Inilah 13 Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil yang Sudah Teruji

Inilah 13 Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil yang Sudah Teruji
Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil
Gamatips.com – Buah pisang tidak hanya memiliki rasa manis dan bermanfaat bagi kesehatan tapi ternyata buah pisang juga memiliki manfaat untuk ibu hamil. Hal ini karena buah pisang mempunyai beberapa kandungan yang sangat penting bagi kesehatan ibu hamil dan juga janin. Salah satu manfaat yang akan bunda rasakan adalah menurunkan resiko bayi lahir cacat dan mengatasi masalah mual pada awal kehamilan.


Dalam kedokteran buah dan sayur-sayuran merupakan makanan yang sangat penting bagi ibu hamil, karena dapat membantu tumbuh kembang janin yang sedang di kandung. Salah satu dari beberapa buah yang baik bagi ibu hamil adalah pisang, ini karena pisang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang baik bagi ibu hamil. Apa saja kandungan gizi dalam buah pisang? Berikut ulasannya:

Kandungan Nutrisi Dalam Buah Pisang

Manfaat buah pisang tentu tidak akan pernah luput dari ragam kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Karena di dalam pisang terdapat berbagai macam kandungan yang pastinya sangat baik bagi kesehatan tubuh dan janin. Berikut beberapa kandungan dalam buah pisang.

Kandungan gizi pisang per 100 gram

KandunganJumlah Kandungan
Kalori89 kal
Karbohidrat22,8g
Air75%
Protein1,1g
Gula12,2g
Serat2,6g
Lemak0,3g
Vitamin A3µg
Vitamin C8,7mg
Vitamin D0µg
Vitamin E0,1mg
Vitamin K0,5µg
Thiamine0,03mg
Riboflavin0,07mg
Niacin0,67mg
Panthothenic acid0,33mg
Pyridoxine0,37mg
Folat20µg
Vitamin B120µg
Cholin9,8mg
Kalsium5mg
Zat Besi0,26mg
Magnesium27mg
Fosfor22mg
Kalium358mg
Sodium1mg
Zinc0,15mg
Copper0,08mg
Manganese0,27mg
Selenium1µg

Ragam Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil

Pada saat hamil tentu kamu harus membatasi makanan yang akan kamu konsumsi dan memperhatikan makanan yang aman untuk bumil konsumsi. Pada dasarnya ibu hamil wajib untuk mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran secara rutin, salah satunya adalah buah pisang. Hal ini karen buah pisang kaya akan kandungan vitamin dan juga mineral.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah pisang bagi ibu hamil yang akan dirasakan jika di konsumsi secara rutin:

1. Manfaat Pisang untuk menurunkan risiko bayi lahir cacat

Bagi ibu yang sedang menjalani masa kehamilan  memang sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan dan buah yang bergizi. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi buah yang mengandung banyak asam folat. Salah satu buah yang memiliki banyak asam folat di dalamnya adalah buah pisang. Kandungan asam folat dalam pisang  sangatlah dibutuhkan  oleh ibu hamil, karena bisa mencegah cacat lahir pada bayi. Cacat yang dimaksudkan adalah cacat  pada tabung saraf dan otak. Dan hal itu bisa terjadi pada masa awal kehamilan 3-4 minggu pada ibu yang kekurangan asam folat.

Oleh karena itu sangat disarankan untuk ibu hamil agar dapat selalu mengkonsumsi pisang. Agar bisa mengurangi resiko terkenanya cacat pada janin. Nah , buat ibu yang sedang masa kehamilan  bisa mengkonsumsi sekitar 400 mikrogram asam folat setiap harinya.

Selain dari mengkonsumsi  buah pisang, asam folat juga bisa didapatkan  dengan mengkonsumsi makanan yang kaya asam folat yang lain, misal ikan salmon, sayuran hijau, telur ayam, susu, dan lain-lain.  Asam folat juga bisa didapatkan  dengan mengkonsumsi suplemen kehamilan yang sudah diresepkan dan juga disarankan oleh dokter kandungan.

2. Manfaat Pisang sebagai sumber asam folat alami

Selain mengandung  potasium dan juga memiliki serat yang tinggi, seperti yang sering kita ketahui pisang juga cukup kaya akan asam folat. Manfaat asam folat penting bagi perempuan hamil. Asam folat memainkan peran penting dalam perkembangan saraf dan otak dan susuk tulang belakang. Satu buah pisang yang berukuran sedang biasanya mengandung kurang lebih 23,6 mikrogram asam folat. Oleh karena itu dalam sehari usahakan untuk mengkonsumsi 2 buah pisang, atau lebih juga boleh.

Karena itu dengan mengkonsumsi pisang  akan memenuhi asupan asam folat alami yang sangat dibutuhkan dalam masa perkembangan janin, dan juga  sangat membantu menjaga  mood ibu hamil. Karena buah pisang juga bisa membantu mengurangi mual pada masa kehamilan.

Namun disarankan juga untuk ibu yang sedang dalam masa kehamilan agar  jangan mengkonsumsi pisang secara berlebihan karena pisang juga mengandung banyak kalori. Dan jika dalam tubuh terdapat  kalori yang terlalu banyak takutnya akan menimbulkan efek negatif pada masa kehamilan.

3. Manfaat Pisang untuk mencegah anemia

Manfaat yang berikutnya dari buah pisang  ialah untuk mencegah munculnya anemia. Anemia adalah dimana terjadinya jumlah sel darah merah yang rendah dari jumlah normal. Anemia juga bisa dialami oleh ibu yang sedang pada masa kehamilan. Hal ini sudah menjadi hal yang umum biasa dialami pada masa kehamilan. Salah satu akibat jika terjadi anemia dalam masa kehamilan yaitu  anemia yang menyebabkan komplikasi selama tahap akhir kehamilan dan persalinan.

Oleh karena itu kita bisa mencegah anemia  terjadi,  bunda bisa mengkonsumsi pisang. Mengapa mengkonsumsi pisang? Karena selain memiliki asam folat, potasium dan juga kalori, pisang juga  memiliki zat besi. Zat besi inilah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan  sel darah merah. Kandungan zat besi pada pisang rata-rata 3 persen dalam 225 gram pisang. Sehingga zat besi dalam pisang mampu menghasilkan hemoglobin untuk mengurangi anemia.

4. Manfaat Pisang untuk mencegah morning sickness

Pada masa awal kehamilan sering kali ibu akan mengalami morning sickness, Apa itu morning sickness? Morning sickness yaitu kondisi mual ataupun muntah yang terjadi pada masa awal kehamilan . Morning sickness ini bukan hanya terjadi pada pagi hara saja. Namun dapat terjadi sepanjang hari. Yang menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari. Bahkan pada beberapa wanita hamil yang mengalami morning sickness terlalu parah harus memerlukan perawatan medis yang khusus.

Jika bunda sangat sering mengalami morning sickness, ibu bisa dapat mengurangi hal itu terjadi jika  mengkonsumsi buah pisang. Karena dalam pembahasan sebelumnya pisang dapat membantu mengurangi rasa mual yang terjadi .Hal itu dikarenakan didalam buah pisang terkandung Vitamin B6 dapat membantu meningkatkan perkembangan sel sistem saraf pusat pada janin. Dan juga dengan jumlah vitamin B6 yang tepat akan mengurangi morning sickness. Jumlah harian yang dibutuhkan untuk memenuhi vitamin B6 pada ibu hamil adalah 1,9 miligram. Jadi bunda, tidak ada salahnya bunda mencoba untuk mengkonsumsi buah pisang untuk mengurangi mornig sickness yang bunda alami.

5. Manfaat Pisang untuk mengurangi sembelit

Selain enak rasanya ternyata siapa sangka buah pisang ini memiliki begitu banyak manfaat. Manfaat berikutnya yang bisa bunda temui dari buah pisang ini adalah dapat mengurangi sembelit. Pada masa kehamilan, para ibu terkadang mengalami sembelit yang menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut. , Hal ini di akibat melambatnya pencernaan karena perubahan hormon, tekanan pada usus oleh rahim yang membesar, serta kandungan zat besi pada vitamin prenatal. Dan terkadang para ibu yang mengalami sembelit ini tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi obat sembelit sembarangan.

Nah, agar bunda terhindar dari sembelit, bisa mencoba mengkonsumsi buah pisang secara rutin setiap harinya. karena pada 1 buah pisang berukuran sedang terdapat sekitar 2.5 gram serat. Biasanya bunda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi serat sebanyak 25 hingga 30 gram per hari. Dan bunda bisa memiliki buah Pisang sebagai sumber serat harian. Niscaya dengan mengkonsumsi buah pisang secara rutin sembelit bunda dapat menghilang.

6. Manfaat Pisang untuk perkembangan tulang janin

Perkembangan tulang pada masa kehamilan memang sangat penting untuk dijaga, dengan cara mengkonsumsi makanan yang memiliki nilai kalsium. Karena sudah menjadi pengetahuan umum jikalau kalsium sangatlah penting untuk perkembangan tulang dan juga sistem kerangka pada anak-anak bahkan untuk orang dewasa juga sangat penting untuk tetap mengkonsumsi makanan yang  banyak mengandung kalsium.

Kita bisa menemukan banyak buah yang memiliki zat kalsium yang banyak, salah satunya buah ajaib yang disebut pisang. Karena ternyata pada buah pisang terdapat sumber kalsium yang kaya. Oleh karena itu, pisang merupakan buah yang harus di konsumsi untuk membantu perkembangan tulang yang sehat dari pertumbuhan anak. Maka konsumsilah buah pisang secara teratur.

7. Manfaat Pisang untuk menjaga tekanan darah

Pada saat anda sendang dalam masa kehamilan awal ataupun akhir pasti pernah mengalami fluktuasi tekanan darah. Karena Fluktuasi tekanan darah adalah menjadi salah satu masalah lain yang menjadi perhatian pada wanita hamil. Cara mempertahankan tekanan darah secara alami yaitu dengan melakukan diet sehat. Cara ini disebutkan merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi ketegangan dan kecemasan yang tidak diperlukan untuk ibu hamil.

Dalam menjaga tekanan darah buah pisang juga merupakan salah satu buah yang memiliki peranan penting. Mengapa demikian?Karena kandungan potasium yang terdapat dalam buah pisang membantu dalam menjaga tekanan darah ibu yang hamil selama kehamilan. Karena pisang merupakan sumber potassium, maka buah pisang juga bisa  membantu mengurangi kram otot dan nyeri kaki selama kehamilan. Oleh karena itu bunda jangan ragu untuk mengkonsumsi buah pisang ya.

8. Manfaat Pisang sebagai sumber energy

Olahan pisang instan dapat memberikan energi dengan cepat. Salah satunya olahan instan pisang yang dipadukan dengan susu. Di dalam pisang mengandung tiga gula alami yaitu, glukosa, sukrosa dan fruktosa. Karena di dalam pisang juga terkandung gula sebanyak 28 gram gula di setiap 225 gram.

Nah, agar kandungan gula dalam tubuh anda tercukupi pada ibu yang menghadapi trimester terakhir dan pasca persalinan disarankan agar rutin mengkonsumsi buah pisang. Karena selain bermanfaat karena mengandung gula alami, rasa pisang yang enak dan teksturnya yang mudah dicerna sehingga cocok untuk dikonsumsi ibu hamil. Pada saat proses pencernaan juga energi yang dihasilkan bisa langsung terasa.

9. Manfaat Pisang untuk mencegah kaki bengkak pada ibu hamil

Salah satu hal yang sering dialami oleh ibu hamil pada masa-masa kehamilannya adalah terjadinya pembengkakan pada kaki. Hal ini disebabkan oleh potasium yang tidak mencukupi pada tubuh.  Penemuan ini yang menyebabkan pembengkakan ini ditemukan oleh American Pregnancy Association..

Maka dari itu dengan memenuhi kandungan potasium dalam tubuh akan  membantu mengurangi pembengkakan selama kehamilan. Oleh karena itu sangatlah disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung potasium salah satunya yaitu yang terdapat dalam buah pisang. Karena dalam buah pisang memang dapat membantu mencegah dan mengurangi pembengkakan secara alami. Dan jika dalam pemenuhan potasium tersebut tercukupi maka pembengkakan yang dialami pada masa kehamilan bisa berkurang. Namun jangan  lupa untuk tetap memperhatikan pre-eklamasia  pembengkakannya.

Selain dari buah pisang, bunda juga bisa  memanfaatkan air kelapa hijau. Karena air kelapa hijau baik untuk ibu hamil dan dapat membantu mengurangi pembengkakan.

10. Manfaat Pisang sebagai sumber protein alami

Buah pisang yang kaya akan protein, sangat bagus di konsumsi pada masa kehamilan. Protein yang berfungsi sebagai sumber kalori serta juga bagus untuk pembentukan antibodi untuk janin dan ibu. Protein alami dalam pisang adalah sekitar 2,5 gram per 225 gram pisang.

Jika bunda ingin mendapatkan protein yang lebih banyak lagi, bisa konsumsi pisang dengan oatmeal. Karena dengan dicampurnya pisang dengan oatmeal  sangat baik untuk ibu hamil.

Bunda disarankan agar selalu memperhatikan asupan gizi pada tubuh. Karena jika bunda kekurangan protein hal itu dapat menyebabkan risiko bayi lahir dengan bibir sumbing.

11. Manfaat Pisang untuk menangkal radikal bebas

Bunda juga harus selalu menjaga  asupan vitamin C pada  tubuh. Karena sangat dianjurkan untuk ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin c sekitar 80-85 mg per hari.

Vitamin C yang terkandung dalam pisang sangat bagus sebagai antioksidan menangkal radikal bebas dalam tubuh. Selain itu manfaat vitamin C pada pisang yaitu dapat membentuk kolagen dalam tulang, tulang rawan, kulit, pembuluh darah serta otot. Serta juga memiliki manfaat yang dapat membantu memperbaiki jaringan dan penyembuhan luka.

12. Manfaat Pisang untuk meringankan kram kaki pada ibu hamil

Bila bunda  sangat sering mengalami kram pada kaki saat sedang masa kehamilan, anda dianjurkan untuk tetap rutin untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat kalium. Oleh sebab itu jika bunda ingin memenuhi zat kalium pada tubuh pada masa kehamilan langsung saja konsumsi pisang. Karena kandungan zat kalium yang ada pada pisang dapat membantu meringankan kram kaki yang cukup sering dikeluhkan oleh ibu hamil.

Manfaat dari pisang selain mengandung kalium yang baik untuk tubuh dan janin, kalium juga dapat untuk menjaga keseimbangan elektrolit serta kerja otot dan saraf pada tubuh.

13. Manfaat Pisang untuk menjaga kesehatan pencernaan

Sangat sering kita temui perempuan pada masa kehamilan mengalami sakit maag dan juga ganguan pencernaan. Terkadang hal itu akan menyebabkan janin pada rahim dalam masa pertumbuhannya akan lebih sering lebih banyak mengalami tekanan. Oleh sebab itu dianjurkan untuk ibu hamil agar memakan makanan yang sehat.

Kali ini manfaat pisang sangatlah bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan anda. Karena pisang mengandung antacid yang akan menekan sekresi asam pada tubuh. Pisang juga kaya akan pectin yang bisa membantu menormalkan pencernaan pada mortilitas usus. Sehingga pencernaan pada tubuh anda normal kembali.
Inilah 13 Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil yang Sudah Teruji
Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil

Jenis Pisang yang Baik Untuk Ibu Hamil

Tentu ada banyak sekali ragam buah pisang yang bisa kita temukan di Indonesia. Namun bagi ibu hamil, tidak semua pisang dapat di konsumsi karena ada beberapa jenis pisang yang tidak baik bagi ibu hamil dan beberapa jenis pisang tersebut bisa berdampak buruk untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Maka dari itulah ibu hamil wajib untuk mengetahui jenis-jenis pisang yang aman untuk di konsumsi agar tidak membahayakan kesehatan dan tumbuh kembang janin. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis pisang yang aman untuk ibu hamil konsumsi:

  1. Pisang Nangka
  2. Pisang Tanduk
  3. Pisang Susu
  4. Pisang Kepok
  5. Pisang Raja Sereh
  6. Pisang Ambon

Efek Samping Pisang Untuk Ibu Hamil

Walaupun banyak sekali kandungan nutrisi di dalam pisang yang baik untuk kesehatan dan ibu hamil, namun bunda juga harus mengetahui kalau kandungan dalam buah pisang juga bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan. Salah satu kandungan dalam buah pisang yang wajib bunda waspadai adalah karbohidrat.

Buah pisang mempunyai kandungan karbohidrat yang sangat tinggi dan mampu untuk meningkatkan kadar gula dalam darah. Jadi bagi bunda yang mempunyai masalah diabetes gestasional sebelum dan saat hamil, sebaiknya hindari untuk mengkonsumsi buah pisang secara berlebihan. Ini karena dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh dan juga janin.

Berikut ini adalah beberapa masalah yang sering terjadi apabila ibu hamil yang menderita diabetes gestasional mengkonsumsi pisang secara berlebihan:

  1. Beresiko untuk melahirkan prematur.
  2. Mengalami preeklampsia.
  3. Kemungkinan untuk melahirkan secara caesar lebih besar.
  4. Beresiko melahirkan dengan alat bantu, contohnya dengan bantuan vakum, forcep, dan sebagainya.
  5. Beresiko terjadinya robekan kulit lubang vagina (perineum) lebih besar bila melahirkan secara normal.
  6. Berpeluang mengalami infeksi selama kehamilan menjadi lebih besar, misalnya keputihan atau infeksi pasca kehamilan lainnya.

Masalah diabetes yang dialami oleh ibu hamil dapat menjadi pemicu munculnya berbagai masalah kesehatan pada janin yang sedang di kandungan seperti bayi lahir dengan berat badan yang rendah, lahir prematur, keguguran serta kematian bayi secara mendadak dalam kandungan. Maka dari itulah bumil tidak boleh mengkonsumsi buah pisang secara berlebihan terutama untuk pisang emas dan ambon yang belum matang.

Kewajiban ibu hamil yang paling utama adalah menjaga pola makan, karena ibu hamil tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan. Ini bertujuan agar kesehatan si kecil terjaga sampai di lahir dan selesai menyusui. Sekian informasi yang dapat admin rangkumkan mengenai manfaat pisang bagi ibu hamil dan semoga informasi di atas bermanfaat untuk bumil semuanya.

Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel