Waspada 5 Bahaya Makan Jeroan Sapi Bagi Ibu Hamil

Waspada 5 Bahaya Makan Jeroan Sapi Bagi Ibu Hamil
Bahaya Makan Jeroan Sapi Bagi Ibu Hamil
Gamatips.com – Jeroan sapi adalah salah satu dari beberapa jenis makanan yang mempunyai cita rasa gurih dan lezat untuk mereka yang menyukainya. Selain lezat dan gurih, jeroan sapi juga dikenal mempunyai khasiatnya dalam mengatasi beberapa jenis penyakit yang umum terjadi pada tubuh manusia.


Tentu manfaat tersebut bisa kita dapatkan dari beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam jeroan sapi tersebut. Namun benarkan ibu hamil tidak boleh makan jeroan sapi? Dikutip dari beberapa situs kesehatan, berikut ini beberapa dampak buruk mengkonsumsi jeroan sapi bagi ibu hamil.

Bahaya Makan Jeroan Sapi Bagi Ibu Hamil

Dampak buruk yang terjadi pada ibu hamil dalam mengkonsumsi jeroan sapi biasanya dikarenakan cara mengolahnya yang tidak bersih. Selain itu mengkonsumsi terlalu banyak atau terlalu sering juga dapat menimbulkan efek samping yang tidak baik untuk tubuh serta kesehatan janin yang di kandung. Berikut ulasannya:

1. Memicu timbulnya sakit pinggang yang parah

Dampak buruk yang pertama dari mengkonsumsi jeroan sapi adalah sakit pinggang. Kandungan yang ada pada jeroan sapi ini dapat memicu terjadinya sakit pinggang pada ibu hamil. Oleh sebab itu bumil sangat tidak di sarankan untuk mengkonsumsi jeroan terlalu sering atau terlalu banyak pada masa kehamilan.

2. Dapat menghambat pertumbuhan janin dalam kandungan

Selain efek buruk di atas tadi, mengkonsumsi jeroan sapi terlalu banyak juga dapat memicu masalah pada kesehatan janin yang sedang di kandung. Hal ini karena jeroan sapi itu memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi.

Maka dari itulah ibu hamil sangat tidak di sarankan sekali untuk mengkonsumsi jeroan sapi terlalu sering karena dapat mempengaruhi pertumbuhan janin yang ada di dalam perut.
Waspada 5 Bahaya Makan Jeroan Sapi Bagi Ibu Hamil
Bahaya Makan Jeroan Sapi Bagi Ibu Hamil

3. Memicu meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh

Mungkin rasa lezat serta gurih yang ada pada olahan jeroan ayam ini sering membuat ibu hamil tergoda untuk mengkonsumsinya. Jika sudah begitu, ibu hamil pasti akan lupa untuk membatasi jumlah aman dalam mengkonsumsi jeroan.

Jika terpaksa, ibu hamil masih boleh mengkonsumsi jeroan sapi namun hindari untuk mengkonsumsi bagian usus, otak dan hatinya. Hal ini karena dalam usus, otak dan hati sapi ini memiliki kandungan zat-zat yang sangat berbahaya bagi kesehatan apabila di konsumsi secara berlebihan.

4. Dapat memicu bayi lahir cacat

Perlu bunda ketahui kalau dalam jeroan sapi itu terdapat kandungan vitamin A yang sangat tinggi dan apabila di konsumsi dalam jumlah banyak atau sering dapat menimbulkan beberapa masalah pada kesehatan seperti mual, sakit kepala dan kerusakan pada hati.

Memang ibu hamil itu wajib untuk memenuhi asupan makanan sehat setiap hari yang mengandung vitamin A. Tapi kandungan vitamin A yang sangat tinggi dalam jeroan sapi justru dapat berdampak buruk bagi janin dan memicu bayi cacat lahir.

Baca Juga:
  1. Manfaat buah rambutan untuk ibu hamil
  2. Cara mengobati batuk dan pilek pada ibu hamil

5. Sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan janin

Tentu setiap makanan itu pasti memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. Begitu juga dengan jeroan sapi, selain memiliki manfaat bagi kesehatan, jeroan sapi juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang di kandungnya.

Oleh sebab itulah ibu hamil harus lebih teliti lagi dalam memilih jenis makanan yang akan iya konsumsi setiap hari. Karena tidak semua makanan itu baik untuk di konsumsi setiap hari oleh ibu hamil.

Apabila ada gejala seperti mual-mual, muntah, kepala pusing dan rasa ngilu pada bagian pinggang, maka ini ada gejala awal dari masalah yang lebih serius dari mengkonsumsi jeroan sapi. Oleh karena itu segeralah memeriksakan ke dokter kandungan, agar bisa mendapatkan penanganan yang benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel