11 Manfaat Serei Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

11 Manfaat Serei Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Manfaat Serei Untuk Kesehatan
Gamatips.com - Sereh atau serai tidak hanya bisa digunakan sebagai bahan untuk penambah cita rasa di setiap masakan dan minuman namun kandungan dalam sereh juga mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Maka dari itulah sereh juga bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi beberapa jenis penyakit.


Selain itu saat ini ternyata masih tergolong sedikit masyarakat yang mengetahui apa saja manfaat serai dan cara pengolahannya sebagai obat dalam mengatasi beberapa jenis penyakit. Tapi itu semua tidak masalah, karena dalam pembahasan kali ini admin akan menguraikannya secara jelas dan lebih akurat tentunya.

Sebelum kita beranjak kesebuah pembahasan mengenai manfaat dan bagaimana cara mengolah serai dengan benar, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu kandungan apa saja yang ada didalam sereh. Berikut penjelasannya.

Kandungan Nutrisi Serei

Pada umumnya bagian dari tanaman sereh yang sering di manfaatkan adalah bagian batang dan sedikit dari bagian daun sereh itu sendiri. Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari sereh ini tentu tidak lepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Apa saja itu, berikut ulasannya:

Kandungan serai dalam 100 gram

Riboflavin (vitamin B2): 0.135 mg
Thiamin (vitamin B1): 0.065 mg
Vitamin A: 6 mg
Vitamin C: 2.6 mg
Sodium: 6 mg
Kalium: 723 mg
Kalsium: 65 mg
Tembaga: 0.266 mg
Besi: 8.17 mg
Magnesium 60 mg
Mangan: 5.244 mg
Selenium: 0.7 mcg
Zinc: 2.23 mg
Kalori: 99 Kkal
Karbohidrat: 25.31 g
Protein 1.82 g
Lemak: 0.49 g
Asam folat: 75 mcg
Niasin (vitamin B3): 1.101 mg
Piridoksin (vitamin B6): 0.80 mg

Selain kandungan nutrisi yang lengkap dan sangat di butuhkan oleh tubuh kita, perlu kalian ketahui juga kalau sereh juga mempunyai sifat seperti antiinflamasi, antijamur, antibakteri, diuretik, antipiretik, antioksidan dan masih banyak lagi yang lainnya.
11 Manfaat Serei Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Manfaat Serei Untuk Kesehatan

Manfaat Serai Untuk Kesehatan

Apabila kita tadi diatas sudah melihat berbagai macam kandungan nutrisi yang ada di dalam serai maka tidak menutup kemungkinan kalau serai ini mempunyai khasiat yang baik bagi kesehatan. Di bawah ini adalah beberapa manfaat serai bagi kesehatan yang akan kamu rasakan:

1. Manfaat serai untuk mengatasi kecemasan

Serai tidak hanya dapat digunakan dalam sebuah masakan, tapi serai juga bisa dikonsumsi dengan cara memanfaatkan minyak serai sebagai obat aromaterapi dalam mengatasi masalah kecemasan.

2. Manfaat serai untuk mengatur fungsi otot

Kandungan magnesium serta kalium yang ada di dalam serai ternyata mempunyai khasiat untuk mengatur fungsi otot, jantung dan juga saraf di dalam tubuh. Jadi mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung serai akan berdampak baik bagi kesehatan otot.

3. Manfaat serai untuk menurunkan berat badan

Manfaat yang satu ini tentu masih memerlukan penelitian lebih lanjut, di mana teh yang terbuat dari serei ini dikatakan sangat berkhasiat untuk membantu seseorang dalam menurunkan berat badan. Kamu bisa memanfaatkan teh serai ini tapi dalam artian jangan menggunakannya sebagai satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan.

4. Manfaat serai untuk mengatasi masalah gigi berlubang

Perlu kamu ketahui juga kalau mengkonsumsi teh serai ternyata juga dapat mengatasi infeksi dan masalah gigi berlubang. Hal ini karena serai sendiri mempunyai zat antimikroba yang sangat efektif dalam melawan bakteri penyebab gigi berlubang seperti Streptococcus mutans.

5. Manfaat serai untuk melawan radikal bebas

Sebuah studi yang pernah di lakukan juga menujukkan kalau kandungan antioksidan dalam sereh mampu untuk melawan serangan radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam sereh seperti asam klorogenat, isoorienting dan juga swertiajaponin.

6. Manfaat serai untuk tekanan darah

Manfaat sereh yang selanjutnya itu adalah membantu tubuh dalam mengontrol tekanan darah, hal tersebut dikarenakan di dalam sereh mempunyai kandungan mineral yang cukup tinggi seperti kalium.

7. Manfaat serai untuk meringankan sindrom pramenstuasi

Mengkonsumsi teh serai ternyata juga bermanfaat dalam mengatasi gejala yang muncul pada penderita sindrom pramenstuasi. Namun untuk manfaat yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut agar dapat memperoleh fakta yang akurat.

8. Manfaat serai untuk meredakan flu

Mengkonsumsi teh serai secara teratur ternyata juga bisa meredakan gejala flu dan juga demam karena hidung tersumbat. Jadi bagi kamu yang memiliki masalah seperti demam, flu dan hidung tersumbat bisa mencoba mengkonsumsi teh serai secara teratur.

9. Manfaat serai untuk mengatasi masalah ketombe

Manfaat serai yang tidak kalah penting juga ternyata dapat mengatasi ketombe pada kulit kepala. Jadi untuk kamu yang mempunyai masalah ketombe yang tidak kunjung hilang maka kamu bisa memanfaatkan minyak serai sebagai obat untuk membasmi ketombe yang membandel pada kulit kepala.

10. Manfaat serai untuk meredakan depresi

Bagi kamu yang mungkin sering merasa depresi karena beberapa faktor seperti masalah pekerjaan atau lain sebagainya, kamu bisa meredakannya dengan cara mengkonsumsi teh serai. Karena kandungan dalam serai mampu untuk meredakan rasa cemas, stres dan juga mambuat tidur kamu lebih baik.

11. Manfaat serai untuk menurunkan gula darah tinggi

Bagi kalian yang mungkin mempunyai kadar gula yang tinggi, selain menjaga pola makan secara teratur kalian juga bisa mencoba mengkonsumsi teh serai secara teratur. Karena nutrisi dalam serai mampu untuk membantu tubuh di dalam menstabilkan kadar gula dalam darah serta membantu untuk menurunkan kadar gula di dalam darah yang tinggi.

Pengunaan dan Cara Pengolahannya

Setiap orang bisa memanfaatkan serai sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang. Apabila kalian ingin mengaplikasikannya langsung kebagian kulit untuk mengatasi masalah gigitan serangga atau nyamuk maka kalian bisa memanfaatkan minyak dari serai itu sendiri.

Namun apabila kalian ingin memanfaatkan serai untuk di konsumsi atau di minum maka kamu bisa menggunakan produk teh yang terbuat dari serai atau kamu juga bisa merebus secara langsung beberapa batang serai dan meminum air rebusan tersebut dengan ditambahkan sedikit madu untuk menambah rasa pada air rebusan serai. Atau kalian juga bisa mengolah serai sesuai dengan keinginan kalian sendiri.

Kandungan dalam serai memang memiliki banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan, tapi walaupun demikian tidak semua orang bisa mengkonsumsi serai karena masih sedikit penelitian yang menyimpulkan tentang penggunaan serai sebagai obat herbal dalam mengatasi beberapa jenis penyakit.

Meski demikian, bagi kamu yang mungkin masih ragu dalam pemanfaatan serai sebagai obat herbal maka ada baiknya kamu mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar bisa mendapatkan solusi dari permasalahan yang sedang kamu sendiri alami.

Sekian informasi yang bisa admin rangkumkan untuk kalian hari ini, semoga dengan informasi diatas mengenai manfaat serai untuk kesehatan bisa menambah wawasan kalian lebih jauh tentang dunia kesehatan. Selamat mencoba!

Baca Juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel