9 Manfaat Masker Mentimun Untuk Kulit Wajah

9 Manfaat Masker Mentimun Untuk Kulit Wajah
Manfaat Masker Mentimun Untuk Kulit
Gamatipis.com – Bagi sebagian wanita beranggapan kalau cantik itu mahal. Memang benar kalau cantik itu mahal, namun jika kita melihat perawatan kecantikan saat ini. Namun berbeda jika kita melakukan perawatan kecantikan dengan bahan alami dari alam. Salah satunya adalah masker mentimun.


Mungkin masker dari mentimun terlihat sepele, tapi jika kamu sudah mencobanya pasti akan tahu hasil dari masker mentimun dalam merawat kecantikan kulit. Tapi sebelum kita mencari tahu bagaimana cara yang benar dalam merawat kulit dengan masker mentimun, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu tentang kandungan apa saja yang ada dalam mentimun. Berikut ulasan lengkapnya.

Kandungan Dalam Mentimun

Mentimun tidak hanya kaya akan kandungan air, tapi mentimun juga kaya akan kandungan vitamin serta mineral. Kandungan tersebut tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh tapi juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Apa saja itu? Berikut penjelasannya:
  • Energi 15 Kcal <1%
  • Karbohidrat 3,63 g 3%
  • Protein 0,65 g 1%
  • Total Lemak 0.11 g 0.5%
  • Kolesterol 0 mg 0%
  • Diet Serat 0,5 g 1%
  • Folat 7 mg 2%
  • Niacin 0.098 mg <1%
  • Asam pantotenat 0.259 mg 5%
  • Pyridoxine 0.040 mg 3%
  • Riboflavin 0,033 mg 3%
  • Thiamin 0,027 mg 2%
  • Vitamin A 105 IU 3,5%
  • Vitamin C 2,8 mg 4,5%
  • Vitamin E 0,03 mg 0%
  • Vitamin K 16,4 mg 13,6%
  • Kalsium 16 mg 1,6%
  • Besi 0,28 mg 3,5%
  • Magnesium 13 mg 3%
  • Mangan 0,079 mg 3,5%
  • Fosfor 24 mg 3%
  • Seng 0,20 mg 2%

Manfaat Mentimun Untuk Kulit

Seperti yang sudah di jelaskan diatas tadi kalau mentimun itu kaya akan kandungan vitamin dan mineralnya yang tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga baik untuk kecantikan kulit. Berikut beberapa manfaat mentimun untuk kecantikan kulit:

1. Bermanfaat untuk meremajakan kulit

Seperti yang sudah kita ketahui tadi kalau mentimun kaya akan kandungan air dan kandungan air tersebut di percaya mampu untuk menghidrasi dan meremajakan kulit seperti baru lagi. Selain itu mentimun juga baik untuk mengatasi kulit yang kusam akibat sinar matahari dan polusi.
Selain itu masker mentimun juga mampu untuk membuat kulit wajah menjadi lebih segar. Hal ini karena kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah mentimun.

2. Mengurangi bintik-bintik hitam pada kulit

Tentunya setiap wanita pasti tidak ingin kalau kulitnya di tumbuhi oleh bintik-bintik berwarna hitam, sebab ini dapat mempengaruhi kecantikan dan percaya dirinya. Namun kamu tidak usah khawatir dengan masalah tersebut, karena ada cara yang sederhana yang dapat mengatasi bintik-bintik hitam di kulit wajah.

Caranya dengan menggunakan mentimun. Yah, kamu dapat memakai masker yang di buat dari buah mentimun sebagai masker untuk kulit wajah. Agar hasilnya maksimal, kamu bisa menerapkannya secara rutin.

3. Menghilangkan jerawat pada kulit

Untuk kamu yang sedang galau atau sedang risau dengan wajah yang berjerawat bisa memakai masker dari buah mentimun. Meski penggunaan masker mentimun tidak terlalu baik dalam mengatasi masalah jerawat secara permanen, namun masker mentimun tidak memiliki efek samping berbahaya bgi kesehatan.

Namun kandungan dalam masker buah mentimun ini dapat membantu meregenerasi kulit, di mana kulit yang sudah mati akan digantikan oleh kulit yang lebih baru. Jika kamu memakainya secara rutin, tidak menutup kemungkinan kalau jerawat yang ada pada kulit wajah kamu akan hilang secara perlahan-lahan.

4. Mengatasi minyak berlebih pada kulit

Kandungan yang ada di dalam mentimun tidak hanya mampu untuk membantu meregenerasi kulit , namun juga mampu untuk mengatasi minyak berlebih pada kulit wajah. Namun untuk manfaat yang satu ini tergantung dari kondisi kulit masing-masing orang dan tidak akan terlihat ketika pemakaian pertama.

Cara membuatnya juga cukup mudah, kamu hanya tinggal menyiapkan beberapa buah mentimun yang sudah di kupas dan haluskan menggunakan blender. Setela halus, jangan lupa untuk menambahkan satu sendok yoghurt dan aduk sampai merata. Jika sudah, kamu bisa langsung mengaplikasikannya ke bagian kulit wajah sampai merata. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih.

5. Menjaga kelembaban kulit

Penggunaan masker mentimun secara rutin tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi masalah minyak berlebih da jerawat pada kulit wajah, tapi ternyata juga mampu untuk menjaga kelembaban kulit kita. Ini karena dalam mentimun terdapat kandungan mineral dan vitamin yang cukup lengkap.

Dalam pembuatannya juga tergolong mudah dan hampir sama dengan cara diatas, kamu hanya perlu mengaluskan beberapa buah mentimun dengan di tambahkan satu sendok madu, yohgurt dan juga oatmeal. Setelah menjadi seperti pasta, kamu bisa mengaplikasikannya ke bagian kulit wajah sampai merata dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

6. Mencegah iritasi pada kulit

Masker mentimun juga ternyata ampuh untuk mengatasi atau meredakan masalah iritasi serta pembengkakan yang terjadi pada kulit. Sama seperti tadi, kamu bisa memakai buah mentimun yang sudah dihaluskan atau bisa juga memakai air dari buah mentimun.

7. Menghilangkan kantung mata

Pastinya lingkaran mata yang muncul itu akan membuat kita menjadi lebih tidak percaya diri. Selain bisa kita tutupi dengan memakai make up, lingkaran mata hitam ini juga bisa kita samarkan dengan memakai masker mentimun.

Sebab dalam mentimun itu terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan kandungan inilah yang dapat membuat kulit wajah kita menjadi lebih halus dan bersih dari noda-noda hitam. Namun agar hasilnya menjadi lebih maksimal, maka kamu wajib untuk menggunakannya secara rutin.

8. Membantu dalam memperbaiki kulit yang rusak

Selain beberapa manfaat diatas, pemakaian masker dari mentimun ini juga mampu untuk membantu dalam memperbaiki kulit yang rusak atau meregenerasi kulit. Caranya juga sama seperti cara-cara yang diatas tadi, kamu bisa memakai mentimun yang dihaluskan dengan di tambahkan madu dan yoghurt sebagai masker untuk kulit wajah secara rutin.

9. Membuat kulit segar kembali

Seperti yang sudah di jelaskan diatas tadi, kalau mentimun itu kaya akan kandungan mineral di dalamnya. Maka dari itulah masker mentimun ini juga mampu untuk membuat kulit kita menjadi lebih segar kembali. Manfaat ini juga baik untuk kamu yang mempunyai rutinitas di luar ruangan seharian.

Baca Juga :

Tips Membuat Masker Mentimun Tanpa Campuran

Seperti yang sudah kita ketahui diatas tadi kalau mentimun itu mempunyai banyak sekali manfaat untuk kecantikan kulit. Penggunaan dari masker mentimun ini sebenarnya bertujuan untuk merelaksasi serta menyegarkan kulit, terutama untuk kulit wajah. Penggunaan masker yang terbuat dari mentimun ini juga sangat aman dan tidak ada efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Membuat masker mentimun tanpa campuran dapat memberikan manfaat yang cukup baik untuk kecantikan kulit, namun agar hasilnya lebih baik kamu juga bisa menambahkan beberapa bahan-bahan lain kedalam masker mentimun yang kamu buat seperti madu, yoghurt, oatmeal dan lainnya.

Cara membuat masker mentimun sangatlah mudah, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa buah mentimun yang masih segar. Lalu haluskan mentimun tersebut sampai menjadi bubur, kemudian gunakan sebagai masker untuk kulit wajah.  Agar hasilnya lebih maksimal, kamu wajib menerapkannya secara rutin setiap hari.
9 Manfaat Masker Mentimun Untuk Kulit Wajah
Manfaat Masker Mentimun Untuk Kulit

Tips Membuat Masker Mentimun Dengan Campuran

Membuat masker mentimun dengan menambahkan bahan-bahan lain ini bertujuan untuk mengoptimalkan manfaat yang bisa kita dapatkan dari masker itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa bahan yang bagus untuk menjadi campuran dalam membuat masker mentimun:

1. Masker mentimun dengan yoghurt

Seperti yang sudah kita ketahui kalau yoghurt sendiri sering di gunakan dalam menu diet, sebab yoghurt sendiri merupakan makanan yang baik untuk pencernaan. Namun tidak hanya itu saja, yoghurt juga bagus untuk di jadikan bahan campuran dalam membuat masker mentimun.
Kandungan yang terdapat dalam yoghurt ini bagus untuk mengencangkan kulit serta mencegah munculnya garis-garis halus pada kulit wajah. Jadi, kamu dapat membuat masker mentimun dengan yoghurt secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

2. Masker mentimun dengan lemon

Kandungan yang ada di dalam buah lemon tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh manusia, tapi juga bagus untuk merawat kecantikan kulit. Hal ini karena buah lemon memiliki kandungan antibakterial serta antioksidan yang mampu menjaga agar kulit kita tetap sehat.

Kedua kandungan tersebut juga sangat berkhasiat dalam mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Untuk pembuatannya juga tergolong mudah, kamu dapat menyiapkan beberapa buah mentimun yang dihaluskan dengan di tambahkan sedikit air perasan dari buah lemon.

Setelah kedua bahan tersebut tercampur dengan rata, kamu dapat langsung mengaplikasikannya ke bagian kulit wajah sampai merata. Jika sudah, diamkan terlebih dahulu selama 15 sampai 20 menit baru bilas dengan air bersih. Gunakan masker tersebut 3 kali dalam seminggu agar hasilnya lebih maksimal.

3. Masker mentimun dengan madu

Manfaat dari masker mentimun akan menjadi lebih maksimal lagi apabila kamu menambahkannya dengan campuran madu alami. Hal ini karena madu alami mempunyai kandungan yang sangat baik untuk merawat kecantikan kulit seperti mengencangkan kulit, mengangkat sel kulit mati, mencegah jerawat dan iritasi.

Untuk membuat masker tersebut juga tergolong gampang, kamu hanya perlu menyiapkan 2 buah mentimun sedang yang masih segar, lalu haluskan sampai menjadi bubur dan tambahkan 3 sendok makan madu. Aduk semua bahan tadi sampai benar-benar tercampur rata, setelah itu oleska kebagian kulit wajah sampai merata. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih.

4. Masker mentimun dengan putih telur

Memakai masker dari mentimun yang di campur dengan putih telur ternyata mampu memberikan khasiat yang lebih baik untuk merawat kesehatan kulit. Hal ini juga karena kandungan protein yang ada di dalam telur mampu mencegah kerusakan pada kulit, terutama untuk kulit wajah.

Cara pembuatannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa buah mentimun yang dihaluskan dan 2 butir telur yang sudah di pisahkan kuningnya. Campur kedua bahan tersebut sampai rata, setelah itu gunakan sebagai masker untuk kulit wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air sampai bersih. Lakukan cara ini secara rutin, yakni 3 kali dalam seminggu.

5. Masker mentimun dengan oatmeal

Oatmeal tidak hanya sebagai bahan makanan yang bagus untuk kesehatan dan diet, namun ternyata juga bagus untuk merawat kecantikan kulit. Kamu bisa menambahkan 2 sampai 3 sendok makan oatmeal kedalam masker mentimun. Campur kedua bahan tersebut dengan blender agar hasilnya lebih halus.

Setelah bahan tersebut halus, kamu bisa langsung mengaplikasikannya ke seluruh bagian kulit wajah sampai merata. Tunggu sampai 20 menit dan setelah itu bilas dengan air sampai bersih. Lakukan cara tersebut secara rutin agar hasilnya bisa lebih maksimal lagi.

6. Masker mentimun dengan alpukat serta susu tawar

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang mengandung banyak lemak. Kandungan lemak dalam buah alpukat ini mampu untuk mencegah kulit wajah kering karena dehidrasi ataupun sinar matahari. Agar manfaat alpukat menjadi lebih maksimal, kamu dapat menambahkan beberapa potong buah mentimun.

Ini karena buah mentimun mempunyai kandungan mineral serta vitamin yang bagus untuk kecantikan. Maka dari itu, mencampurkan kedua bahan ini akan menghasilka masker wajah yang bagus dan lebih berkualitas. Kamu juga bisa menggunakan masker tersebut secara rutin, yakni 3 sampai 4 kali dalam sehari.

7. Masker mentimun dengan air mawar

Sejak dari dulu air mawar di percaya mampu untuk merawat kecantikan kulit dan menjaga agar kulit tetap awet muda. Oleh sebab itu kamu juga bisa memilih untuk membuat masker dari mentimun dengan air mawar.

Cara untuk membuatnya juga sangat mudah dan hampir sama dengan cara-cara yang diatas tadi. Kamu dapat menyiapkan 3 sampai 4 sendok makan air mawar yang di tambahkan kedalam mentimun yang sudah dialuskan. Gunakan ramuan tersebut sebagai masker untuk kulit wajah secara rutin agar hasilnya bisa lebih maksimal.

8. Masker mentimun dengan jeruk nipis

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya kalau jeruk nipis bermanfaat untuk mengembalikan kesehatan kulit kita yang rusak. Sebab dalam jeruk nipis terdapat kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga membuat jeruk nipis sangat baik untuk dijadikan bahan tambahan dalam membuat masker mentimun.

Dalam pembuatannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan sebuah mentimun yang sudah di parut. Haluskan mentimun tadi dengan blender dan jangan lupa juga untuk menambahkan air perasan jeruk nipis. Jika kedua bahan tadi sudah tercampur dengan rata, maka kamu bisa langsung mengoleskannya ke bagian kulit wajah sampai merata. Tunggu beberapa menit saja, kemudian bersihkan dengan air dingin.

9. Masker mentimun dengan tomat

Tomat tidak hanya bagus untuk di jadikan sebagai tambahan dalam membuat masakan tapi tomat ternyata juga bagus untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan masker untuk kulit wajah. Sebab kandungan dalam tomat mampu memberikan manfaat untuk menjaga kelembaban kulit wajah dan membersihkan kotoran yang menempel pada pori-pori kulit.

Kamu bisa menyediakan beberapa buah tomat dan mentimun yang masih segar. Haluskan kedua bahan tadi sampai menjadi seperti pasta. Setelah itu aplikasikan langsung kebagian kulit wajah sampai merata dan tunggu sampai 20 menit. Jika sudah, bersihkan dengan air sampai bersih dan lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih baik..

Perlu kalian ingat juga kalau berbagai masker dari mentimun diatas tidak akan memperoleh hasil yang maksimal apabila tidak kamu barengi dengan pola hidup bersih dan sehat.

Meski kondisi ini sangat jarang terjadi, sebagian orang mungkin ada yang mengalami alergi pada saat menggunakan masker mentimun. Apabila pada saat kamu memakai masker mentimun pada kulit, jika gejala-gejala alergi seperti bengkak pada kulit, gatal-gatal dan iritasi muncul maka sebaiknya segeralah untuk memeriksakannya ke dokter dan hentikan peggunaan masker mentimun tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel