10 Gejala Awal Cacar Monyet dan Cara Mengobatinya

10 Gejala Awal Cacar Monyet dan Cara Mengobati Cacar Monyet
Gejala Awal Cacar Monyet
Gamatips.com – Baru-baru ini ada sebuah kasus yang dialami oleh seseorang yakni cacar monyet. Cacar monyet ini terjadi pada orang tersebut karena adanya infeksi dari virus yang gejala awalnya di tandai dengan bintil-bintil pada kulit yang berwarna merah. Pada awalnya penyakit ini pernah terjadi di negara Republik Demkratik Kango dan Negeria. Tapi baru-baru ini di kabarkan kalau telah terjadi cacar monyet pada seorang pria di Singapur.


Jika kita lihat secara teliti, gejala cacar monyet ini mempunyai bentuk yang serupa dengan cacar air. Dimana gejala awal dari penyakit ini berupa bintil merah dan berair serta seiring berjalannya waktu jika tidak segera diatasi akan berubah menjadi bintil yang bernanah. Selain itu pada bagian leher, ketiak dan selangkangan juga sering timbul sebuah benjolan yang diakibatkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening.

Pengertian Cacar Monyet

Di kutip dari beberapa situs, cacar monyet ini adalah salah satu penyakit yang langka dan di sebabkan oleh virus orthopoxcirus. Selain itu cacar monyet juga adalah salah satu virus zoonosis, yakni sebuah penyakit yang ditularkan oleh hewan ke manusia. Namun penyakit cacar monyet ini juga bisa di tularkan melalui kontak langsung antar manusia, tapi resiko tertularnya cenderung lebih rendah.

Melihat dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan kalau cacar monyet (monkeypox) adalah sebuah penyakit yang sering terjadi di wilayah Afrika Barat dan Afrika Tengah. Tidak hanya itu, penyakit ini juga sudah mulai di temukan di dekat hutan hujan tropis di mana sering terjadi kontak secara langsung dengan hewan yang mungkin sudah terinfeksi virus cacar tersebut.

Seperti yang sudah di jelaskan di atas kalau cacar monyet adalah jenis penyakit yang jarang terjadi tapi dapat menjangkit siapa saja. Penyakit ini juga pertama kali di temukan pada tahun 1970 di wilayah Afrika.

Gejala Awal Cacar Monyet

Gejala awal cacar monyet ini sangatlah sama dengan gejala dari cacar air dan gejalanya juga tidak langsung bermunculan begitu saja. Umumnya masa inkubasi dari virus cacar monyet ini berlangsung selama 5-7 hamil dan saat itulah cacar monyet akan mulai terlehat jelas pada tubuh manusia. Berikut ini ada beberapa gejala yang biasanya ikut terjadi apabila seseorang terserang cacar monyet:

  1. Demam yang berlangsung lama
  2. Menggigil
  3. Cepat merasa letih atau lemas
  4. Kepala terasa sakit dan berat
  5. Otot terasa nyeri
  6. Terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening (berupa benjolan pada leher, ketiak, atau selangkangan)
Dalam sebuah studi gejala awal cacar monyet ini akan berlangsung selama 4 hari atau lebih. Setelah itu akan mulai bermunculan ruam pada kulit wajah dan akan terus menyebar keseluruh bagian kulit lainnya seperti lengan dan kaki.

Sebelum munculnya ruam ini biasanya akan diawali terlebih dahulu dengan bintil-bintil yang berisi nanah yang kemudian pecah dan lama-kelamaan akan berubah menjadi borok pada permukaan kulit. Ruam yang muncul biasanya hanya bertahan selama 4 minggu atau lebih.

Apa Penyebab Cacar Monyet?

Seperti yang sudah di jelaskan diatas kalau penyakit cacar monyet ini di sebabkan oleh virus monkeypox yang menyebar melalui percikan air liur penderita. Percikan air liur ini biasa masuk melalui mata, mulut, hidung atau luka yang terjadi pada kulit. Selain dapat menyebar dari percikan air liur, penyakit caca monyet ini juga dapat menyebar melalui benda-benda yang sudah terkontaminasi oleh penderita, seperti handuk, pakaian dan celana yang pernah di pakai oleh penderita. Namun dalam hal in penularan penyakit cacar monyet dari manusia ke manusia itu relatif lebih lama di bandingkan penularan dari hewan ke manusia.

Penularan peyakit ini dari hewan kemanusia biasanya terjadi melalui kontak langsung atau melalui cakaran dan gigitan dari hewan yang terinfeksi virus cacar monyet. Selain dapat menyebar melalui cakaran atau gigitan, penyakit ini juga dapat menyebar melalui cairan tubuh hewan yang terjangkit atau benda-benda yang sudah terkontaminasi oleh hewan yang menderita penyakit tersebut.
10 Gejala Awal Cacar Monyet dan Cara Mengobati Cacar Monyet
Cara Mengobati Cacar Monyet

Cara Mencegah Cacar Monyet

Pencegahan utama cacar monyet adalah menghindari kontak langsung dengan hewan primata dan pengerat, seperti monyet dan tupai, atau orang-orang yang sedang terinfeksi. Selain itu, beberapa langkah pencegahan lain yang bisa dilakukan adalah:

Cara mencegah agar tidak terkena cacar monyet ini adalah jauhi kontak secara langsung dari hewan primata atau pengerat atau orang-orang yang sudah terinfeksi oleh virus tersebut. Selain pencegahan awal tadi, di bawah ini juga ada beberapa cara pencegahan yang dapa kamu lakukan di rumah:
  1. Hindari memakai benda yang sama dengan orang yang menderita penyakit cacar monyet seperti gelas, sendok, mangkuk dan alat makan lainnya.
  2. Jangan pernah berbagi makanan atau makan bersama-sama dengan orang yang menderita penyakit tersebut.
  3. Jangan gunaan sprei yang sama dengan yang di gunakan oleh orang yang menderita penyakit cacar monyet.
  4. Hindari atau jauhi dari kontak langsung hewan yang terjangkit penyakit cacar monyet.
  5. Gunakan sarung tangan atau masker jika di butuhkan
Dalam dunia kedokteran, biasanya dalam pencegahan penyakit cacar monyet ini biasanya dokter akan memberikan vaksin variola. Vaksin ini biasanya akan di berikan pada perawat atau petugas medis yang sedang melakukan perawatan terhadap pasien cacar monyet. Tidak hanya itu saja, petugas medis juga wajib memakai alat pelindung lainnya dalam merawat pasien yang menderita penyakit cacar monyet.

Meski variola adalah jenis penyakit yang sudah hilang sejak lama, tapi vaksin variola ini ternyata sangat ampuh untuk mencegah menularnya penyakit cacar monyet pada manusia. Mengingat penyakit tersebut sudah hilang atau di musnahkan, selain itu ketersediaan vaksin variola ini juga sangat terbatas.

Bagi kamu yang mungkin mempunyai hewan peliharaan yang mengalami infeksi virus cacar monyet ini maka segeralah hubungi dokter hewan dan jangan biarkan hewan tersebut berkeliaran. Ingat juga untuk selalu memakai sarung tangan dan masker jika kamu ingin memegang hewan peliharaan.

Cara Mengobati Cacar Monyet

Pada dasarnya pengobatan cacar monyet ini di lakukan hanya untuk meredakan gejala yang muncul pada pasien. Biasanya dokter akan memberikan obat paracetamol untuk membantu meredakan demam dan nyeri pada tubuh pasien. Pasien juga diwajibkan untuk beristirahat agar proses penyembuhan lebih cepat.

Selain itu pasien juga diwajibkan untuk mengkonsumsi buah, sayur, gandum utuh, susu yang rendah lemak dan biji-bijian yang lebih banyak lagi. Hal ini dilakukan untuk memberikan energi tambahan bagi tubuh dalam melawan infeksi virus penyebab cacar monyet.

Penyakit cacar monyet ini dapat menular dari manusia ke manusia lainnya, meski penyebaran tersebut tergolong lambat dan terbatas dan 1 dari 10 penderitanya beresiko kehilangan nyawa. Maka dari itulah, pasien wajib untuk di rawat di dalam ruang isolasi agar bisa mendapatkan pemantauan secara langsung dari dokter serta mencegah penyakit tersebut menyebar.

Sampai hari ini, belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkan secara permanen penyakit cacar monyet tersebut. Namun cacar monyet ini dapat di sembuhkan melalui menguatkan sistem kekebalan tubuh orang yang menderita penyakit tersebut.

Proses Penularan Cacar Monyet

Penularan penyakit cacar monyet ini bisa terjadi dari siapa saja seperti hewan dan juga manusia yang terinfeksi virus penyebab cacar monyet. Namun penularan dari manusia ke manusia itu cenderung lebih lamban dari pada penularan hewan ke manusia. Penularan cacar monyet dari manusia ke manusia terjadi melalui percikan air liur dan benda-benda yang pernah di pakai oleh penderita.
Ketika seseorang itu terpapar oleh virus tersebut, tidak akan langsung membuat orang tersebut jatuh sakit. Karena pada dasarnya penyakit ini akan terjangkit pada orang apabila orang tersebut telah melakukan kontak langsung dalam waktu yang lama dengan penderita.

Oleh sebab itulah bagi kamu yang mungkin mempunyai anggota keluarga yang mengalami atau terinfeksi oleh virus cacar monyet maka hindarilah untuk melakukan kontak langsung dan gunakan selalu masker dan sarung tangan untuk mencegah penularan.

Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel