17 Manfaat Minyak Argan Yang Sudah Teruji

17 Manfaat Minyak Argan Yang Sudah Teruji
Manfaat Minyak Argan Yang Sudah Teruji
Gamatips.com - Tahukah kamu, kalau minyak argan ini sudah banyak digunakan untuk produk-produk kecantikan dan kesehatan hampir di seluruh dunia. Ini dikarenakan minyak argan mempunyai banyak sekali kandungan didalamnya yang sangatlah bermanfaat dalam bidang kesehatan serta yang paling utama adalah kecantikan.


Di Indonesia sendiri juga sudah mulai banyak orang yang memanfaatkan minyak argan sebagai bahan alami untuk merawat kecantikan kulit dan kuku. Minyak argan sendiri dihasilkan dari pohon argan yang hanya dapat kamu temukan di Maroko dan Afrikan. Perlu kalian ketahui juga kalau pohon ini baru akan mulai berbuah setelah usia pohon mencapai 30 tahun lebih.

Oleh sebab itulah minyak argan ini merupakan minyak emas, karena proses pembuatannya yang sulit serta manfaat yang dimilikinya sangatlah banyak dan beragam. Serta harga minyak argan yang asli di Indonesia juga tergolong masih mahal, jadi jika kamu ingin menggunakan minyak tersebut maka siapkan uang lebih untuk membelinya.

Manfaat Minyak Argan

Minyak argan memang sudah sangat lama sekali dikenal serta dimanfaatkan oleh masyarakat Afrika sebagai obat alami bagi para wanita di sana. Di bawah ini ada beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh jika kamu menggunakan minyak argan:

Manfaat Minyak Argan Untuk Kesehatan

1. Manfaat minyak argan untuk melawan serangan radikal bebas

Perlu kalian ketahui kalau minyak argan memiliki kandungan antioksidan alami yang di mana hal ini membuat minyak argan mampu untuk menjaga kesehatan rambut, kulit dan kuku dari kerusakan karena radikal bebas.

2. Manfaat minyak argan untuk mengatasi benjolan setelah bercukur

Biasanya benjolan-benjolan kecil yang muncul di permukaan kulit setelah selesai memakai pisau cukur tentu akan mambuat kita merasa tidak nyaman dan bisa juga terasa sakit ketika di pegang. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menggunakan minyak argan, karena kandungan dalam minyak argan mampu untuk mengatasi benjolan tersebut dengan sempurna.

3. Manfaat minyak argan untuk rematik

Banyak peneliti yang mengatakan kalau minyak argan mempunyai manfaat untuk mengatasi masalah rematik. Sebab kandungan flavonoid yang ada di dalam minyak argan ini ternyata mempunyai sebuah khasiat sebagai anti-inflamasi alami yang cukup kuat serta sangat efektif dalam menyembuhkan masalah rematik.

4. Manfaat minyak argan untuk menurunkan kolesterol

Minyak argan juga bisa kamu gunakan sebagai pengganti minyak goreng, karena minyak argan memiliki manfaat yang baik untuk membantu menurunkan berat badan dan sangat cocok untuk kamu yang sedang diet. Manfaat ini bisa kamu peroleh dari kandungan unik sterol nabati yang ada di dalam minyak argan.

5. Manfaat minyak argan untuk melawan kanker

Ada sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan kalau minyak argan itu mempunyai khasiat untuk mengatasi masalah kanker kulit dengan efektif. Hal tersebut dikarenakan kandungan antioksidan yang sangat tinggi di dalam minyak argan.

Selain 5 manfaat minyak argan untuk kesehatan diatas tadi, kamu juga masih bisa melihat manfaat minyak argan bagi kesehatan tubuh lainnya.
17 Manfaat Minyak Argan Yang Sudah Teruji
Manfaat Minyak Argan Yang Sudah Teruji

Manfaat Minyak Argan Untuk Kecantikan

1. Manfaat minyak argan untuk mengatasi rambut kering

Minyak argan merupakan salah satu minyak yang kaya akan kandungan vitamin E dan kandungan nutrisi lainnya. Hal tersebut membuat minyak argan merupakan conditioner alami yang sangat tepat sekali untuk mengatasi masalah rambut yang kering. Kamu bisa memakai minyak argan ini dengan cara menuangkannya ke tangan sambil mengosok-gosokan lalu usapkan kebagian rambut yang kering secara rutin.

2. Manfaat minyak argan untuk merawat kecantikan kuku

Selain mengatasi rambut yang kering, kandungan vitamin E yang ada di dalam minyak argan juga bermanfaat untuk membuat kuku tangan tetap sehat dan berkilau alami. Kamu bisa memakai minyak argan ini dengan cara menuangkan beberapa tetes minyak argan pada jari, setelah itu oleskan sambil pijat pada area kuku serta jari kamu selama kurang lebih 10 menit saja setiap hari.

3. Manfaat minyak argan untuk melembabkan kulit wajah

Bagi kamu yang mempunyai kulit wajah yang kering serta sering mengalami kulit pecah-pecah maka minyak argan dapat membantu kamu untuk mengatasi masalah tersebut. Ini karena minyak argan adalah bahan alami untuk menjaga kelembaban kulit secara alami dan membuat kulit terasa lebih lembut.

4. Manfaat minyak argan untuk menjaga bibir tetap lembab

Tidak hanya mampu membuat kulit wajah tetap lembab, minyak argan juga berkhasiat untuk menjaga agar bibir kamu tetap sehat dan lembab. Hal tersebut karena kandungan vitamin E dalam minyak argan akan membantu untuk menjaga kelembaban bibir kamu dan menjauhkan dari yang namanya bibir kering.

5. Manfaat minyak argan untuk menghilangkan jerawat

Ada sebuah peneliti yang menemukan kalau kandungan dalam minyak argan ini mampu untuk mengurangi produksi sabun pada orang yang mempunyai jenis kulit yang berminyak. Ini karena kandungan asam linoleat yang ada dalam minyak argan mampu untuk membantu mencegah timbulnya jerawat dan terjadinya peradangan pada jerawat.

Tapi tidak hanya sampai disitu saja, karena masih ada manfaat minyak argan yang wajib untuk kamu ketahui dan kamu bisa mengetahui secara lengkap mengenai manfaat minyak argan untuk kecantikan kulit secara alami pada artikel sebelumnya.

Cara Menggunakan Minyak Argan yang Benar

Ada beberapa hal yang wajib untuk kamu perhatian sebelum kamu menggunakan minyak argan untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut beberapa hal yang wajib untuk kamu ketahui terlebih dahulu:
  1. Hindari untuk membeli minyak argan apabila kemasan minyak argan menggunakan kemasan dari botol plastik bening atau warna plastik lainnya. Karena minyak dalam kemasan ini tidak 100% murni dan bisa saja sudah dicampur dengan bahan-bahan lain.
  2. Ingat kalau minyak argan yang murni itu tidak bening dan biasanya tampak sedikit berawan dengan adanya beberapa sedimen pada bagian bawahnya.
  3. Usahakan untuk menyimpan minyak argan dengan botol yang kuat dan tahan karat untuk mencegah kerusakan pada kualitas minyak argan.
  4. Walaupun minyak argan sendiri sudah dikatakan aman untuk semua kulit, tapi ada beberapa kasus minyak argan memicu munculnya alergi.
  5. Jangan pernah memakai minyak argan pada luka yang terbuka, karena minyak argan bukan obat untuk pengganti medis.
  6. Belilah minyak argan yang murni, karena beberapa kasus minyak argan yang tidak murni itu menimbulkan reaksi alergi pada kulit.
  7. Jika menggunakan minyak argan untuk memasak, maka sebaiknya gunakan untuk memasak cepat jangan digunakan untuk memasak dengan waktu lama.
Mungkin itu saja beberapa ulasan yang bisa admin rangkumkan kali ini mengenai beberapa manfaat minyak argan yang sudah teruji, semoga ulasan di atas bisa bermanfaat untuk kalian semuanya.

Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel