Berikut 16 Obat Sakit Gigi Untuk Gigi Berlubang yang Paling Ampuh

Obat sakit gigi – Hampir semua orang pernah mengalami yang namanya sakit gigi, mulai dari anak-anak, remaja sampai dengan orang dewasa. Ada banyak faktor yang bisa membuat orang mengalami sakit gigi, mulai dari pola makan sampai dengan pola hidup yang kurang bersih. Kondisi ini juga sering membuat orang yang mengalaminya kehilangan nafsu makan dan mudah merasa marah.
Berikut 16 Obat Sakit Gigi Untuk Gigi Berlubang yang Paling Ampuh
Obat Sakit Gigi Untuk Gigi Berlubang
Selain dapat membuat hilangnya nafsu makan, sakit gigi juga sering membuat kepala terasa sakit serta gusi yang mengalami pembengkakan dan gigi berlubang. Oleh sebab itu menjaga kebersihan gigi adalah hal yang sangat wajib untuk di lakukan agar bisa terhindar dari masalah tersebut.

Untuk mengobati sakit gigi memang tidak terlalu mudah, karena tidak semua sakit gigi itu dapat hilang dengan sekali pengobatan saja. Sebab kondisi dan tingkat keparahan yang dialami oleh masing-masing orang itu sangatlah berbeda, mulai dari sakit gigi ringan sampai dengan sakit gigi parah atau gigi berlubang.

Jadi menentukan jenis obat sakit gigi yang tepat adalah hal yang wajib untuk kita ketahui agar proses penyembuhan bisa berjalan dengan baik. Lalu apa nama obat sakit gigi yang ampuh? Berikut penjelasannya.

Daftar Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Sedunia

Untuk mengobati sakit gigi, umumnya ada dua pilihan obat yang bisa kamu gunakan. Mulai dari obat sakit gigi alami untuk mengatasi masalah sakit gigi ringan dan obat sakit gigi dokter untuk mengatasi sakit gigi parah. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak ulasannya di bawah ini:

Obat Sakit Gigi Alami

Bagi kalian yang mungkin sedang mengalami masalah pada gigi seperti gusi bengkak atau rasa nyeri pada gigi bisa mencoba untuk menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah kamu. Berikut adalah beberapa bahan-bahan alami yang dapat meringankan nyeri sakit gigi.

1. Bawang putih

Obat sakit gigi alami yang pertama adalah bawang putih. Bawang putih dikenal akan kandungan antiseptik nya yang sangat ampuh dalam mengatasi masalah sakit gigi karena bakteri. Di mana bawang putih juga mempunyai minyak alami yang mampu membunuh semua bakteri yang menjadi penyebab sakit gigi dan gigi berlubang.

Untuk menggunakannya sebagai obat juga tergolong sangat mudah untuk kamu lakukan di rumah. Caranya ambil beberapa biji bawang putih yang sudah di bersihkan lalu kunyah sampai halus atau kamu juga bisa menempelkannya pada bagian gigi yang terasa sakit.

2. Garam

Terkadang  rasa sakit dan tidak nyaman yang muncul akibat sakit gigi, memang sangat mengganggu aktivitas dan menimbulkan efek  yang tidak nyaman. Maka dari itu, agar anda bisa meredakan bahkan menghilangkan sakit gigi akibat gigi berlubang yang muncul, bisa mencoba Obat sakit gigi alami yang sangat mudah kamu temukan di rumah.  Obat itu tidak lain adalah garam.

Karena terdapatnya kandungan anti-inflamasi dan anti-bakteri pada garam. Membuat garam menjadi obat yang ampuh untuk meredakan sakit gigi anda. Dan garam juga mampu menjadi bahan yang bagus sebagai perawatan gigi yang berlubang. Caranya sangat mudah dan bisa anda coba di rumah yaitu larutkan 1 sendok makan garam ke dalam 1 gelas air. Selanjutnya kumur- kumur larutan tersebut dan buang. Lakukan beberapa kali hingga larutan habis.  Niscaya rasa sakit  pada gigi anda akan hilang.

3. Cuka apel

Pada umumnya dokter gigi belum dapat melakukan tindakan yang lebih lanjut untuk mengatasi rasa sakit gigi yang anda rasakan. Dan untuk itu anda akan diberikan beberapa obat yang mampu meredakan rasa sakit yang muncul. Nah selain obat pemberian dokter anda juga bisa mencoba salah satu obat sakit gigi alami untuk gusi bengkak yang ampuh dengan menggunakan cuka apel.

Adanya kandungan antimikroba dan antibakteri pada cuka apel mampu mengurangi rasa sakit pada gigi anda. Cukup dengan cara melarutkan 1 sendok makan cuka apel pada 1 gelas air. Setelah itu gunakan dengan cara berkumur-kumur. Atau cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan meneteskan cuka apel tersebut ke kapas kecil dan tempelkan ke bagian gigi yang terasa sakit. Nah,  diamkanlah kapas tersebut selama beberapa menit hingga rasa sakit pada gigi anda berkurang dan menghilang.

4. Cengkeh

Cengkeh tidak hanya di kenal akan kandungannya untuk kesehatan, namun ternyata juga ampuh sebagai obat sakit gigi alami. Hal ini dikarenakan cengkeh memiliki kandungan eugenol yang mampu berperan sebagai anetesi alami dalam meredakan rasa nyeri pada gusi.

Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya gunakan minyak cengkeh 3 kali dalam 1 hari. Caranya juga mudah, tuang minyak cengkeh ke dalam bola kapas kecil dan usapkan pada gigi yang terasa sakit.

5. Es batu

Siapa yang menyangka ternyata es batu bisa mempunyai manfaat baik bagi kesehatan. Manfaat tersebut tidak lain yaitu sebagai obat sakit gigi alami untuk gigi berlubang yang patut anda coba di rumah. Caranya cukup dengan mengompres es batu pada bagian bagian gigi yang sakit dengan es batu sekitar 15 menit hingga rasa sakitnya berkurang.

Dengan anda mengompres gigi yang terasa sakit tersebut dari luar, maka suhu dingin yang diberikan oleh es batu tersebut akan mampu mengebaskan saraf gigi yang sakit serta mampu membuat rasa sakit yang timbul mereda.

Baca Juga :



6. Bawang merah

Jenis obat sakit gigi alami berikutnya yang bisa kamu coba di rumah yaitu bawang merah.Dengan anda menggunakan bawang merah dapat membantu meredakan sakit gigi akibat gigi berlubang. Dalam bawang merah terkandung antimikroba dan antiseptik yang bisa membantu mengendalikan rasa sakit serta nyeri yang muncul akibat gigi berlubang.

Cara menggunakannya yaitu dengan cara mengunyah langsung bawang merah tersebut, atau bisa dengan cara menghaluskan bawang merah terlebih dahulu, lalu tempelkan parutan bawang tersebut ke bagian gigi yang terasa sakit. Diamkan beberapa menit, lakukan sampai rasa sakit berkurang.

7. Jahe

Jahe sendiri adalah salah satu rempah-rempah yang tidak hanya di kenal akan manfaatnya bagi kesehatan tapi ternyata jahe juga ampu untuk mengobati sakit gigi karena gusi bengkak. Hal ini juga dikarenakan jahe itu mempunyai kandungan antibiotik yang mampu untuk membunuh seluruh bakteri dan juga kuman yang menjadi penyebab gusi bengkak.

Dalam menggunakan jahe sebagai obat sakit gigi alami sangatlah mudah untuk kamu lakukan di rumah. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu satu siung jahe yang sudah di bersihkan dan geprak. Jika sudah, tempelkan jahe pada gigi yang terasa sakit selama beberapa saat dan usahakan untuk tidak menelannya.

8. Daun jambu

Daun jambu juga bisa bermanfaat sebagai obat sakit gigi alami yang patut anda coba gunakan untuk meredakan rasa nyeri serta sakit pada gigi yang berlubang. Karena terdapatnya kandungan analgesic, anti mikroba, dan anti radang yang sangat ampuh untuk menghentikan rasa nyeri yang muncul. Caranya pun sangat gampang untuk dipraktekan di rumah.

Cukup dengan anda mengambil beberapa lembar daun jambu biji lalu menumbuknya hingga halus, setelah itu tambahkan air. Rebus campuran tersebut hingga mendidih. Lalu diamkan hingga dingin, ambil segelas rebusan daun jambu biji tersebut. Gunakanlah rebusan daun jambu biji  tersebut  untuk berkumur, lakukan hingga nyeri terasa berkurang.

9. Biji bunga matahari

Seringkali biji bunga matahari selalu digunakan sebagai campuran untuk bahan makanan. Namun  perlu anda ketahui  bahwa biji bunga matahari juga dapat mengobati sakit gigi. Namun jika ingin menggunakannya sebagai obat kita tidak bisa langsung mengunyah bijinya begitu saja. Tetapi kita harus memprosesnya terlebih dahulu.

Dan prosesnya yaitu anda harus mengambil secukupnya biji matahari lalu tambahkan air secukupnya.  Rebus hingga mendidih sebentar saja, setelah itu dinginkan. Proses berikutnya kita harus saring terlebih dahulu air rebusan biji matahari tadi. Dan terakhir anda bisa meminum rebusan biji bunga matahari tersebut setiap hari dengan takaran secukupnya ya. Niscaya sakit gigi yang anda alami saat ini dapat mereda dan menghilang secara perlahan-lahan.

10. Daun sirih

Daun sirih memang memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Terutama bagi kesehatan gigi anda, baik itu untuk membantu menjaga gigi agar tetap sehat juga dapat membantu menguatkan gigi.  Salah satu manfaat lain yang bisa kamu rasakan dari daun sirih ini yaitu dapat meredakan sakit gigi akibat gigi berlubang.

Sebab pada daun sirih ini ada kandungan batlephenol yang bisa membantu membunuh seluruh kuman dan bakteri jahat yang hidup pada gigi. Batlephenol ini juga dapat membuat gigi tetap sehat  dan pastinya anda akan terhindar dari sakit gigi. Jadi buat anda yang sedang mengalami sakit gigi bisa mencoba obat alami yang satu ini nih.
Berikut 16 Obat Sakit Gigi Untuk Gigi Berlubang yang Paling Ampuh
Obat Sakit Gigi Untuk Gigi Berlubang

Obat Sakit Gigi Dokter

Jika sakit gigi yang kamu alami tidak kunjung sembuh walaupun sudah mencoba menggunakan bahan-bahan alami di atas, maka kamu bisa mencoba untuk menggunakan obat sakit gigi yang di jual di apotek. Untuk nama obat sakit gigi yang paten tersebut meliputi:

1. Ibuprofen

Ibuprofen merupakan  obat yang memang sangat sering sekali digunakan untuk mengobati sakit gigi. Karena ibuprofen sangat ampuh sekali mengatasi rasa nyeri serta rasa sakit yang muncul akibat sakit gigi berlubang. Untuk menemukannya cukup datang ke apotek atau  alangkah lebih baiknya bila anda langsung konsultasi terlebih dahulu ke dokter dan minta resep dari dokter untuk mendapatkan  dosis pemakaian yang tepat. Ibuprofen tersedia dalam bentuk 2 macam, yang pertama dalam bentuk kaplet yang yang kedua dalam bentuk sirup.  Jadi anda bisa memilih varian dari ibuprofen ini baik itu kaplet atau sirup untuk membantu meredakan sakit gigi yang anda alami.

2. Naproxen

Mengatasi sakit gigi akibat gigi berlubang  juga bisa menggunakan obat naproxen. Naproxen merupakan obat pereda sakit  yang tersedia berupa kaplet ini sering digunakan bila sakit gigi timbul Dan obat ini juga bisa anda temukan di apotek.  Akan tetapi sebelum mengkonsumsinya anda juga harus tahu bahwa obat ini memiliki beberapa efek samping, seperti perut terasa mulas, perut kembung, penglihatan kabur, diare, dan lainnya. Jadi untuk pemakainnya sangat dianjurkan digunakan sesuai dengan resep dari dokter ya.

3. Dentasol

Dentasol merupakan salah satu obat sakit gigi yang ampuh dan cukup aman di konsumsi untuk anak-anak. Dentasol sangat berbeda dengan obat sakit gigi yang lainnya yang biasanya langsung diminum. Dentasol ini berupa gel atau cairan yang bisa digunakan sebagai pereda nyeri serta sakit akibat gigi berlubang. Obat ini biasanya digunakan dengan cara mengoleskan kebagian gigi yang sakit.

4. Asamefenamat

Bagi anda yang sering mengalami sakit gigi akibat gigi berlubang pasti sudah tidak asing lagi dengan obat asamefenamat. Obat yang satu ini memang menjadi salah satu obat sakit gigi andalan yang bisa membantu meredakan nyeri serta sakit gigi. Hal ini karena pada obat asamefenamat terkandung anti inflamasi yang bisa membantu menghentikan rasa nyeri dengan cepat.

5. Acetaminophen

Acetaminophen merupakan golongan obat NSAID yang sangat dipercaya bisa membantu meredakan sakit gigi. Obat yang satu ini sering dikenal dengan nama lain yaitu Paracetamol. Acetaminophen ini memiliki kandungan yang mampu meredakan dan juga menghilangkan rasa nyeri dan sakit pada gigi. Jadi untuk meredakan sakit gigi yang anda alami saat ini, bisa menggunakan Acetaminophen sebagai obat andalan untuk menghilangkan rasa nyeri pada gigi yang berlubang.

6. Parasetamol

Hingga saat ini masih selalu menjadi sebuah pertanyaan, apakah parasetamol bisa mengobati sakit gigi? Jawabannya iya tentu bisa, sebab parasetamol itu adalah jenis obat yang masuk ke dalam golongan NSAID yang cukup ampuh untuk mengatasi rasa nyeri akibat peradangan pada gusi.

Tidak hanya itu, parasetamol juga bagus untuk menurunkan demam dan sakit kepala akibat sakit gigi. Namun untuk dosis yang diajurkan dalam penggunaan paresetamol ini adalah 1-2 tablet perhari.

Mungkin hanya itu saja 16 obat sakit gigi untuk gigi berlubang yang paling ampuh dan pastinya aman untuk kamu gunakan. Tapi perlu kalian ingat, jika dalam penggunaan obat di atas tadi ternyata sakit gigi yang kalian alami tidak kunjung sembuh maka segeralah memeriksakannya ke dokter, sebab kemungkinan besar kondisi sakit gigi yang kamu alami sudah sangat parah dan harus mendapatkan penanganan dari dokter gigi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel