7 Fakta Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

7 Fakta Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Menurunkan Berat Badan
Fakta Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet
Gamatips.com – Tentu saat ini sudah ada banyak sekali cara dalam menurunkan berat badan, mulai dari cara yang sederhana sampai dengan cara yang ekstrim. Namun salah satu cara yang paling sederhana adalah diet jeruk nipis. Memangnya bisa? Tentu saja bisa, hal ini karena di dalam jeruk nipis itu terdapat kandungan yang dapat membantu menurunkan berat badan.


Diet dengan jeruk nipis ini juga sudah di gemari oleh banyak kalangan masyarakat, terutama bagi kaum wanita yang ingin mempunyai berat bada ideal. Lalu bagaimana cara menurunkan berat badan dengan jeruk nipis yang benar? Berikut penjelasannya:

Kandungan Nutrisi Dalam Jeruk Nipis

Sebelum kita beranjak untuk mengetahui tentang cara diet sehat dengan jeruk nipis yang benar, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu kandungan apa saja yang ada di dalam buah jeruk nipis tersebut. Untuk lebih jelasnya kamu bisa menyimak tabel nutrisi jeruk nipis berikut ini:

Tabel kandungan dalam 100 gram jeruk nipis

KandunganJumlah Kandungan
Kalsium40 mg
Fosfor22 mg
Zat Besi1 mg
Vitamin A0 IU
Vitamin B10.04 mg
Vitamin C27 mg
Lemak0.01 gram
Karbohidrat12.3 gram
Kalsium40 mg
Energi37 kkl

Cara Benar Mengkonsumsi Jeruk Nipis

Mungkin kebanyakan dari orang sudah tahu tentang jenis diet dengan jeruk nipis, namun tidak semua orang tahu bagai mana cara membuat air jeruk nipis untuk diet yang benar. Sebab jika kita salah dalam mengolah jeruk nipis maka hasil yang kita dapatkan tidak akan maksimal.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu bagaimana cara yang benar dalam memilih dan memanfaatkan jeruk nipis yang benar maka bisa menyimak ulasannya di bawah ini:

1. Pastikan jeruk nipis sudah matang sempurna

Meski terlihat sepele, namun masih banyak orang yang ternyata masih salam memilih jeruk nipis yang matang sempurna. Mungkin karena kebanyakan dari orang berpendapat kalau memilih jeruk nipis yang masih muda adalah pilihan yang tepat, karena masih terlihat segar. Namun itu sebenarnya salah, sebab jeruk nipis yang matang sempurnalah yang mempunyai nutrisi bagus dalam program diet.

2. Usahakan kondisi lambung kamu sedang dalam keadaan sehat

Sebelum kamu memulai untuk melakukan program diet dengan jeruk nipis, sebaiknya pastikan terlebih dahulu apakah lambung kamu sedang dalam keadaan sehat atau tidak. Sebab jika lambung kamu sedang tidak sehat, maka rasa asam pada jeruk nipis malah akan memperparah kondisi dari lambung kamu.

Dalam beberapa kasus juga pernah terjadi pada seseorang yang ingin melakukan diet dengan buah jeruk nipis mengalami masalah nyeri dan sakit pada bagian perut. Hal ini karena iya terlalu memaksakan diri untuk menggunakan air jeruk nipis dalam program dietnya. Jadi, cari tahu terlebih dahulu kondisi dari lambung kamu sendiri sebelum kamu memulai diet dengan buah jeruk nipis.

3. Buatlah jadwal

Satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan dalam melakukan diet jeruk nipis adalah membuat sebuah jadwal kapan kamu harus mengkonsumsi air jeruk nipis untuk diet. Namun menurut sebuah penelitian untuk memperoleh hasil yang maksimal, sebaiknya mengkonsumsi air jeruk nipis dalam program diet adalah 3 gelas dalam satu hari.

Satu gelas pada pagi hari, siang hari dan satu gelas terakhir pada malam hari sebelum tidur. Lakukan cara tersebut secara rutin untuk memperoleh hasil yang sesuai harapan.
7 Fakta Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Menurunkan Berat Badan
Fakta Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet

Tentunya setiap orang terutama untuk kaum wanita pasti ingin mempunyai berat badan yang ideal. Berbagai cara untuk diet mungkin sudah pernah di lakukan namun belum mendapatkan sebuah hasil yang di inginkan. Seperti halnya diet dengan air jeruk nipis.

Memang sampai saat ini belum ada penelitian yang dilakukan secara pasti dalam mengetahui manfaat air jeruk nipis untuk diet. Tapi dalam beberapa kasus orang yang melakukan diet dengan memperbanyak mengkonsumsi buah sitrus, seperti buah jeruk nipis dan buah lemon mengalami penurunan kadar lemak dalam tubuh yang cukup signifikan dalam 21 hari pemakaian.

Namun efek tersebut ternyata hanya dapat dirasakan sementara saja dan sampai saat ini juga belum ada sebuah penelitian yang menyatakan seberapa efektifkah manfaat jeruk nipis untuk diet dan menjaga berat badan ideal dalam jangka waktu yang lebih lama.

Meskipun belum ada hasil yang signifikan dalam diet, namun kandungan dalam jeruk nipis mempunyai sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebuah kandungan vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis ini mampu untuk menguatkan sistem daya tahan tubuh kita seperti mempercepat penyembuhan flu, mempercepat penyembuhan luka serta mengurangi terjadinya peradangan dalam tubuh.

Tips Diet Jeruk Nipis Yang Tepat

Satu kunci agar diet yang kamu jalani itu sukses adalah menyeimbangkan asupan makanan yang akan kamu konsumsi dengan aktivitas yang kamu lakukan setiap hari. Sebab apabila kamu mengkonsumsi makanan yang lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh tubuh maka energi yang tidak terpakai di dalam tubuh akan di simpan dalam bentuk lemak. Lalu apabila hal tersebut berlangsung lama maka tidak menutup kemungkinan berat badan kamu akan meningkat secara signifkan.

Ada baiknya kamu membatasi atau mengurangi sedikit asupan makanan setiap hari dan menambah porsi olahraga atau meningkatkan aktivitas fisik. Jika hal ini kamu lakukan secara rutin maka berat bada tubuh kamu akan menurun secara perlahan.

Bagi kamu yang ingin tahu lebih jauh mengenai makanan jenis apa saja yang baik dalam program diet sehat setiap hari, maka kamu dapat melihatnya dalam pembahasan sebelumnya tentang daftar makanan sehat untuk menurunkan berat badan berlebih.

Kesimpulannya, manfaat jeruk nipis untuk diet masih belum terbukti ampuh dan masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Meski begitu kamu juga masih boleh untuk mencoba mengkonsumsi air jeruk nipis dalam program diet sehat, namun kamu harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi buah dan makanan sehat lainnya serta olahraga yang cukup.

Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel