9 Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil Tanpa Obat

9 Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil Tanpa Obat
Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Gamatips.com – Bagi setiap wanita pasti akan mengalami sakit pinggang katika hamil dan hal ini juga adalah hal yang sangat wajar untuk terjadi pada setiap bumil. Sebenarnya tidak terlalu berbahaya tapi jika hanya dibiarkan saja, sakit pinggang saat hamil bisa menjadi lebih buruk terhadap kenyamanan bumil sendiri. Dalam beberapa jenis kasus yang terjadi, gejala sakit pinggang ternyata bisa menjadi tanda akan adanya masalah kesehatan lain yang lebih serius lagi.


Dalam sebuah studi, sakit pinggang yang terjadi pada wanita hamil itu karena adanya perubahan pusat gravitasi tubuh karena di sebabkan oleh perkembangan kandungan. Hal ini bunda di haruskan bisa menyesuaikan postur tubuhnya pada saat ingin berdiri ataupun ketika ingin duduk.

Namun tidak hanya itu saja, sakit pinggang pada ibu hamil juga bisa terjadi karena adanya perubahan hormon serta peregangan ligament sebagai bentuk proses alami dari tubuh didalam mempersiapkan waktu bersalin tiba. Peregangan yang terjadi itulah yang akan menyebabkan terjadinya tekanan serta rasa sakit pinggang sebelah kiri dan bagian punggung bawah.

Semakin bertambahnya ukuran janin yang ada di dalam kandungan juga bisa menjadi penyebab timbulnya masalah sakit pinggang, ini karena beban dari janin sendiri akan di topang oleh punggung dan juga pinggang. Namun bunda tidak perlu merasa khawatir karena dibawah ini ada beberapa cara mengatasi sakit pinggang tanpa obat-obatan yang bisa bunda lakukan di rumah.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Sakit pinggang pada ibu hamil 5 bulan lebih sering mengalami sakit pinggang sebeleh kiri dan ini akan membuat terganggunya aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi masalah sakit pinggang yang terjadi, bunda tidak perlu menggunakan obat-obatan yang bisa membahayakan janin yang sedang bunda kandung karena ada cara yang lebih aman untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ulasannya:

1. Usahakan tetap aktif
Bagi wanita hamil memang dianjurkan untuk banyak-banyak beristirahat di rumah, tapi bukan berarti bunda haru diam saja di kamar. Melakukan aktivitas fisik di dalam rumah secara teratur ternyata mempunyai manfaat dalam mengatasi masalah sakit pinggang. Aktivitas fisik yang bunda lakukan seperti senam ibu hamil dan bisa juga berjalan-jalan santai mengelilingi halaman rumah.

2. Pakailah alas kaki yang nyaman
Apabila bunda ingin menggunakan sepatu atau alas kaki lainnya, usahakan pilih yang bisa membuat bunda nyaman atau pilih yang memiliki alas datar. Karena jika bunda ingin berpergian dan menggunakan alas kaki yang memiliki hak tinggi malah akan berdampak buruk dan bunda akan lebih beresiko terkena sakit pinggang. Jadi hindari dulu untuk menggunakan spatu hak tinggi atau lainnya semasih bunda mengandung si kecil tersayang.

3. Selalu jaga agar berat badan tetap ideal
Tidak hanya remaja, ibu hamil juga perlu untuk menjaga berat badan ideal. Ini karena berat badan yang berlebih akan membuat bunda lebih beresiko mengalami sakit pinggang saat hamil. Jadi jagalah selalu pola makan sehat secara teratur agar bisa mencegah naiknya berat badan yang berlebih.
9 Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil Tanpa Obat
Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
4. Lakukan pijat khusus ibu hamil
Apabila bunda ingin melakukan pijat khusus ibu hamil maka sebaiknya bunda cari terapis yang sudah bersertifikat dan berpengalaman untuk membantu meredakan sakit pinggang serta terapis ini akan membuat bunda menjadi lebih rileks. Tapi ada baiknya sebelum bunda melakukan terapi pijat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui kondisi dari tubuh dan janin yang ada dalam kandungan.

5. Hilangkan kebiasaan buruk berdiri dan duduk terlalu lama
Bunda akan lebih beresiko lagi untuk menderita sakit pinggang saat hamil apabila bunda menghabiskan waktu terlalu banyak duduk dan juga berdiri. Hal ini karena menurut studi menyebutkan kalau duduk dan berdiri terlalu lama bisa membuat resiko sakit pada pinggang lebih besar.

6. Usahakan tidur dengan posisi yang benar
Bagi ibu hamil, sebaiknya jika ingin tidur usahakan untuk tidak terlentang karena akan membuat rasa sakit pada perut dan pinggang dan posisi yang baik adalah posisi miring. Bunda bisa menekuk salah satu lutut dan menambahkan bantal di bawahnya.

7. Olahraga secara teratur dan rutin
Walaupun sedang hamil, bunda masih tetap bisa melakukan olahraga ringan secara teratur. Hal ini karena olahraga akan membuat tubuh menjadi lebih lentur dan otot dalam tubuh juga akan lebih kuat. Bunda bisa melakukan olaharag ringan di rumah atau di luar rumah seperti jalan-jalan santai, yoga dan olahraga lainnya yang aman untuk ibu hamil.

8. Hindari mengakat beban yang berat
Untuk wanita hamil sangat tidak di sarankan sekali untuk mengankat dan mengambil benad-benda yang berat karena akan berdampak buruk bagi janin dan tubuh. Apabila bila bunda ingin mengambil atau mengangkat sebuah benda, sebaiknya mintalah bantuan orang lain untuk mengankatnya. Karena selain berdampak tidak baik bagi janin, ini juga bisa memicu bunda mengalami sakit pinggang berkepanjangan.

9. Konsultasikan Dengan Dokter
Apabila bunda mengalami rasa sakit pinggang atau punggung yang parah selama hamil muda atau hamil tua dan rasa nyeri tersebut berlangsung sangat lama dan lebih dari dua minggu maka ada baiknya bunda segera memeriksakannya ke dokter. Karena kemungkinan besar ini adalah sebuah tanda akan adanya masalah yang lebih serius.

Biasanya sakit pinggang saat hamil itu akan reda secara bertahap dengan melakukan perawatan diatas tadi. Tapi apabila dengan cara-cara yang diatas sakit pinggang yang bunda alami tidak kinjung sembuh dan malah bertambah parah maka segeralah memeriksakannya ke dokter. Serta bunda juga sebaiknya lebih berhati-hati lagi jika mengalami sakit pinggang bagian belakang atau bagian bawah tulang rusuk yang disertai dengan rasa mual, demam, maka segeralah ke dokter karena gejala ini merupakan masalah infeksi pada ginjal.

Baca Juga:
  1. Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami
  2. Cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami
  3. Manfaat buah pala untuk kesehatan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel