigi.

Waktu yang di perlukan karang gig ini untuk terbentuk adalah sekitar 2 minggu, namun beberapa kasus karang gigi bisa terbentuk lebih cepat atu bisa juga lebih lama tergantung kadar pH air liur yang dimiliki oleh orang itu sendiri.

Apabila karang gigi tersebut tidak segera di bersihkan maka hal ini akan membuat plak gigi lebih mudah untuk melekat pada gigi dan ini juga akan membuat krang gigi sangat mudah untuk terbentuk yang lama-kelamaan akan menjadi rumah bagi bakteri yang berbahaya bagi kesehatan. Sebenarnya plak gigi itu dapat kita bersihkan dirumah dengan cara menyikat gigi secara rutin setiap hari. Tapi apakah karang gigi bisa di bersihkan dengan cara tersebut?

Cara Mencegah Karang Gigi Di Rumah

Tentunya mencegah karang gigi akan lebih mudah untuk kita lakukan di rumah dibandingkan dengan cara menghilangkan karang gigi. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terbentuknya karang gigi:

1. Mencegah karang gigi dengan menyikat gigi secara teratur

Seperti yang sudah di jelaskan di atas kalau karang gigi ini dapat terbentuk dari tumpukan plak dari sisa-sisa makanan yang tidak di bersihkan dengan baik dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itulah cara agar karang gigi ini tidak mudah terbentuk maka kamu wajib untuk menyikat gigi secara rutin, minimal 2 kali dalam sehari saat pagi dan juga malam hari sebelum kamu tidur.

2. Mencegah karang gigi dengan obat kumur

Setelah kamu selesai menyikat gigi secara rutin, kamu juga bisa berkumur dengan memakai obat kumur yang mengandung antiseptik secara rutin. Karena obat kumur yang mengandung antiseptik akan lebih efektif dalam mencegah terbentuknya karang pada gigi.

3. Mencegah karang gigi dengan mengurangi makanan yang mengandung gula

Perlu kamu ketahui kalau bakteri itu sangat suka hidup pada makanan yang mempunyai kandungan gula cukup tinggi. Oleh sebab itulah kamu wajib untuk mengurangi atau menghindari jenis-jenis makanan yang memiliki kandungan gula tinggi seperti permen dan coklat.

4. Mencegah karang gigi dengan berhenti merokok

Rokok juga bisa menjadi pemicu terbentuknya karang pada gigi, hal ini karena di dalam rokok itu mempunyai kandungan zat kimia yang akan membuat gigi lebih mudah berkarang. Maka dari itulah sebaiknya kamu hindari untuk merokok agar bisa terhindar dari malah karang gigi.
15 Cara Membersihkan Karang Gigi di Rumah Dengan Bahan Alami
Cara Membersihkan Karang Gigi di Rumah

Cara Membersihkan Karang Gigi DI Rumah

Membersihkan karang gigi tidaklah semudah membersihkan plak pada gigi. Namun kamu tidak perlu khawatir, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan di rumah untuk menghilangkan karang gigi:

1. Membersihkan karang gigi dengan baking soda

Cara menghilangkan karang gigi yang pertama adalah dengan baking soda. Ini karena baking soda mempunyai kandungan zat antibakteri yang bisa mencegah berkembagnya bakteri yang turun ambil alih dalam pembetukan karang gigi.

Caranya juga sangat mudah untuk kamu lakukan di rumah, siapkan 1 sendok makan baking soda dengan ditambahkan sedikit garam. Aduk kedua bahan tadi sampai merata. Setelah itu gosokan pasta tersebut keseluruh bagian gigi dan diamkan beberapa menit, setelah itu kumur-kumur dengan menggunakan air. Lakukan cara tersebut secara rutin sekitar 1 minggu sekali agar hasilnya lebih maksimal.

2. Membersihkan karang gigi dengan buah stoberi

Buah stroberi juga mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan kandungan vitamin C tersebut juga sangat efektif dalam menghilangkan karang pada gigi. Namun proses yang satu ini tidaklah singkat karena untuk hasil yang maksimal kamu wajib mengkonsumsi ataupun mengoleskan buah stroberi kebagian gigi secara teratur.

3. Membersihkan karang gigi dengan biji asam kawak

Mungkin cara yang selanjutnya ini masih sedikit orang yang mengetahuinya. Dimana kita dapat menghilangkan secara perlahan karang gigi yang membandel dengan biji asam kawak. Kamu bisa mencoba untuk mengunyah biji asam kawak sampai bijinya hancur atau memblendernya dan jika sudah melumat kamu bisa langsung menggosokan keseluruh bagian gigi sampai merata.

4. Membersihkan karang gigi dengan jus lemon

Jus lemon ternyata juga di percaya ampuh untuk mengatasi masalah karang gigi hitam yang susah untuk diatasi. Ini juga karena kandungan asam yang ada di dalam lemon mampu menghancurkan secara perlahan karang pada gigi. Kamu bisa menggunakan jus lemon sebagai obat untuk menggosok gigi secara teratur.

5. Membersihkan karang gigi dengan lidah buaya

Manfaat dari lidah buaya sangatlah banyak, salah satunya adalah membersihkan plak dan karang gigi. Cara pemakaiannya juga sangat muda sekali, kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan lidah buaya dengan 4 sendok teh gliserin dan 4 sendok makan baking soda serta 10 tetes minyak esensial lemon.

Campur semua bahan sampai tercampur dengan rata atau sampai menjadi pasta. Jika sudah gosokan bahan tersebut kebagian gigi sampai merata, kamu juga bisa menggunakan sikat gigi yang halus. Agar hasilnya lebih maksimal kamu wajib menggunakannya secara maksimal sekitar 3 kali dalam seminggu.

6. Membersihkan karang gigi dengan kulit jeruk

Setelah selesai makan jeruk sebaiknya kamu jangan buru-buru unuk membuang kulitnya, karena kulit jeruk mampu untuk membersihkan karang gigi. Hal ini karena kandungan asam yang ada pada kulit jeruk mampu menghilangkan secara perlahan karang gigi membandel.

Cara kamu bisa langsung mengoleskan kulit jeruk ke bagian gigi atau kamu bisa membuat pasta dari kulit jeruk dan mengoleskannya ke bagian gigi sampai merata. Lakukan cara tersebut secara rutin sekitar 3-4 kali dalam seminggu.

7. Membersihkan karang gigi dengan cengkeh

Sudah sejak lama masyarakat mengenal manfaat cengkeh untuk sakit gigi. Selain itu kandungan dalam cengkeh juga ternyata memiliki khasiat untuk mengatasi masalah karang gigi.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan serbuk cengkeh dan oleskan keseluruh bagian gigi sampai merata. Diamkan selama 5 menit dan kumur-kumur dengan air sampai bersih. Selain dapat membantu mengatasi karang gigi, cengkeh juga bisa menghilangkan bau mulut.

8. Membersihkan karang gigi dengan biji wijen

Selain digunakan untuk di setiap pembuatan kue mapun makanan, ternyata biji wijen ini juga mempunyai manfaat untuk meringankan masalah karang gigi.

Caranya juga sangat mudah sekali untuk kamu lakukan di rumah. Pertama-tama kamu siapkan terlebih dahulu satu sampai dua sendok makan biji wijen dan haluskan sampai menjadi pasta. Jika sudah gosokan keseluruh bagian gigi sampai merata.

9. Membersihkan karang gigi dengan cuka putih

Didalam cuka putih ternyata terdapat sebuah kandungan asam yang di mana kandungan asam tersebut dapat membantu dalam mencegah kerusakan pada email gigi serta mencegah terbentuknya plak yang menjadi pemicu timbulnya karang gigi.

Cara pemakaiannya kamu bisa menyiapkan 2 sendok makan cuka putih dengan di tambahkan 1 sendok teh garam dan campur meggunakan air hangat. Kamu bisa memakai campuran tersebut sebagai obat kumur secara rutin.

10. Membersihkan karang gigi dengan buah ara

Mengunyah buah ara ternyata dapat bermanfaat untuk merangsang produksi air liur di dalam mulut dan hal ini juga akan otomatis membantu kita dalam mencegah penumpukan plak yang menjadi penyebab timbulnya karang gigi.

11. Membersihkan karang gigi dengan keju

Mungkin manfaat keju untuk mengatasi karang gigi masih sedikit orang yang tahu, karena umumnya keju hanya di gunakan sebagai bahan untuk tambahan di dalam setiap makanan. Dalam sebuah studi yang di lakukan The Student Care Center dari Universitas Chicago ini mengatakan kalau keju jenis swiss dan cheddar ini mampu untuk mencegah terbentuknya karang gigi.

12. Membersihkan karang gigi dengan hydrogen peroksida

Kamu bisa mencampurkan 1 sendok makan antiseptik mouthwash dengan di tambah 3 sendok makan hidrogen peroksida dan aduk sampai rata. Setelah itu kamu bisa memakai ramuan tersebut untuk obat kumur secara rutin, karena larutan tersebut mampu menghancurkan karang gigi secara bertahap.

13. Membersihkan karang gigi dengan arang aktif

Dulu sebelum pasta gigi mulai di produksi, karbon aktif sering di pakai oleh kebanyakan masyarakat untuk membantu dalam membersihkan plak gigi. Kamu bisa mencampurkan ¼ cangkir bubuk arang dengan 3 sendok makan minyak kelapa murni dan jangan lupa juga untuk menambahkan 4 tetes minyak esensial peppermint. Campur semua bahan tersebut sampai rata dan gunakan ramuan tersebut untuk menyikat gigi secara rutin.

Cara Membersihkan Karang Gigi Kedokter

Cara membersihkan karang gigi dengan bahan alami diatas mungkin tidak akan terlihat hanya dalam sekali pemakaian, namun jika kamu melakukannya secara rutin maka tidak menutup kemungkinan kalau karang gigi yang sudah parah sekalipun akan hilang. Namun selain dengan cara alami, membersihkan karang gigi juga bisa kamu lakukan di dokter gigi.

Membersihkan karang gigi di dokter gigi biasanya ada dua jenis teknik, yaitu teknik teknik manual dan teknik ultrasonic. Kedua cara teknik tersebut sangatlah berbeda dan biayanya juga akan berbeda-benda. Lebih jelasnya, berikut ulasan lengkapnya:

1. Teknik manual

Untuk teknik yang pertama ini biasanya akan memerlukan waktu yang lebih lama. Proses dari teknik ini biasanya dilakukan dengan menjangkau bagian gigi di bawah gusi dengan alat dan memakan waktu cukup lama.

2. Teknik ultrasonic

Dalam teknik yang kedua bisanya tidak membutuhkan waktu yang lama krena memanfaatkan getaran degan kecepatan tinggi. Tapi efek samping dari penggunaan alat ini biasanya akan membuat permukaan gigi menjadi lebih kasar.

Pada dasarnya karang gigi ini harus segera di bersihkan dengan teknik scaling gigi dari dokter gigi langsung. Hal ini karena untuk mencegah timbulnya penyakit seperti radang gusi dan periodontitis. Tapi perlu untuk kalian ingat, meski karang gigi itu dapat di bersihkan, bukan berarti kalau kamu tidak perlu untuk menjaga kebersihan gigimu setiap hari. Seperti yang sudah admin singgung di atas tadi kalau mencegah itu lebih baik dari pada mengobati bukan!

Selalu jaga kebersihan gigi seta mulut dengan cara menyikat gigi secara rutin 2 kali dalam sehari. Kamu juga bisa membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi ( flossing ) sebelum kamu mulai menyikat gigi serta minumlah air putih yang cukup dan kurangi makanan yang mengandung gula.

Apa yang Terjadi Jika Karang Gigi Tidak Dibersihkan?

Apabila tidak segera di bersihkan, karang gigi ternyata memiliki efek samping yang dapat membahayakan kesehatan pada mulut dan gigi. Berikut adalah beberapa efek samping dari karang gigi yang wajib untuk kamu ketahui:

1. Radang Gusi

Karang gigi yang tidak segera di bersihkan ternyata dapat membuat gigi mudah terinfeksi. Jika hal ini terjadi maka gusi kamu akan mengeluarkan darah dan juga nanah.

2. Periodontitis

Jika radang gusi sudah mulai menyerang, lama-kelamaan jaringan lunak yang menyangga gigi akan mulai mengalami kerusakan dan ini akan membuat gusi kita mengalami infeksi yang di seut dengan periodontitis. Dimana periodontitis ini merupakan penyakit infeksi dara yang dapat menyerang semua jaringan yang ada di dalam tubuh termasuk juga jantung.

3. Bau Mulut (Halitosis)

Sisa-sisa makanan yang menumpuk dan tidak segera kamu bersihkan ternyata dapat membuat bakteri lebih mudah berkembang biak. Serta bakteri tersebutlah yang nantinya akan membuat bau mulut kamu menjadi tidak sedap di pagi hari.

4. Gigi Berlubang

Perlu kamu ketahui kalau karang gigi dapat memperoduksi asam. Apabila hal tersebut kamu biarka maka hal ini akan membuat lapisan email pada gigi hilang dan gigi akan mengalami pengeroposan serta berlubang.

Jadi janganlah malas untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut kamu dengan rutin menyikat gigi setiap 2 kali dalam sehari pada pagi dan malam hari sebelum kamu tidur. Selain itu jagalah pola makan kamu setiap hari dan hindari untuk makan-makanan yang mengandung gula tinggi karena dapat memicu timbulnya karang gigi.

Baca Juga :
Manfaat air es untuk menurunkan berat badan
Cara mengobati flu singapur pada anak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel