Inilah 8 Buah Yang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil Konsumsi

Inilah 8 Buah Yang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil Konsumsi
Buah Yang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil
Gamatips.com - Ketika seorang wanita sedang hamil, tentu akan disarankan untuk mengkonsumsi makanan dan buah-buahan secara rutin karena memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang janin yang sedang iya kandung. Namun sebuah fakta menunjukkan kalau tidak semua jenis buah-buahan yang bisa dikonsumsi dengan aman oleh wanita hamil, karena ada beberapa buah yang memang tidak disarankan dikonsumsi bagi wanita hamil.


Ada beberapa alasan yang menyebutkan, mengapa beberapa buah tidak baik untuk dikonsumsi bagi ibu hamil diantaranya itu dikatakan mampu menyebabkan kontraksi rahim, masalah pencernaan, kembung dan juga konstipasi. Maka dari itu beberapa buah tersebut wajib untuk dihindari dan sebagian lagi harus di batasi oleh ibu hamil. Di bawah ini ada beberapa jenis buah yang dilarang untuk ibu hamil.

Daftar Buah Yang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil

Apa saja buah yang tidak baik untuk dikonsumsi pada saat hamil?
Memang bagi wanita yang sedang hamil harus rela membatasi setiap asupan makanan yang masuk kedalam tubuhnya, hal ini karena untuk menjaga tumbuh kembang janin yang sedang di kandung. Selain dihindari, bunda juga harus mengurangi untuk mengkonsumsi beberapa jenis buah berikut ini.

1. Buah Kurma
Perlu bunda ketahui kalau buah kurma mempunyai kandungan gula alami yang sangat tinggi. Namun bunda masih boleh mgnkonsumsinya tapi dengan batasan 2 sampai 3 biji saja. Apabila bunda mempunyai masalah atau menderita penyakit diabetes kehamilan, maka sebaiknya bunda menghindari untuk mengkonsumsi buah kurma karena dapat membuat tubuh kesulitan untuk mencerna glukosa yang terkadung didalam buah kurma.

2. Buah Anggur
Dalam mengkonsumsi buah anggur sebaiknya bunda membatasinya, selain itu buah anggur yang dijual juga terkadang mengandung pestisida yang sengaja di seprotkan pada tanaman anggur. Maka dari itu sebelum mengkonsumsi buah anggur ada baiknya mencuci sampai bersih atau memakai sabun untuk mencuci buah. Tapi ingat tetap batasi ya bunda!

3. Buah Nanas
Walaupun buah nanas adalah salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan protein, mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan, tapi ketika bunda sedang hamil maka muda maka sebaiknya menghindari untuk emngkonsumsi buah nanas. Sebab dalam buah nanas juga terkandung enzim yang disebut bromelin, di mana enzim tersebut bisa menyebabkan serviks menjadi lemah dan hal tersebut dapat memicu terjadinya kontraksi dini atau bahkan sampai keguguran.

4. Buah Pisang
Buah pisang yang matang tentu baik untuk di konsumsi bagi wanita hamil namun tetap dalam batas, tapi buah pisang yang mentah sebaiknya dihindari apabila sedang hamil muda karena mempunyai efek yang buruk bagi kehamilan. Karena dalam pisang mentah terdapat banyak sekali kandungan tanin danresisten yang bisa memicu melambatnya pergerakan makanan di dalam usus.

5. Buah Pepaya
Buah pepaya yang masih mentah atau setengah mateng sebaiknya di hindari untuk dikonsumsi pada saat hamil, hal ini karena dalam buah pepaya mentah mengandung lateks yang dapat memmicu terjadinya kontraksi pada rahim. Oleh sebab itu sangat di sarankan sekali untuk bunda yang sedang dalam masa kehamilan trimester ketiga dan menjelang akhir kehamilan untuk menghindari mengkonsumsi buah pepaya yang masih mentah. Namun untuk pepaya yang sudah matang sempurna tentu bisa bunda konsumsi namun jangan terlalu banyak karena pepaya matang juga mengandung gula yang cukup tinggi.
Inilah 8 Buah Yang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil Konsumsi
Buah Yang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil
6. Buah Leci
Untuk wanita hamil mengkonsumsi buah leci tentu masih bisa asalkan dalam batas wajar, karena mengkonsumsi buah leci dalam batas tidak wajar atau berlebihan akan menyebabkan masalah pada perut dan masalah lainnya. Hal ini karena dalam buah leci juga terkandung gula yang sangat tinggi dan tidak baik apabila dikonsumsi secara berlebihan oleh wanita hamil.

7. Buah Kesemek
Jenis buah yang satu ini tentu tidak baik untuk bunda konsumsi pada saat hamil, karena dalam buah kesemek terdapat kandungan tanin yang tergolong cukup tinggi. Sebab apabila zat tanin ini masuk kedalam tubuh wanita yang sedang hamil maka dapat memicu terjadinya konstipasi.

8. Buah Durian
Memang banyak orang beranggapan kalau buah durian tidak baik bagi wanita hamil, namun itu tidak semuanya benar karena wanita hamil masih bisa mengkonsumsi buah durian tapi sedikit dan tidak boleh terlalu sering. Karena jika mengkonsumsi buah durian terlalu sering dengan jumlah yang banyak maka ini dapat berdampak buruk bagi perkembangan janin. Ini juga karena dalam buah durian itu mempunyai kandungan alkohol serta asam arachidonat yang bisa memicu kontraksi serta bayi lahir prematur.

Selain 8 buah diatas yang tidak baik untuk ibu hamil konsumsi secara berlebihan, bunda juga wajib memperhatikan asupan makanan lainnya yang ingin bunda konsumsi serta cucilah buah terlebih dahulu sampai bersih sebelum bunda konsumsi untuk menghindari kandungan zat-zat berbahayan pada kulit buah. Selain itu bunda juga sebaiknya untuk menghidari mengkonsumsi buah-buahan yang masih tergolong mentah, entah buah apapun itu sebaiknya bunda hindari untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembang janin yang sedang bunda kandung.

Baca Juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel