Inilah 12 Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Inilah 12 Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui
Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan
Gamatips.com – Indonesia adalah negara yang kaya akan rempah-rempahnya seperti jahe, kunyit, kapulaga dan masih banyak lagi. Untuk pembahasan kali ini admin akan membahas secara tuntas mengenai manfaat kapulaga untuk kesehatan yang mungkin masih jarang orang yang mengetahuinya.


Kapulaga sering dijadikan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan bumbu masakan yang sering di hidangkan di setiap rumah dan tempat makan. Bagi masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan rempah yang satu ini, ya ini adalah kapulaga!

Apa Itu Kapulaga?

Kapulaga sendiri adalah salah satu dari beberapa jenis rempah-rempah yang ada di Indonesia dan kapulaga juga sering di jadikan sebagai bahan tambahan di dalam pembuatan bumbu masakan. Kapulaga sendiri dihasilkan dari biji tanaman kapulaga yang masuk kedalam jenis tanaman Elettaria dan Amomun.

Di Indonesia jenis kapulaga yang paling sering di kenal adalah jenis kapulaga jawa ( Amomum compactum ) dan juga kapulaga india atau dalam bahasa ilmiahnya ( Elettaria cardamomum ). Umumnya buah kapulaga ini memiliki warna merah dengan bentuk bulat tapi untuk kapulaga india biasanya memiliki warna hijau dengan tekstur yang lebih berserat serta bentuk yang lebih lonjong dari kapulaga jawa.

Bentuk dari biji kapulaga jawa dan india juga sangat berbeda, karena biji dari kapulaga jawa mepunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kapulaga india. Tidak hanya itu warna dari biji kapulaga jawa juga lebih pekat dibandingkan dengan kapulaga india yang lebih pudar.

Kandungan Nutrisi Dalam Kapulaga


Tentu manfaat yang di hasilkan oleh kapulaga itu tidak lepas dari ragam kandungan yang ada di dalam kapulaga. Berikut ini ada ragam kandungan yang ada di dalam kapulaga:
  • Energi
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Lemak
  • Serat
  • Niacin
  • Thiamin
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Sodium
  • Potassium
  • Mineral
  • Kalsium
  • Tembaga
  • Zat besi
  • Magnesium
  • seng

Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan


Sama halnya dengan rempah-rempah lainnya seperti jahe dan kunyit, kapulaga dapat digunakan untuk penyedap dalam bumbu masakan. Namun di samping kegunaan kapulaga sebagai bahan tambahan dalam masakan, kapulaga ternyata juga mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

1. Manfaat kapulaga untuk mengatasi nyeri


Manfaat kapulaga yang pertama adalah mengatasi masalah nyeri pada otot. Ini karena kapulaga mempunyai sebuah sifat analgesic yang sangat berkhasiat untuk meredakan rasa nyeri yang terjadi di dalam otot. Selain itu kapulaga juga mempunyai sifat anti-inflamasi yang mampu untuk mencegah peradangan yang mungkin menjadi penyebab rasa nyeri itu muncul.

2. Manfaat kapulaga untuk kesehatan tulang

Manfaat kapulaga yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Hal ini juga karena di dalam kapulaga terdapat kandungan seperti vitamin C, protein dan mangan. Beberapa kandungan tersebutlah yang akan membantu di dalam menjaga kesehatan tulang serta mencegah terjadinya masalah osteoporosis.

3. Manfaat kapulaga untuk kesehatan ginjal

Kandungan dalam kapulaga tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang tapi ternyata juga mampu untuk menjaga kesehatan ginjal. Hal ini karena di dalam kapulaga terdapat sebuah sifat diuretik yang sangat berkhasiat untuk merawat kinerja optimal ginjal dalam menyaring zat-zat berbahaya yang masuk kedalam tubuh.

Tidak hanya itu saja, kandungan dalam kapulaga juga ternyata mampu untuk mencegah terjadinya masalah lain pada ginjal seperti nefritis atau peradangan pada ginjal.

4. Manfaat kapulaga untuk mengobati batuk dan pilek

Ekstrak kapulaga juga sangat bermanfaat untuk memberikan rasa menenangkan dan juga membantu mengencerkan dahak yang ada di dalam tenggorokan. Hal ini juga akan membuat saluran pernafasan menjadi lebih lancar serta kandungan dalam kapulaga juga dapat memberikan efek rasa hangat pada tubuh.

5. Manfaat kapulaga untuk kesehatan mulut dan tenggorokan

Selain bermanfaat untuk meredakan batuk, kandungan dalam kapulaga juga mampu untuk menjaga kesehatan mulut serta tenggorokan. Ini karena kapulaga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan semua masalah yang terjadi di dalam tenggorokan seperti sariawan dan radang tenggorokan.

6. Manfaat kapulaga untuk mengurangi stres

Kapulaga mempunyai sifat antidepresan yang bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati dan mengurangi stres. Dalam beberapa penelitian menunjukkan kalau menghirup aroma dari kapulaga ini ternyata mampu untuk memberikan efek sedatif yaitu efek menenangkan pada otak. Jadi bagi kamu yang mungkin mempunyai suasana hati yang sering berubah-ubah, maka kamu bisa mencoba menggunakan aroma terapi dari kapulaga.

7. Manfaat kapulaga untuk melancarkan sistem pencernaan

Selain manfaat yang diatas, kandungan dalam kapulaga juga mampu untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan di dalam tubuh. Ini karena dalam kapulaga mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi, di mana dalam 1 sendok makan ekstrak kapulaga terdapat kandungan serat sekitar 3 gram. Maka dari itulah kapulaga sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan serta kelancaran sistem pencernaan di dalam tubuh kita.

8. Manfaat kapulaga untuk mencegah infeksi

Manfaat dari kapulaga yang selanjutnya adalah menjaga tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit penyebab infeksi. Hal ini karena dalam kapulaga terdapat sebuah sifat antimikroba yang mampu dalam melawan berbagai macam bakteri, virus dan jamur yang menyerang tubuh.

Oleh sebab itu, mengkonsumsi kapulaga dengan benar itu mampu memberikan manfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Yang secara otomatis membuat tubuh kita terhindar dari masalah kesehatan.

Baca Juga :

9. Manfaat kapulaga untuk menurunkan resiko kanker

Kapulaga juga adalah salah satu obat herbal yang mempunyai kandungan anti-karsinogenik yang cukup tinggi. Kandungan ini mampu memberikan manfaat dalam mencegah perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan kalau seseorang yang mengkonsumsi kapulaga secara rutin dan benar ternyata mengalami penurunan resiko terkena penyakit kanker sekitar 40% di bandingkan dengan orang yang tidak pernah atau jarang mengkonsumsi ektrak kapulaga.

10. Manfaat kapulaga untuk menurunkan kadar kolesterol

Dalam sebuah studi menemukan kalau kapulaga juga mempunyai kandungan mikronutrien yang tergolong tinggi. Kandungan tersebut ternyata sangat berkhasiat dalam membantu tubuh terhindar dari masalah lonjakan lipid.

Tidak hanya itu kandungan antioksidan dalam kapulaga juga ternyata mampu untuk mencegah serta menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh secara signifikan. Namun manfaat ini masih perlu di lakukan penelitian lebih jauh agar bisa mendapatkan informasi yang akurat.

11. Manfaat kapulaga untuk mengeluarkan racun dalam tubuh

Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, kalau dalam kapulaga itu mempunyai manfaat sebagai detoksifikasi tubuh. Hal ini karena kandungan minyak esensial serta biokimia yang ada di dalam kapulaga mampu untuk mengeluarkan racun yang masuk kedalam tubuh manusia.

Selain itu, efek lain yang bisa kita dapatkan adalah mencegah penyakit kanker, tumor dan penuaan dini pada kulit akibat radikal bebas.

12. Manfaat kapulaga untuk merawat kesehatan rambut

Manfaat yang terakhir dari kapulaga adalah menjaga kesehatan rambut. Pada dasarnya, rambut yang tidak sehat ini dapat memicu berbagai masalah seperti rambut rontok, rambut kering dan kebotakan. Tentu kalian tidak ingin mengalami hal tersebut bukan!

Untuk mencegah hal itu terjadi pada kalian, maka gunakanlah ekstrak dari kapulaga sebagai kondisioner untuk rambut kamu secara rutin. Sebab kandungan dalam kapulaga ini mampu memberikan manfaat seperti menguatkan akar rambut, membuat rambut lebih berkilau dan menjaga kelembaban rambut dan kulit kepala.
Inilah 12 Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui
Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan

Cara Penggunaan Kapulaga yang Benar

Pastinya masih sedikit orang yang tahu bagaimana cara yang benar dalam menggunakan kapulaga sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Sebelumnya, kapulaga sangat mudah untuk kita jumpai di setiap toko ataupun pasar-pasar tradisional dan moderen. Kapulaga sering dijual dengan berbagai bentuk seperti kapulaga kering, kapulaga bubuk, suplemen kapulaga, teh kapulaga, minyak kapulaga sampai dengan jamu kapulaga.

Pada dasarnya kamu bisa menggunakan kapulaga sesuai dengan kebutuhan kamu sendiri atau sesuai dengan masalah kesehatan yang sedang kamu alami. Jika kamu mengalami masalah kesehatan seperti nyeri maka kamu dapat memakai minyak dari kapulaga sebagai obat untuk meredakan rasa nyeri tersebut. Sedangkan untuk kalian yang sedang mengalami stres, maka sebaiknya gunakan teh dari kapulaga secara rutin.

Namun sampai saat ini belum ada pemberitahuan secara pasti mengenai berapa dosis yang tepat dalam penggunaan kapulaga sebagai obat. Maka dari itulah kamu wajib untuk berhati-hati di dalam menggunakan kapulaga sebagai obat herbal dalam mengatasi masalah kesehatan. Untuk pemakaian jangka lama, sebaiknya batasi penggunaan kapulaga sebagai obat sekitar 1 sampai 3 kali dalam seminggu.

Dalam pemakaian jangka panjang, kapulaga ternyata mempunyai efek yang buruk bagi kesehatan seperti timbulnya masalah alergi  dan yang paling parahnya adalah komplikasi batu empedu. Untuk itulah kamu sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan obat herbal dari kapulaga atau kamu juga bisa mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter.

Di bawah ini ada beberapa hal yang wajib untuk kamu perhatikan dalam penggunaan obat herbal dari kapulaga:

1. Apabila kamu ingin menggunakan kapulaga yang berbentuk suplemen, maka ada baiknya kamu memperhatikan terlebih dahulu komposisi bahan-bahan yang digunakan untuk membuat suplemen tersebut. Usahakan suplemen tersebut mengandung kapulaga yang murni.

2. Dalam pengobatan menggunakan obat herbal seperti kapulaga sebaiknya tidak di gunakan untuk jangka panjang. Apabila gejala dari penyakit yang sedang kamu alami tidak membaik setelah memakai obat herbal kapulaga selama beberapa hari maka sebaiknya segera hentikan dan konsultasikan dengan dokter.

3. Bagi kamu yang mungkin sedang melakukan sebuah pengobatan lain atau mengkonsumsi obat lain makan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter apabila kamu ingin menggunakan kapulaga sebagai obat pendampingnya.

4. Ada baiknya dalam penggunaan obat herbal seperti kapulaga, sebaiknya kombinasikan dengan pola hidup yang lebih sehat seperti menghindari minuman beralkohol, rokok, menjaga pola makan, pola tidur dan olahraga secara teratur.

Mungkin itu saja sedikit informasi yang bisa admin ragkumkan mengenai manfaat kapulaga untuk kesehatan dan beberapa hal yang wajib kamu perhatikan sebelum mengkonsumsi obat herbal dari kapulaga. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel